...
wisata salatiga untuk keluarga
5-min read

5 Destinasi Wisata Salatiga untuk Keluarga yang Wajib Kamu Kunjungi

wisata salatiga untuk keluarga

Menawarkan pemandangan yang indah, inilah beberapa wisata di Salatiga yang cocok untuk keluarga.

Salatiga adalah kota yang lokasinya terletak antara Surakarta dan Semarang. Meskipun kota ini terbilang kecil, namun ada banyak destinasi wisata di Salatiga yang seru untuk kamu kunjungi bersama keluarga tercinta.

Wisata Salatiga terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu luar biasa, bahkan pada masa pemerintahan Belanda, kota ini pernah mendapat julukan De Schoonste Stad van Midden-Java atau Kota terindah di Jawa Tengah. Tidak hanya wisata alamnya, Salatiga juga memiliki wisata sejarah, wisata kuliner hingga tempat ibadah yang nggak boleh untuk kamu lewatkan, lho.

Lalu, apa saja destinasi wisata di Salatiga yang wajib untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta? Untuk tahu lebih jelasnya, langsung cek selengkapnya di bawah ini, ya!

Info wajib baca: Kelezatan 10 Makanan Khas Salatiga yang Menggoyang Lidah

Rekomendasi Wisata di Salatiga yang Cocok untuk Dikunjungi bersama Keluarga

Memiliki udara yang sejuk bisa, Salatiga merupakan destinasi yang cocok untuk kamu jadikan tempat melepas penat dan pening karena hiruk pikuk perkotaan. Berikut wisata di Salatiga yang wajib untuk kamu kunjungi bersama keluarga tercinta:

1. Atlantic Dreamland

wisata salatiga untuk keluarga
Source: joss.co.id

Atlantic Dreamland merupakan destinasi wisata di Salatiga yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga tercinta. Meskipun tempat ini menghadirkan mayoritas wahana permainan dengan air, akan tetapi ada juga wahana lain yang bisa kamu coba di Atlantic Dreamland ini.

Kamu bisa bermain jet coaster, flying fox, ATV dan lain sebagainya di sini. Berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, Atlantic Dreamland memiliki konsep yang nggak jauh beda dengan Ancol yang ada di Kota Jakarta.

Untuk mengunjungi destinasi wisata ini, kamu hanya perlu membeli tiket terusan seharga Rp40 ribu saja. Namun, kalau kamu tidak ingin memainkan semua wahana, kamu juga bisa membeli tiket sesuai dengan wahana yang kamu inginkan.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta 5 No. 53, Cebongan, Argomulyo, Salatiga, Jawa Tengah

2. Goa Rong View

Source: kabsemarangtourism.id

Tempat wisata Goa Rong View tidak seperti goa pada umumnya. Goa ini justru memiliki beberapa spot menarik dengan latar pemandangan alam yang begitu memesona.

Goa Rong View adalajh salah satu tempat wisata di Salatiga yang memungkinkan kamu melihat pemandangan alam dari ketinggian. Letaknya yang berada di kawasan perbukitan, dari sini kamu bisa melihat jajaran pegunungan Ungaran, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, hingga Rawa Pening.

Untuk mencapain lokasi Goa Rong View, kamu perlu menaiki beberapa anak tangga. Selain itu, di sini juga terdapat menyediakan rumah makan dan area bermain anak-anak. Pokoknya, cocok banget, deh, untuk kamu kunjungi bersama dengan keluarga tercinta!

Alamat: Lerak Lopait, Lopait, Delik, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah

3. Umbul Sidomukti

wisata salatiga untuk keluarga
Source: goodnewsfromindonesia.com

Destinasi wisata selanjutnya di kota Salatiga yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga adalah Umbul Sidomukti. Tempat ini terkenal sebagai kolam renang di atas bukit dengan pemandangan yang menawan.

Umbul Sidomukti berada di ketinggian 1.500 mdpl dengan luas mencapai 32 hektare. Dengan luas tersebut, ada banyak sekali fasilitas serta wahana yang bisa kamu coba, mulai dari flying fox, paralayang, bermain ATV, hingga berkuda semua bisa coba.

Jangan heran, kalau tempat ini selalu ramai ketika musim liburan tiba, guys. Kalau mau ke sini, pastikan untuk menyiapkan uang tiket masuk sebesar Rp5 ribu atau Rp20 ribu kalau kamu ingin berenang.

Alamat: Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

4. Pohon Pengantin Salatiga

Source: tribunnews.com

Destinasi wisata di Salatiga ini memiliki nama cukup unik, yaitu pohon pengantin Salatiga. Percaya nggak percaya, menurut warga setempat, setiap pasangan yang ingin hubungannya bertahan lama mereka harus mengambil foto di pohon yang tumbuh di tengah sawah ini.

Ukuran pohonnya memang tidak terlalu besar lebat. Namun, pohon itu selalu membuat orang yang datang penasaran dan ingin mampir setiap kali melewatinya

Meskipun mitosnya destinasi wisata ini ditujukan untuk pasangan, namun banyak juga keluarga yang berfoto di bawah pohon ini karena terlihat sangat menarik dan estetik. Tertarik datang ke sini?

Alamat: Pulutan, Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah

Info wajib baca: 5 Tempat Nongkrong di Salatiga, Punya View Bagus!

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Source: bobobox.com

Salah satu hal yang nggak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Salatiga adalah datang ke Museum Kereta Api Ambarawa. Di museum ini, kamu bisa mencoba menaiki kereta api uap yang berumur sudah sangat tua.

Perjalanan tersebut akan dimulai dari stasiun Ambarawa kemudian berkeliling melihat pemandangan sawah, gunung berapi, hingga para petani yang ada di sana. Kalau kamu merupakan seseorang yang suka dengan lokomotif tua, pastikan untuk datang ke wisata Salatiga satu ini karena banyak hal mengenai perjalanan sejarah kereta api di Indonesia.

Alamat: Jln. Stasiun No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah


Nah, itulah deretan destinasi wisata di Salatiga yang nggak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta. Dari beberapa rekomendasi tempat di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi, nih? Atau punya rekomendasi lainnya? Coba share di kolom komentar, yuk, guys!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare