...
5-min read

6 Wisata Klaten dengan Pesona yang Indah dan Harga Tiket Masuk Terjangkau!

Pemandangannya yang indah membuat wisata di Klaten wajib masuk ke dalam bucket list liburanmu!

Klaten, siapa yang tidak tahu daerah di Jawa Tengah ini? Dengan kekayaan alamnya yang indah membuat Klaten memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi baik oleh warga lokal maupun wisatawan. Tak hanya indah dan menarik, berlibur ke beberapa tempat wisata di Klaten juga tidak mahal, bahkan cukup di bawah Rp100.000, lho!

Harganya yang terjangkau serta tempatnya yang elok, sejuk, dan unik membuat wisata di Klaten laris di kalangan pengunjung. Mau tahu apa saja wisata Klaten yang wajib untuk dikunjungi? Simak artikel ini selengkapnya!

Rekomendasi Wisata di Klaten

wisata klaten
Source: Pigiblog – Pigijo

Tak hanya indah, beberapa destinasi wisata di Klaten juga memiliki harga tiket masuk yang terjangkau. Berikut adalah daftarnya:

1. Wisata Klaten: Candi Merak

Ingin berwisata sekaligus belajar sejarah? Salah satu bentuk peninggalan sejarah masa kerajaan yang bisa kamu temukan di Klaten yakni Candi Merak. Candi Merak merupakan peninggalan agama Hindu yang diperkirakan dibangun pada abad VIII-IX Masehi  pada masa Kerajaan Mataram kuno. Pada zaman dahulu, bangunan ini digunakan sebagai tempat ibadah dan upacara keagamaan agama.

Candi ini berlokasi di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko. Dilansir dari situs BPCB Jawa Tengah, bangunan ini memiliki ukuran panjang 8,86 meter, lebar 13,5 meter, dan memiliki tinggi 12 meter. Adapun nama candi ini diambil bukan karena bentuk bangunannya, melainkan karena di wilayah sekitar candi terdapat banyak sarang burung merak.

2. Wisata Klaten: Ekowisata Kali Talang

Destinasi wisata yang satu ini cocok bagi kamu si pecinta alam! Ekowisata Kali Talang yang berlokasi di Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah ini memiliki potensi daya tarik pemandangan gunung merapi secara dekat. Melansir dari Repository UMY, di daerah ini, kamu bisa merasakan udara yang sejuk, perkebunan kopi, budaya masyarakat yang masih kental

Terdapat banyak fasilitas di Ekowisata Kali Talang seperti, spot foto, camping ground, museum, jalur sepeda gunung, tamanan khas merapi, warung makan, dan gardu pandang. Meskipun memiliki pemandangan yang indah serta fasilitas yang lengkap, tiket masuk Ekowisata Kali Talang dijual dengan harga yang terjangkau, lho. Kamu hanya perlu membayar Rp5.000 per orang serta parkir motor Rp3.000.

3. New Rivermoon

wisata klaten
Source: Harto Trans

New Rivermoon merupakan  destinasi wisata yang terletak di Pusur, Karanglo, Polanharjo, Klaten Regency, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini menyediakan layanan yang bisa kamu nikmati bersama keluarga maupun teman, mulai dari outbound, camping, permainan yang menyenangkan, dan yang tidak kalah seru yaitu tubing di Kali Pusur.

Tak hanya menyediakan fasilitas yang membuat wisatawan bahagia, New Rivermoon juga menyediakan makanan yang enak bagi kamu yang mengunjungui destinasi wisata yang satu ini. Dilansir dari situs resimnya, terdapat restoran outdoor yang terletak di pinggiran Kali Pusur.

Selain itu, di New Rivermoon Resto ini kamu bisa menyantap makanan ataupun minuman sambil menikmati indahnya pemandangan alam. Tertarik untuk mengunjungi New Rivermoon? Kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp. 50.000 aja per orang.

4. Girpasang

Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di di lereng Gunung Bibi, Desa Tegalmulyo, Kemalang, Kabupaten Klaten. Tidak hanya menikmati keindahan Gunung Merapi maupun menikmati kopi Merapi yang menawan, kamu juga bisa naik gondola (kereta gantung) selebar 125 m di atas dua bibir jurang plus. Apabila lapar, kamu juga bisa menikmati ingkung (ayam bakar) di dukuh terpencil Girpasang.

Harga tiket masuknya yaitu Rp3.000 saja per orang. Sementara untuk untuk mobil Rp10.000, kendaraan elf Rp15.000, dan bus penumpang Rp20.000. Jika ingin naik gondola sebagai obyek wisata Girpasang, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp60 ribu dan bisa dinaikki oleh maksimal 4 orang.

5. Umbul Sigedang

Umbul Sigedang merupakan taman rekreasi air di Wisata Desa Ponggok tepatnya di Dukuh Umbulsari-Ponggok. Kamu bisa merasakan suasana kawasan pedesaan yang tenang, teduh, serta kesegaran airnya yang jernih.

Terdapat 2 mata air yaitu mata air Sigedang dan mata air Kapilaler yang memenuhi syarat sebagai air minum. Tempat ini cocok untuk relaksasi, santai bersama dengan teman maupun keluarga.

Tak hanya terkenal dengan umbul atau mata airnya, di tempat ini juga terdapat keindahan flora yang membuatmu terpukau. Terdapat pohon beringin besar berusia tua yang rindang menaungi obyek wisata dan area sekitarnya juga ada pohon besar milik warga yang membuat obyek wisata menjadi teduh dan sejuk.

Kamu juga bisa mengambil foto dengan latar belakang flora yang eksotis. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 10.000.

6. Rowo Jombor

Rowo Jombor adalah wisata air yang berlokasi di Dukuh Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Tempat ini merupakan waduk dengan luas 198 hektar dan kedalaman mencapai 4,5 meter. Awalnya, waduk ini diciptakan untuk menampung air dari sungai-sungai di sekitarnya, mengendalikan banjir, dan mengairi sawah saat musim kemarau.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Rowo Jombor. Mulai dari menikmati lezatnya makanan di Warung Apung hingga naik perahu wisata. Aktivitas tersebut bisa kamu nikmati sembari melihat pemandangan yang elok. Jika ingin naik perahu wisata, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk orang dewasa.


Saat berkunjung ke Klaten, jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata di atas untuk menikmati keindahan alam serta merasakan sejuknya udara Klaten. Jika sudah pernah berkunjung, tinggalkan jejak di komentar dan berikan pendapatmu, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare