...
penyebab lutut sakit di usia muda
5-min read

Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

penyebab lutut sakit di usia muda

Sakit lutut di usia muda? Emang bisa? Apa penyebab lutut sakit di usia muda, ya?

Namanya sakit mulai dari yang ringan sampai yang berat pasti ada penyebabnya, seperti penyebab kaki bengkak pada lansia. Tapi, selain ada penyebab pasti ada solusinya juga, dong, kayak penyebab telat haid dan solusinya.

Kalau penyebab lutut sakit di usia muda? Ada juga, dong! Intip bahasannya berikut!

Sakit lutut pasti jadi sebuah hal yang bikin kita kurang nyaman saat melakukan aktifitas, jadinya nggak maksimal dan mengurangi produktifitas juga. Sebenarnya, sakit lutut itu apa, sih?

Terus apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak sampai habis, ya!

Apa Itu Lutut Sakit?

penyebab lutut sakit di usia muda
Source: KlikDokter

Lutut sakit adalah kondisi medis di mana seseorang mengalami nyeri atau ketidaknyamanan pada bagian lutut. Lutut adalah sendi yang kompleks yang terdiri dari tiga tulang, yaitu tulang paha, tulang kering, dan patela (tulang lutut), serta berbagai jaringan seperti ligamen, tendon, otot, dan kapsul sendi.

Biasanya, lutut yang sakit ditandai dengan keluhan nyeri dan kaku di sekitar area lutut dan sendinya, sehingga sulit untuk digerakkan, alias kaku. Biasanya nyeri pada persendian termasuk lutut ini dialami oleh orang-orang berusia lanjut.

Tapi, bukan nggak mungkin kalau kita yang masih di usia produktif nggak bisa mengalami lutut sakit! Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan lutut sakit di usia muda, mulai dari cedera, sampai infeksi. Apa aja kira-kira?

Info wajib baca: 5 Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah Tanpa Perlu ke Dokter

Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda

penyebab lutut sakit di usia muda
Source: wayhomestudio (Freepik)

Kata siapa lutut sakit cuma bisa dialami sama orang-orang usia lanjut? Orang-orang di usia yang masih muda dan cenderung produktif juga bisa, loh.

Lutut sakit ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari cedera, sampai masalah medis lainnya. Ini dia beberapa faktor penyebab lutut sakit.

1. Penyebab lutut sakit di usia muda, cedera

Cedera adalah salah satu penyebab utama lutut sakit pada orang muda. Cedera dapat terjadi akibat berolahraga, kecelakaan mobil, atau aktivitas fisik lainnya.

Beberapa jenis cedera lutut yang umum termasuk robeknya ligamen atau meniskus, patah tulang, atau kondisi seperti tendinitis patella (radang pada tendon yang menghubungkan tulang paha dengan tulang kering di bagian depan lutut). Jika cedera lutut tidak diobati dengan baik, ini dapat memperburuk kondisi dan bahkan memerlukan operasi.

2. Overuse

Overuse atau penggunaan berlebihan juga dapat menyebabkan lutut sakit pada orang muda. Misalnya, olahraga yang terlalu intens atau berulang-ulang dapat menyebabkan cedera akibat tekanan berlebih pada lutut.

Terlalu sering berlari, melompat atau melakukan gerakan yang terlalu sering atau berulang dapat membuat lutut rentan terhadap cedera.

3. Penyebab lutut sakit di usia muda, berat badan berlebihan

Berat badan yang berlebihan juga dapat mempengaruhi kesehatan lutut. Kelebihan berat badan dapat menempatkan tekanan tambahan pada lutut dan menyebabkan rasa sakit dan kelelahan.

Kamu bisa mulai menurunkan berat badan, dan melakukan beberapa olahraga ringan seperti berjalan kaki. Kegiatan yang satu ini dapat membantu mengurangi stres pada lutut kamu dan mencegah cedera yang mungkin terjadi.

4. Athritis

Arthritis adalah kondisi umum yang dapat mempengaruhi lutut, terutama pada orang yang lebih tua. Tapi, arthritis juga ternyata bisa terjadi pada orang di usia yang muda atau produktif, loh!

Arthritis pada lutut ini biasanya terjadi karena beberapa faktor seperti cedera, kerusakan sendi, atau penyakit autoimun. Arthritis pada lutut bisa menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan bahkan kekakuan pada sendi lutut.

5. Masalah anatomi

Beberapa orang bisa jadi memiliki masalah anatomi tertentu yang dapat menyebabkan lutut mereka sakit. Misalnya, orang dengan lutut bengkok atau kaki yang miring mungkin akan lebih rentan terhadap cedera lutut.

Dengan mengubah postur atau gaya hidup, juga dapat membantu mengurangi tekanan pada lutut kamu dan mengurangi rasa sakit.

6. Penyebab lutut sakit di usia muda, infeksi sendi lutut

Kadang-kadang, infeksi juga bisa menyebabkan lutut sakit, loh. Infeksi bisa terjadi di sendi lutut atau di sekitarnya, dan dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan kemerahan.

Infeksi pada lutut dan sendir ini dapat terjadi akibat luka terbuka, atau infeksi bakteri atau virus lainnya. Pengobatan dengan antibiotik biasanya diperlukan untuk mengobati infeksi pada lutut yang satu ini. Sehingga kamu harus menemui dokter.

Info wajib baca: 13 Cara Diet Sehat Alami, Salah Satunya Minum Air Putih yang Cukup

Solusi Mengatasi Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda

penyebab lutut sakit di usia muda
Source: Freepik

Buat kamu-kamu yang sedang mengalami lutut sakit, nggak usah panik dulu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan yang satu ini. Kamu bisa melakukannya sesuai dengan kondisi sakit lutut yang dialami.

1. Istirahat

Istirahat adalah cara paling sederhana dan efektif untuk mengatasi sakit lutut pada usia muda. Hindari melakukan aktivitas yang memperparah sakit lutut, seperti olahraga berat atau bekerja terlalu lama. Istirahatkan lutut kamu biar bisa pulih dengan baik, dan mempercepat proses penyembuhan.

2. Terapi panas atau dingin

Terapi panas atau dingin juga dapat membantu meredakan sakit lutut pada usia muda. Kamu bisa kompres es pada lututmu selama 15-20 menit setiap kali kamu merasakan sakit lutut, atau gunakan kompres panas untuk mengurangi rasa sakit dan membantu meningkatkan sirkulasi darah.

3. Lakukan latihan ringan

Latihan ringan seperti stretching atau latihan keseimbangan juga bisa membantu memperkuat otot-otot di sekitar lutut dan meningkatkan fleksibilitas. Latihan ini juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah cedera berulang.

4. Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat yang kaya akan nutrisi bisa turut membantu meningkatkan kesehatan lutut dan mempercepat proses penyembuhan.

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, kalsium, dan omega-3, seperti ikan salmon, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah-buahan yang bagus buat tulang dan sendi kamu.

5. Hindari kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan dapat memberikan beban ekstra pada lutut dan menyebabkan sakit lutut pada usia muda. Jadi, usahakan untuk menjaga berat badan yang sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga yang teratur.

6. Gunakan alas kaki yang tepat

Gunakan alas kaki yang tepat dan nyaman saat beraktivitas. Hindari menggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi atau sepatu yang kurang nyaman, karena bisa memperparah sakit lutut yang sedang kamu alami saat ini.

7. Konsultasi dengan dokter atau fisioterapis

Kalau sakit lutut kamu nggak kunjung membaik setelah beberapa hari atau seminggu, segera konsultasikan dengan dokter atau fisioterapis. Mereka dapat membantu mendiagnosis masalah dan memberikan saran tentang perawatan yang tepat untuk kondisi kamu.


Sejatinya, kita sebagai anak muda dan orang-orang usia produktif harus selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola hidup, serta pola makan kita. Karena, semua penyakit termasuk sakit lutut di usia muda juga pasti dipengaruhi oleh faktor-faktor yang menyangkut dari kedua hal tersebut.

Kamu yang sedang mengalami lutut sakit bisa coba ikuti beberapa saran di atas sebelum menemui dokter, ya! Semoga artikel di atas bermanfaat, gaes!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare