...
5-min read

5 Destinasi Wisata di Blitar, Cocok untuk Liburan Bersama Teman Maupun Keluarga

Wisata di Blitar tidak hanya menawarkan wisata alam, ada juga wisata edukasi.

Blitar, tempat lahirnya presiden pertama Indonesia Presiden Soekarno ini, memiliki banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama teman maupun keluarga. Tak perlu khawatir soal bujet yang terbatas, sebab banyak juga destinasi wisata di Blitar yang menawarkan harga terjangkau, namun tetap berkualitas untuk dikunjungi!

Di kawasan Jawa Timur, terutama Blitar, sebenarnya memiliki pesona alam yang luar biasa. Sayangnya provinsi satu ini sangat jarang diketahui oleh para wisatawan. Mau tahu tempat apa saja yang bisa kamu kunjungi untuk healing di Blitar? Baca selengkapnya di sini, ya.

Wisata Blitar

Yuk, temukan aneka destinasi wisata di Blitar yang memanjakan mata, mulai air terjun sampai pantai cantik untuk menikmati sunset.

1. Air Terjun Jurug Bening

Source: Sewaktu.com

Salah satu wisata air terjun yang paling indah di Blitar adalah Air Terjun Jurung Bening yang berlokasi di Purworejo, Wates, Blitar, Jawa Timur. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin healing dari pekerjaan dan keruwetan di kota besar. Berlokasi dekat pedesaan, kamu bisa menikmati indahnya air terjun sambil melihat kehidupan para warga desa yang damai saat berkunjung ke Air Terjun Jurug Bening.

Di sini terdapat banyak fasilitas untuk kemudahan dan kenyamanan pengunjung. Ingin salat? Terdapat musala yang buka sesuai jam operasionalnya agar kamu tidak terlambat untuk menjalankan ibadah. Apabila lapar setelah bermain air, kamu juga bisa berbelanja makanan berat maupun ringan di minimarket dan rumah makan.

Air tejun ini termasuk tempat wisata yang murah karena biayanya di bawah Rp10.000! Ya, harga tiket masuk ke Air Terjun Jurug Bening hanya Rp5.000 saja. Cocok banget untuk kamu anak kost maupun pelajar dengan uang jajan terbatas.

  • Alamat: Air Terjun Jurug Bening @ Sumberurip, Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB

Info wajib baca: 7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi | Pesona Alamnya Memukau

2. Kampung Coklat

wisata blitar
Source: Kampung Coklat Blitar

Apakah kamu pencinta makanan manis? Jika iya, maka kamu wajib untuk mengunjungi tempat ini setidaknya satu kali seumur hidup! Tidak hanya sekadar berwisata, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan yang berharga, sebab Kampung Coklat juga merupakan wisata edukasi bagi para pengunjungnya.

Harga tiket masuknya cukup terjangkau, kok, hanya Rp20.000 hingga Rp35.000 per orang. Dengan harga yang terjangkau ini kamu sudah bisa merasakan berbagai fasilitas, seperti wahana permainan, wisata edukasi, dan mampir ke pusat oleh-oleh berbagai coklat yang bisa kamu bawa pulang.

  • Alamat: Kampung Coklat Jln. Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB

3. Blitar Park

Source: Batu Network

Blitar Park merupakan salah satu wisata theme park terbaik di area Blitar Raya. Wisata ini telah berdiri sejak tahun 2019 dan memiliki 21 wahana modern yang bisa dinikmati oleh pengunjung anak-anak maupun dewasa. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, tuh, hanya Rp70.000, tapi kamu sudah bisa menikmati semua wahana.

Wahana yang bisa kamu coba di antaranya kolam renang, game zone, octopus, cinema 5 dimensi, bom-bom car, Dragon Coaster, Kora-Kora, Playground, Lorong Pelangi, Jump Frog, sepeda udara, sepeda air, Rainbow Slide, jembatan goyang, Crousel, kolam pancing, terapi ikan, Insect Garden, Go-Kart, ontang-anting, Mini Fun Game, Ular Raksasa, Perahu Gondola, Play Land, dan Aquatech.

Lapar setelah seru-seruan di wahana permainan? Jangan khawatir, kamu bisa menikmat makanan dan minuman di Kopilih Blitar Park Restaurant, Blitar Park Lounge Cafe and Bar. Tak lupa terdapat toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi untuk membawa pulang merchandise lucu bagi saudara atau teman-teman.

  • Alamat: Blitar Park @ Sawahan, Pojok, Garum, Blitar, Jawa Timur 
  • Jam opersional: Setiap hari pukul 09.00 – 22.00 WIB

4. Pantai Tambakrejo

Source: Blitar

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang hits di Blitar. Bagi penyuka suasana sejuk di pantai, kamu bisa berkunjung ke Pantai Tambakrejo yang bisa dicapai kurang lebih 30 km ke arah selatan Kota Blitar, atau sekitar 1 jam naik mobil.

Di Pantai Tambakrejo, kamu bisa bersantai bersama keluarga, memancing, bahkan menikmati aneka kuliner seafood dengan harga yang cukup terjangkau. Keunikan dari pantai ini yaitu merupakan satu-satunya pantai di Blitar yang memiliki TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Pencinta ikan wajib datang, nih!

  • Alamat: Pantai Tambakrejo @ Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur
  • Jam operasional: Buka 24 jam

Info wajib baca: 6 Wisata Klaten dengan Pesona yang Indah dan Harga Tiket Masuk Terjangkau!

5. Hutan Pinus Tulungrejo Gandusari

wisata blitar
Source: Blitar Terkini

Ingin healing ke tempat yang sejuk sembari mengabadikan foto untuk dipamerkan di media sosial? Maka Hutan Pinus Tulungrejo Gandusari adalah tempat yang cocok untuk tujuanmu! Secara administratif, destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Wisata ini menyajikan wisata alam dengan latar belakang hutan pinus yang cocok untuk wisata keluarga, outbound, camping ground. Selain itu Wisata Loji merupakan salah satu jalur pendakian menuju Gunung Kelud. Tiket masuknya sangat terjangkau, yakni cuma Rp7.000 saja kamu sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di sana.

  • Alamat: Hutan Pinus Tulungrejo Gandusari @ Celeng, Tulungrejo, Gandusari, Blitar, Jawa Timur 
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB

Nah, itulah sejumlah tempat wisata di Blitar yang wajib untuk kamu kunjungi. Dari berbagai rekomendasi di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi, nih? Share di kolom komentar, yuk!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare