...
obat flu paling ampuh
5-min read

12 Rekomendasi Obat Flu yang Paling Ampuh | Mudah Didapatkan di Apotek Terdekat!

obat flu paling ampuh

Ini obat flu paling ampuh yang efektif usir pilek kamu.

Flu, atau influenza adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini sangat umum terjadi di berbagai belahan dunia dan bisa menyerang siapa saja, terutama pada musim tertentu.

Meskipun biasanya flu hanya berlangsung selama beberapa hari hingga seminggu, namun gejalanya dapat membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman. Selain memerlukan istirahat yang cukup, meminum obat flu yang ampuh bisa menjadi solusi untuk meredakan gejalanya.

Oleh karena itu, terdapat beberapa rekomendasi obat flu yang cukup ampuh sehingga dapat meredakan gejala flu dengan lebih cepat. Penasaran apa saja obatnya? Simak terus artikel ini sampai habis, yuk!

Info wajib baca: 8 Penyebab Kepala Kliyengan tapi Tidak Sakit yang Perlu Kamu Ketahui!

Cara Mengatasi Flu

Source: klikdokter.com

Gejala flu umumnya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk meredakan gejala dan mempercepat pemulihan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Istirahat yang cukup: Beri tubuh kamu waktu untuk pulih dengan cukup beristirahat. Jangan terlalu banyak beraktivitas agar tubuh dapat fokus melawan virus.
  • Konsumsi cairan yang cukup: Minum banyak air, jus buah, atau sup hangat dapat membantu mengurangi dehidrasi akibat demam dan mengencerkan lendir di saluran pernapasan.
  • Tetes hidung dan semprotan tenggorokan: Gunakan tetes hidung garam atau semprotan tenggorokan untuk meredakan hidung tersumbat dan nyeri tenggorokan.
  • Berkumur dengan air garam: Berkumurlah dengan air garam hangat untuk membantu meredakan sakit tenggorokan.
  • Obat pereda gejala: Gunakan obat pereda demam dan nyeri yang mengandung Paracetamol atau Ibuprofen untuk meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, dan nyeri tubuh.

Rekomendasi Obat Flu Paling Ampuh yang Tersedia di Apotek

obat flu paling ampuh
Source: parentalk.id

Demi mengusir flu dan pilek yang membandel dengan cepat, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi merk obat flu paling ampuh yang tersedia dan dapat kamu temukan di apotek terdekat:

1. Fluimucil

Fluimucil merupakan obat flu paling ampuh yang mengandung N-acetylcysteine, suatu senyawa yang membantu melonggarkan lendir pada saluran pernapasan. Obat ini efektif untuk meredakan hidung tersumbat dan membantu meringankan batuk. Fluimucil tersedia dalam bentuk tablet efervesen yang mudah larut dalam air sehingga mudah dikonsumsi.

2. Neozep Forte

Neozep Forte adalah obat flu paling ampuh yang mengandung Phenylephrine HCl dan Chlorpheniramine Maleate. Kandungan Phenylephrine HCl berfungsi sebagai dekongestan untuk mengatasi hidung tersumbat, sedangkan Chlorpheniramine Maleate bekerja sebagai antihistamin untuk meredakan gejala alergi. Neozep Forte tersedia dalam bentuk tablet.

3. Telfast

Telfast mengandung Fexofenadine, suatu antihistamin yang bekerja efektif untuk mengurangi gejala alergi yang sering menyertai flu, seperti bersin-bersin dan hidung gatal. Obat ini sangat cocok bagi mereka yang merasa tak nyaman dengan efek kantuk yang umumnya diakibatkan oleh beberapa antihistamin.

4. Komix

Komix adalah obat flu kombinasi yang mengandung Paracetamol, Phenylephrine HCl, dan Chlorpheniramine Maleate. Kombinasi kandungan tersebut membantu meredakan gejala flu, seperti demam, hidung tersumbat, dan pilek. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan sirup.

5. Inza

Inza mengandung Ibuprofen, suatu analgesik dan antipiretik yang ampuh mengurangi demam dan meredakan nyeri akibat flu. Obat ini juga membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Inza tersedia dalam bentuk tablet yang mudah dikonsumsi.

6. Decolgen

Decolgen merupakan obat flu paling ampuh yang mengandung Phenylephrine HCl, Chlorpheniramine Maleate, dan Paracetamol. Kombinasi kandungan ini membantu meredakan hidung tersumbat, batuk, demam, dan nyeri yang sering terjadi saat flu. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan sirup.

7. Histrine

Histrine mengandung Cetirizine, suatu antihistamin yang bekerja efektif mengatasi gejala alergi seperti hidung gatal dan bersin-bersin. Obat ini juga membantu mengurangi pembengkakan pada saluran pernapasan. Histrine tersedia dalam bentuk tablet.

8. Sinarest

Sinarest adalah obat flu kombinasi yang mengandung Paracetamol, Pseudoephedrine HCl, dan Chlorpheniramine Maleate. Kandungan Paracetamol membantu meredakan demam dan nyeri, sementara Pseudoephedrine HCl berfungsi sebagai dekongestan dan Chlorpheniramine Maleate sebagai antihistamin. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet.

9. Actifed

Actifed adalah obat flu kombinasi yang mengandung Triprolidine HCl, Pseudoephedrine HCl, dan Paracetamol. Obat ini bekerja untuk mengatasi hidung tersumbat, batuk, demam, dan gejala alergi lainnya. Actifed tersedia dalam bentuk sirup.

10. Strepsils

Strepsils adalah obat flu yang mengandung Amylmetacresol dan Dichlorobenzyl Alcohol, yang berfungsi membunuh bakteri penyebab infeksi tenggorokan. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet hisap untuk mengurangi nyeri tenggorokan dan meredakan batuk.

Penting untuk selalu membaca aturan pakai dan dosis yang tertera pada kemasan obat. Jika gejala flu tidak kunjung membaik atau semakin parah setelah penggunaan obat, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya.

11. Rhinos SR

Rhinos SR digunakan untuk meredakan gejala hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu, pilek, alergi, dan sinusitis. Obat flu ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet dan memberikan efek yang terbilang cukup ampuh untuk meredakan gejala flu.

Biasanya, obat ini dikonsumsi setelah makan untuk mengurangi risiko iritasi lambung. Namun, ada baiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini, terutama jika kamu memiliki riwayat kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

12. Sanmol

Sanmol digunakan untuk meredakan gejala demam dan nyeri ringan hingga sedang, seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, dan juga gejala flu. Pastikan untuk mengikuti dosis yang tepat ketika mengonsumsi obat ini dan menghindari penggunaan bersamaan dengan obat lain yang mengandung Paracetamol untuk menghindari overdosis.

Info wajib baca: Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda dan Cara Mengatasinya


Nah, itulah rekomendasi obat flu paling ampuh buat redakan pilek kamu. Ingat, selain mengonsumsi obat, istirahat yang cukup dan pola makan yang sehat juga sangat penting agar tubuhmu bisa pulih dengan cepat.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala flu kamu semakin parah atau tidak kunjung membaik. Semoga bermanfaat dan cepat sembuh!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare