...
film Korea sedih
5-min read

6 Rekomendasi Film Korea Sedih yang Bikin Menangis

film Korea sedih

Lagi cari bahan tontonan film Korea yang sedih? Simak rekomendasinya di sini, yuk!

Halo, gaes! apakah kamu merupakan penggemar film Korea? Jika ya, maka artikel ini cocok untukmu! Kali ini, kami akan merekomendasikan 6 film Korea sedih yang pastinya akan membuatmu menangis.

Film-film Korea sering memberikan pengalaman penuh empati dan mengajarkan kita lebih banyak tentang hidup dan kasih sayang. Maka dari itu, siapkan tisu dan ikuti terus ulasan kami sampai akhir, ya!

Film Korea Sedih Tentang Keluarga

1. Hope (2013)

Hope (2013)
Source: Lombok Insider

Film “Hope” merupakan salah satu film asal Korea Selatan yang mengangkat isu sosial. Film ini telah dirilis pada tahun 2013 lalu yang mengangkat ceritanya dari kisah nyata.

Kisah dari film yang disutradarai oleh Lee Joon Ik menceritakan tentang seorang anak perempuan kecil yang mengalami pelecehan seksual hingga trauma berat. Awal cerita dimulai saat anak perempuan kecil bernama Im So Won (Lee Re) akan berangkat ke sekolahnya.

So Won sendiri merupakan anak tunggal dan tinggal bersama ayah dan ibunya. Mereka merupakan keluarga yang bahagia pada saat itu. Ayahnya, Im Dong Hoon (Sol Kyung-gu), bekerja sebagai pegawai pabrik.

Sementara, ibunya yang bernama Kim Mi Hee (Uhm Ji Won) membuka warung kecil di depan rumahnya. Namun, naasnya sebuah tragedi memilukan terjadi pada So Won, anak perempuan kecil mereka.

So Won diperkosa oleh seorang pria di sebuah toilet umum dengan kasar hingga tubuhnya penuh luka bahkan hingga ke organ dalam tubuhnya. Selain itu, So Won juga mengalami PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) akibat dari kejadian itu. Hal ini membuatnya takut bertemu laki-laki dewasa termasuk ayahnya.

Bahkan, ayahnya pun harus memakai kostum badut untuk menemui anaknya agar ia tidak takut dengannya. Hukuman yang diberikan kepada pelaku pun sangat tidak adil dibandingkan dengan perbuatan yang telah ia lakukan pada So Won.

Lalu, bagaimana perjuangan keluarga So Won dalam menuntut keadilan untuk anak perempuannya? Kamu bisa tonton film ini selengkapnya di streaming online Viu, ya!

2. Film Korea sedih tentang keluarga: Canola (2016)

Film Korea sedih tentang keluarga: Canola (2016)
Source: Windows on Worlds

Film ini mengangkat kisah tentang seorang nenek yang tinggal di pedesaan. Ia memiliki seorang cucu yang sangat ia sayang bernama Hye Ji (Kim Go Eun). Sang nenek siap melakukan apa saja untuk membahagiakan cucu kesayangannya tersebut.

Nenek tersebut bekerja sebagai hanyeo atau yang disebut juga wanita penyelam di pulau Jeju. Hye Ji hidup bahagia bersama neneknya yang apa adanya. Meskipun sudah tidak punya sosok ayah dan ibu, namun Hye Ji masih bisa merasakan kasih sayang yang luar biasa dari sang nenek.

Suatu hari, Hye Ji dan neneknya pergi ke pasar. Namun, karena situasi sangat ramai, tiba-tiba Hye Ji terlepas dari gandengan sang nenek dan hilang. Neneknya terus mencari Hye Ji namun tidak ditemukan. Hingga waktu telah berjalan 12 tahun lamanya semenjak hilangnya sang cucu kesayangan.

Kemudian, tiba-tiba seorang wanita datang ke rumah neneknya dan mengaku bahwa ia adalah Hye Ji cucu kesayangannya. Neneknya pun sangat bahagia karena akhirnya dapat bertemu kembali. Namun, semenjak kedatangan Hye Ji tersebut malah menimbulkan banyak masalah dan kecurigaan.

Hye Ji yang datang ke rumah nenek tersebut sering membuat masalah dan bukan seperti cucu kesayangan nenek yang ia kenal. Meskipun begitu, sang nenek tetap percaya bahwa ia adalah cucunya yaitu Hye Ji asli. Seiring dengan berjalannya waktu, fakta demi fakta pun terungkap.

Kecurigaan orang-orang di sekitar neneknya benar adanya bahwa Hye Ji tersebut bukanlah cucunya yang asli. Bahkan, cucunya yang asli dikabarkan telah meninggal akibat kecelakaan. Mendengar hal itu, tentunya sang nenek sangat hancur hatinya.

Lalu, bagaimana kisah selanjutnya dari nenek tersebut dengan Hye Ji yang palsu? Kamu bisa menonton film ini selengkapnya di Netflix dan Viu, ya!

3. Pawn (2020)

Pawn (2020)
Source: Kompas.com

Film “Pawn” mengangkat latar waktu tahun 1993 di Incheon, Korea Selatan. Film ini juga diperankan oleh beberapa aktor terkenal yaitu Sung Dong il sebagai Doo Seok dan Kim Hee Won sebagai Jong Bae. Mereka berdua bekerja sebagai penagih utang yang siap melakukan apa saja demi mendapatkan uang.

Meskipun terlihat galak dan mengintimidasi, namun Doo Seok sebenarnya memiliki hati yang baik. Suatu hari, ia menagih utang Myung Ja (Kim Yun Jin). Karena ekonominya yang sangat sulit dan tidak memiliki -uang, ia sampai mengorbankan anaknya sendiri, Seung-yi, sebagai jaminan kepada Doo Seok.

Bukannya membayar hutang, Myung Ja malah dideportasi karena menjadi imigran ilegal. Seung-yi pun kemudian tinggal bersama Doo Seok dan Kim Hee Won.

Meskipun awalnya mereka menganggap anak kecil tersebut sebagai jaminan namun seiring dengan berjalannya waktu, mereka merawatnya dengan baik hingga Seung-yi beranjak dewasa. Bagaimana kelanjutan kisah Seung-yi yang dirawat dan dibesarkan oleh kedua penagih utang tersebut? Untuk mengetahui cerita selengkapnya, kamu bisa menonton film ini di Viu, ya gaes!

4. Film Korea sedih tentang keluarga: Stand By Me (2018)

Film Korea sedih tentang keluarga: Stand By Me (2018)
Source: Kompasiana.com

Kisah cerita diawali dengan seorang kakek yang hidup bahagia bersama kedua cucunya yang bernama Deok-gu dan adik perempuannya yang bernama Deok-hee. Setiap hari, mereka hidup dan dirawat oleh sang kakek karena sudah tidak memiliki ayah dan ibu.

Mereka juga bukan berasal dari keluarga yang ekonominya cukup. Sang kakek harus kerja serabutan untuk dapat menafkahi keluarga kecilnya. Usianya yang semakin tua dengan kondisi fisik yang semakin lemah pun juga menjadi sedikit sulit untuk sang kakek bekerja.

Penyakit kanker paru-paru yang diidapnya pun juga semakin parah. Namun, ia tidak ingin melakukan operasi karena lebih memilih untuk memberikan uangnya kepada cucu-cucunya.

Dengan pernyataan dokter yang menyatakan kemungkinan ia tidak dapat hidup lebih lama lagi, sang kakek kemudian memiliki dua keinginan yang ingin ia wujudkan sebelum dirinya meninggal. Yang pertama yaitu mencari Vanessa, menantunya yang hilang dan meninggalkan anak-anaknya.

Yang kedua, sang kakek juga ingin mencari pengasuh baik yang akan merawat dan membesarkan cucu-cucunya sepenuh hati. Untuk mewujudkan keinginannya, sang kakek pun terbang ke Jakarta yang merupakan negara asal Vanessa untuk mencari keberadaannya.

Namun, Vanessa tidak kunjung ditemukan hingga sang kakek lelah mencarinya dan kembali ke Korea. Sang kakek pun telah berhasil menemukan pengasuh untuk kedua cucunya. Mereka terlihat baik hati dan menyayangi cucu-cucunya dengan kasih sayang.

Hal tersebut membuat kakek semakin yakin untuk melepas hak asuhnya. Lantas, bagaimana kelanjutan cerita sang kakek dengan cucu-cucunya? Apakah sang kakek masih dapat bertemu dengan Vanessa? Kamu bisa tonton film ini selengkapnya di beberapa streaming online di internet, ya!

Info wajib baca: Wajib Kamu Tonton! Berikut 5 Rekomendasi Drakor dan Film Park Shin Hye Terbaik

Film Korea Sedih Tentang Hewan

1. Okja (2017)

Okja (2017)
Source: Film Obsessive

Film ini disutradarai oleh Bong Joon-Ho yang juga merupakan sutradara dari salah satu film Korea terkenal yaitu “Parasite”. Cerita ini diawali oleh seorang gadis kecil yang memelihara seekor babi hasil rekayasa genetik.

Mereka sering menghabiskan waktu bersama layaknya dua bersaudara. Babi hasil rekayasa genetik tersebut diberi nama Okja. Okja pun juga peduli dengan seorang gadis kecil tersebut yang bernama Mija, bahkan Okja pernah menyelamatkan nyawa Mija.

Namun, sebuah perusahaan pengolah makanan yang angkuh sedang ingin memperbaiki krisis makanan dan mereka percaya bahwa dengan menggunakan daging dari hewan hasil rekayasa genetik akan membantu misi mereka.

Tentunya, Mija pun tidak rela jika Okja dijadikan daging cincang yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Akhirnya, Mija bersama organisasi pecinta hewan lainnya memperjuangkan keadilan untuk para hewan-hewan ini.

Bagaimana kisah selanjutnya dari pertentangan dua kubu tersebut? Kamu bisa tonton film ini selengkapnya di Netflix.

2. Film Korea sedih tentang hewan: Mr. Go (2017)

Film Korea sedih tentang hewan: Mr. Go (2017)
Source: IMDb

Film “Mr. Go” ini merupakan gabungan dari industri perfilman Korea Selatan dan China bernama Wei-Wei yang dibesarkan di arena sirkus. Sejak dirinya lahir, ia telah dikenalkan dengan seekor gorila, bernama Ling-Ling, yang berasal dari dataran rendah.

Wei-Wei dan Ling-Ling pun selalu tampil memukau bersama di setiap pertunjukan sirkus. Namun, suatu hari sirkus tersebut mengalami kehancuran dan pemilik sirkus meninggal dunia sebagai korban dari bencana tersebut dan meninggalkan banyak hutang yang kemudian menjadi beban Wei-Wei.

Kemudian, Ling-Ling pun mendapat tawaran untuk menjadi atlet baseball karena memiliki kemampuan menangkap bola yang baik. Wei-Wei dan Ling-Ling pun kemudian terbang ke Korea dan Wei-Wei berjanji akan melunasi hutang-hutang sirkusnya yang dulu dan membangun sirkus yang baru.

Namun, keadannya dengan Ling-Ling di Korea mengalami jatuh bangun. Di Korea sendiri, Ling-Ling kemudian dikenal sebagai Mr. Go. Lalu bagaimana kelanjutan dari perjuangan Wei-Wei dan Ling-Ling? Kamu bisa menonton film ini selengkapnya pada beberapa streaming online di internet.

Info wajib baca: Menyimak Deretan Drama dan Film Terbaru dari Aktor Korea Ternama, Lee Seung-Gi!


Itulah rekomendasi film Korea sedih yang dijamin bikin kamu banjir mata. Jangan lupa siapkan tisu di dekatmu ketika menonton beberapa film di atas, ya!

Nah, kalau kamu mau nonton film Korea tapi nggak suka yang sedih, kamu juga bisa loh tonton beberapa film Korea yang romantis atau film-film Korea dengan komedi yang lucu. Pastinya, nggak bakal kalah seru!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare