...
tingkatan sabuk tapak suci
5-min read

Tingkatan Sabuk Tapak Suci, dari Siswa sampai Pendekar

tingkatan sabuk tapak suci

Pernah dengar seni bela diri Tapak Suci? Kalo belum, simak penjelasan dan juga tingkatan sabuk di sini.

Buat beberapa dari kamu yang ikut pencak silat pasti udah nggak asing sama aliran seni bela diri yang satu ini. Buat yang belum tau, kali ini kita bakal bahas penjelasan terkait seni bela diri Tapak Suci ini dan juga tingkatan-tingkatan sabuknya dari pemula sampai yang udah jadi guru!

Kalau kamu penasaran dan tertarik dengan seni bela diri dan nggak asing dengan tingkatan sabuk Karate, pasti kamu nggak kalah penasaran sama tingkatan sabuk Tapak Suci berikut ini. Langsung simak aja, yuk!

Tingkatan Sabuk Tapak Suci

Dalam perguruan pencak silat Tapak Suci, terdapat tiga kategori tingkatan yakni Siswa, Kader, dan Pendekar, yang dibedakan dari warna dari sabuk masing-masing tingkatan.

Dari masing-masing kategori tersebut juga terdapat lima tingkatan berbeda lainnya yang dibedakan berdasarkan jumlah bunganya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Kategori Siswa

tingkatan sabuk tapak suci
Source: smkmuti-pekanbaru.sch.id

Siswa adalah sebutan untuk jenjang pendidikan dasar pada Perguruan. Masa pendidikan dan pelatihan (diklat) pada jenjang siswa ditempuh sekurang-kurangnya selama 6 (enam) bulan per tingkat. Evaluasi akhir berupa Ujian Kenaikan Tingkat.

Dalam Kategori Tingkatan Siswa ditandai oleh sabuk warna kuning. Masing-masing tingkatan dibedakan dari jumlah bunga mawar berwarna cokelat (logo) yang berbeda. Jenjang Siswa memiliki warna dasar sabuk kuning dengan melati cokelat yang memiliki putik kuning.

Tingkatan dari masing-masing sabuk siswa ini antara lain:

  1. Siswa Dasar (Sabuk Kuning polos)
  2. Siswa Satu (Sabuk Kuning Melati Satu)
  3. Siswa Dua (Sabuk Kuning Melati Dua)
  4. Siswa Tiga (Sabuk Kuning Melati Tiga)
  5. Siswa Empat (Sabu Kuning Melati Empat)

2. Kategori Kader

tingkatan sabuk tapak suci
Source: AsriPortal.com

Tingkatan Kader adalah jenjang bagi seseorang yang telah selesai dan dinyatakan lulus menempuh pendidikan dan pembinaan pada jenjang Siswa. Pendidikan dan latihan ditempuh sekurang-kurangnya selama 1 tahun per tingkat.

Dalam Kategori Tingkatan Kader ditandai oleh sabuk warna biru. Masing-masing tingkatan dibedakan dari jumlah bunga mawar berwarna merah yang berbeda. Berikut tingkatan sabuknya:

  1. Kader dasar (Sabuk Biru Polos)
  2. Kader Muda (Sabuk Biru Melati Merah Satu)
  3. Kader Madya (Sabuk Biru Melati Merah Dua)
  4. Kader Kepala (Sabuk Biru Melati Merah Tiga)
  5. Kader Utama (Sabuk Biru Melati Merah Empat)

Info wajib baca: Mengenal Bela Diri PSHT dan 4 Tingkatan Sabuk

3. Kategori Pendekar

tingkatan sabuk tapak suci
Source: Universitas Muhammadiyah Jakarta

Yang terakhir adalah Pendekar, yaitu jenjang tertinggi dalam tingkat sabuk di Perguruan Tapak Suci. Pembinaan dan Pengembangan Pendekar diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat. Setiap dua tahun sekali, evaluasi akhir dilakukan dalam bentuk Ujian Kenaikan Tingkat.

Dalam Kategori Tingkatan Kader ditandai oleh sabuk warna hitam. Masing-masing tingkatan dibedakan dari jumlah bunga mawar berwarna hitam di atas warna dasar merah yang berbeda. Tingkatan dari masing-masing sabuk Pendekar:

  1. Pendekar Muda (Sabuk Hitam Melati Merah Satu)
  2. Pendekar Madya (Sabuk Hitam Melati Merah Dua)
  3. Pendekar Kepala (Sabuk Hitam Melatih Merah Tiga)
  4. Pendekar Utama (Sabuk Hitam Melati Merah Empat)
  5. Pendekar Besar (Sabuk Hitam Melati Merah Lima)

Di dalam Tapak Suci juga dikenal adanya “Pendekar Kehormatan”, gelar ini diberikan kepada anggota kehormatan Tapak Suci atas keputusan pimpinan pusat Tapak Suci yang ditandai oleh sabuk hitam dengan melati hitam di atas dasar hijau.

Apa itu Seni Bela Diri Tapak Suci dan Alirannya

Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Tapak Suci termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi.

Seni bela diri ini berazas Islam, di mana bersumber pada Al Qur’an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11.

Tapak Suci berdiri pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H, atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Tapak Suci memiliki motto “Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah”.

Organisasi Tapak Suci berkiprah sebagai organisasi pencak silat, berinduk kepada Ikatan Pencak Silat Indonesia, dan dalam bidang dakwah pergerakan Tapak Suci merupakan pencetak kader dari Muhammadiyah.

Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah berkedudukan di Kauman, Yogyakarta, dan memiliki kantor perwakilan di ibu kota negara.

Info wajib baca: Apa Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri? Cek 7 Sumber Masalahnya!

Aliran seni bela diri Tapak Suci

Aliran dari seni bela diri Tapak Suci sendiri adalah keilmuan pencak silat yang berlandaskan Al Islam, bersih dari syirik dan menyesatkan, dengan sikap mental dan gerak langkah yang merupakan tindak tanduk kesucian dan mengutamakan Iman dan Akhlak, serta berakar pada aliran Banjaran-Kauman, yang kemudian dikembangkan dengan metodis dan dinamis.


Kesimpulannya, seni bela diri Tapak Suci ini adalah salah satu aliran seni bela diri pencak silat yang di mana aliran ini berlandaskan agama Islam, dan berakar pada aliran Banjar-Kauman. Sampai saat ini, masih banyak orang yang mengikuti aliran seni bela diri yang satu ini.

Buat kamu yang tertarik pada seni bela diri, nih, baca juga soal Muay Thai sebagai seni bela diri dari Thailand. Cocok untuk pemula, bahkan kamu pun bisa jadi atlet profesional, lho.

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare