...
1 Desember hari apa
5-min read

Tanggal 1 Desember Hari Apa? Ada Hari AIDS Sedunia

1 Desember hari apa

1 Desember hari apa? Cek info dan faktanya di sini!

Berbagai acara peringatan dan perayaan di seluruh dunia bertepatan dengan tanggal 1 Desember. Apakah ada hari penting yang diperingati pada tanggal ini di tahun 2023?

Tanggal 1 Desember 2023 jatuh pada hari Jumat dalam penanggalan masehi. Serta 1 Desember merupakan hari ke-335 dalam penanggalan Gregorian dan 30 hari tersisa hingga akhir tahun.

Pada tanggal ini, negara-negara di seluruh dunia merayakan berbagai hari penting. Untuk mengetahui perayaan apa saja yang bertepatan dengan tanggal ini, berikut adalah informasi tentang hari-hari yang diperingati pada tanggal 1 Desember.

Info wajib baca: 22 November Memperingati Apa? Dari Perhubungan Nasional Hingga Kematian JFK

1 Desember Hari Apa?

Setiap tanggal 1 Desember, ada beberapa momen yang diperingati seperti informasi di bawah ini:

1. Hari AIDS Sedunia

1 Desember hari apa
Source: detik.com

Dikutip dari World Aids Day mencerminkan Hari AIDS Sedunia sebagai gerakan global yang menyatakan solidaritas terhadap individu yang menderita AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Gerakan ini telah berlangsung sejak tahun 1988.

Hari AIDS ini melambangkan persekutuan melawan stigma negatif terkait HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan sebagai penghormatan terhadap mereka yang kehilangan nyawa akibat AIDS. Hari AIDS Sedunia diadakan untuk merenungkan kisah hidup mereka yang mengidap HIV.

Selain itu peringatan ini juga memberikan dukungan dan kekuatan kepada mereka yang terkena dampak. Hari ini juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang HIV dan AIDS.

Peringatan Hari AIDS Sedunia ini diperingati dengan penggalangan dana untuk korban AIDS, memberikan sumbangan kepada mereka yang terdampak, mengenakan pita merah sebagai simbol kesadaran dan dukungan bagi penderita HIV, menyebarkan informasi terkait HIV. Serta membagikan peringatan ini di berbagai platform media sosial.

2. Hari Makan Apel Merah

Menurut National Today, tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari Makan Apel Merah. Apel merah telah menjadi camilan sejak 6500 SM.

Apel merah bukan hanya makanan lezat tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang beragam dan sering diolah menjadi berbagai bentuk makanan. Penetapan hari ini bersamaan dengan akhir musim panen apel, meskipun asal usulnya tidak jelas.

Tanggal 1 Desember dipilih sebagai hari untuk menikmati apel merah. Pada hari ini, masyarakat dapat menikmati buah apel, membuat pai apel, mengonsumsi jus apel, dan melibatkan diri dalam kegiatan lain yang berhubungan dengan apel.

Info wajib baca: 14 November Memperingati Hari Apa Saja? Salah Satunya Hari Brimob

3. Hari Kemerdekaan Portugal

Menurut sumber yang sama, Portugal merayakan Hari Kemerdekaannya setiap tanggal 1 Desember. Portugal memperoleh kemerdekaan dari Spanyol pada tahun 1668.

Hari Kemerdekaan Portugal menjadi hari libur nasional, dengan sekolah dan bisnis tutup. Perayaan Hari Kemerdekaan Portugal melibatkan aktivitas seperti bernyanyi, menari, menghadiri karnaval, dan mengikuti acara patriotik.

4. Hari Perempuan Mendukung Perempuan Nasional

Hari Perempuan Mendukung Perempuan Nasional atau National Women Support Women Day diperingati setiap tanggal 1 Desember. Hal tersebut merupakan momen bersatu untuk mendukung dan membantu wanita di sekitar kita.

Dibuat oleh Amy O’Donnell, Hari Perempuan Mendukung Perempuan dirancang untuk menghormati pencapaian wanita dalam seni, politik, bisnis, dan bidang lainnya. Perbedaannya dengan Hari Perempuan Internasional yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 8 Maret.

5. Hari Lampu Natal Nasional

Tanggal 1 Desember diangkat menjadi Hari Lampu Natal Nasional, merayakan tradisi menyalakan lampu Natal. Sejak memasuki bulan perayaan Natal, banyak rumah dan lokasi lainnya yang telah diterangi oleh lampu Natal.

Sebelum adanya lampu listrik, tradisi melibatkan lilin pada pohon Natal, dengan lampu Natal menjadi tren sejak tahun 1903. Saat ini, lampu Natal menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan musim dingin dan Natal.

6. Upacara Penyalaan Lampu Pohon Natal di Rockefeller Center

Mengutip National Today, tanggal 1 Desember menjadi hari perayaan penyalaan pohon Natal di Rockefeller Center, Midtown Manhattan, New York City. Upacara penyalaan pohon ini biasanya dihadiri oleh Walikota New York dan disiarkan melalui televisi.

Pohon Natal di Rockefeller Center telah menjadi ikon sejak tahun 1931, dan merayakan Natal di tempat ini telah menjadi tradisi sejak tahun 1933. Pada tahun 2023, upacara penyalaan lampu telah diadakan pada hari Rabu setelah Thanksgiving dan persiapan dilakukan pada awal November.

Info wajib baca: 25 November 2023 Hari Apa? Cek Info dan Faktanya di Sini!

7. Hari Tanpa Seni

Day Without Art Day merupakan sebuah inisiatif nasional yang digagas oleh Visual AIDS pada 1 Desember 1989. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang HIV melalui karya seni.

Dengan melibatkan ratusan organisasi dan institusi seni, peringatan ini telah menjadi gerakan global yang mengumpulkan ribuan seniman. Dan masyarakat untuk melawan AIDS serta memberikan dukungan kepada penderita.

Visual AIDS sendiri didirikan pada tahun 1988 oleh Robert Atkins, seorang penulis dan kritikus seni. Bersama dengan tiga kurator lainnya: Gary Garrels, Thomas Sokolowski, dan William Olander.

8. Hari Tahanan untuk Perdamaian

Prisoners for Peace Day yang berasal dari keberanian individu yang menolak berperang sejak Perang Dunia I. Peringatan ini menyoroti tindakan penahanan mereka oleh organisasi perjuangan War Resisters Internasional (WRI).

Anggota WRI menolak terlibat dalam perang karena alasan hati nurani dan memilih jalur perdamaian, sehingga menghadapi penahanan sebagai konsekuensinya. Hari ini didedikasikan untuk menggambarkan kehidupan orang-orang yang dipenjara.


Tanggal 1 Desember adalah rentetan peristiwa yang mencerminkan keragaman dan kompleksitas dunia kita. Apakah ada yang berulang tahun pada tanggal ini? Jika iya, tulis komentar di bawah, ya!

Mau tahu informasi lainnya? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare