...
urutan wudhu yang benar
5-min read

Jangan Sampai Salah, Ini Urutan dan Tata Cara Wudhu yang Benar dari Awal hingga Akhir

urutan wudhu yang benar

Yuk, ketahui urutan dan tata cara wudhu yang benar agar ibadah yang kita lakukan lebih sempurna!

Mengetahui urutan dan tata cara wudhu yang benar dari awal sampai akhir merupakan hal yang wajib dipahami oleh umat muslim. Sebab, wudhu merupakan salah satu syarat sah dalam ibadah salat yang mana tertulis dalam surat Al Maidah ayat 6:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Dari surat tersebut, dijelaskan bahwa kita sebagai umat Muslim yang taat kita harus tahu bagaimana urutan dan tata cara wudhu yang benar. Maka dari itu, biar kamu nggak salah, simak ulasan selengkapnya di sini, yuk!

Info wajib baca: Tingkatan Sabuk Pencak Silat, Urutan Terendah sampai Tertinggi

Urutan dan Tata Cara Wudhu yang Benar

urutan wudhu yang benar
Source: orami.co.id

Urutan dan tata cara wudhu adalah sebagai bagian dari thaharah (bersuci) harus kamu perhatikan. Di bawah ini adalah beberapa urutan cara wudhu yang benar:

  • Membaca basmalah dengan lisan
  • Membasuh telapak tangan 3 kali hingga ke sela-sela jari
  • Berkumur 3 kali, bersihkan bekas makanan yang menyangkut di sela-sela gigi
  • Membersihkan lubang hidung 3 kali (menghirup air kemudian mengeluarkannya dengan memencet hidung)
  • Membasuh wajah 3 kali secara menyeluruh dari ujung kepala mengenai rambut hingga ke bawah dagu. Pada tahap ini, kamu dapat sambil membaca niat “Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa”
  • Mencuci kedua tangan hingga siku sebanyak 3 kali
  • Mengusap kepala 3 kali
  • Mengusap kedua telinga sebanyak 3 kali
  • Membasuh kaki sampai di atas mata kaki 3 kali, menggosok sela-sela jari kaki dengan jari tangan

Syarat Sah Wudhu

Selain harus sesuai dengan urutan dan tata cara yang benar, saat kita mengambil wudhu juga ada beberapa syarat sah yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Islam
  • Tidak berhadas besar atau dalam keadaan haid/nifas
  • Wudhu dengan air suci dan mensucikan, seperti air hujan, air laut, air sumur, air sungai, air salju, air embun dan air telaga.
  • Tidak ada penghalang masuknya air ke anggota tubuh, seperti kutek, getah, atau cat.
  • Mengetahui fardhu wudhu, mulai dari niat, membasuh wajah, membasuh kedua tangan, mengusap kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki, dan tertib.
  • Tamyiz alias dapat membedakan baik dan buruknya suatu pekerjaan.

Doa Selesai Wudhu

Source: liputan6.com

Adapun setelah berwudhu, kamu dapat menyempurnakannya dengan membaca doa setelah wudhu. Ketika berdoa, sebaiknya kamu menghadap ke kiblat dan menganggkat kedua tangan sambil membaca bacaan sebagai berikut:

“Asyhadu allâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîka lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhû wa rasûluhû, allâhummaj’alnî minat tawwâbîna waj’alnii minal mutathahhirîna.”

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih).”

Info wajib baca: Kisah dan Mukjizat Nabi Ismail, Nabi yang Selamat dari Sembelih Kurban

Macam-Macam Sunnah Wudhu

Source: orami.co.id

Sunnah wudhu yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ada banyak jumlahnya. Dengan melakukan beberapa sunnah ini, diharapkan wudhu yang kita lakukan menjadi lebih sempurna seperti yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW. Berikut beberapa di antaranya:

1. Bersiwak

Sunnah wudhu yang pertama adalah bersiwak atau membersihkan gigi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di gigi sekaligus membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan.

Menurut Mazhab Syafi’i, tata cara mulai bersiwak dimulai dari mulut sebelah kanan kemudian disusul dengan bagian kiri. Memegang siwak pun disunnahkan memakai tangan kanan dengan menjadikan jari kelingking di bagian bawah dan jari lainnya di bagian atas.

2. Membaca basmalah

Menurut Mazhab Syafi’i, membaca basmalah termasuk dalam salah satu sunnah wudhu sebelum dimulai. Namun, hal ini bukan hanya dilakukan ketika berwudhu saja, melainkan kita juga dianjurkan membacanya ketikan melakukan berbagai kegiatan lainnya.

3. Berkumur

Sunnah wudhu lainnya adalah berkumur. Berdasarkan pendapat Imam Syafi’i, berkumur artinya meletakkan air di dalam mulut sebelum mencuci kedua lubang hidung saat berwudhu.

Sebetulnya, sunnah ini sudah terlaksana apabila kita memasukkan air ke dalam mulut sehingga seluruh rongga mulut terkena air. Setelah itu, air digerak-gerakkan dalam mulut dan dikeluarkan kembali saat berwudhu.


Nah, itulah urutan wudhu yang benar beserta tata cara dan doa yang harus dibaca. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, insya Allah kamu dapat melaksanakan wudhu dengan sempurna dan mendapatkan berkah dalam ibadahmu.

Ingatlah, wudhu bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga kesempatan untuk membersihkan diri secara fisik dan spiritual. Semoga bermanfaat!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare