...
ciri flu Singapura sudah sembuh
5-min read

Penjelasan tentang Flu Singapura dan Cara Mencegahnya

ciri flu Singapura sudah sembuh

Ketahui ciri-ciri Flu singapura sudah sembuh dalam artikel berikut, yuk, gaes!

Gaes, apakah kamu sudah mengetahui tentang flu Singapura? Ya, meski namanya terdengar asing di telinga kita, ternyata penyakit ini cukup sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya itu, flu Singapura juga dapat menular secara mudah kepada orang lain jika tidak ditangani dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, langsung simak penjelasan lengkap tentang flu Singapura dan cara mencegahnya yang akan kami bahas kali ini. Jangan sampai tertular ya!

Apa yang Dimaksud dengan Flu Singapura?

Apa yang Dimaksud dengan Flu Singapura?
Source: KlikDokter

Flu Singapura adalah sejenis virus yang dapat menyebabkan gejala seperti influenza, yaitu demam, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Virus ini mulai berkembang di Singapura pada tahun 1997 dan sejak saat itu telah tersebar ke berbagai negara.

Meskipun begitu, penyebaran virus ini masih belum diketahui secara pasti. Pada umumnya, orang-orang yang terinfeksi flu Singapura akan sembuh sendiri dalam waktu 2-3 minggu. Namun, beberapa kasus menunjukkan bahwa virus ini dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius seperti pneumonia atau bronkitis.

Oleh karena itu, penting untuk mencegah infeksi dengan flu Singapura agar tidak terjadi komplikasi yang lebih serius.

Gejala-gejala Flu Singapura

Gejala-gejala Flu Singapura
Source: Coastal Urgent Care Houma

Flu Singapura, juga dikenal sebagai flu tiga hari, merupakan penyakit virus pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza tipe B. Berikut adalah beberapa gejala yang dapat terjadi pada penderita flu Singapura:

1. Demam

Gejala pertama pada penderita flu Singapura ialah demam. Demam adalah gejala umum pada flu Singapura dan bisa mencapai suhu 38-40 derajat Celsius. Demam dapat membuat penderita merasa lelah, menggigil, berkeringat, dan mengalami sakit kepala.

2. Batuk dan pilek

Batuk dan pilek dapat disertai dengan hidung tersumbat atau meler, sakit tenggorokan, dan bersin-bersin. Gejala ini dapat berlangsung selama beberapa hari dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada penderita.

3. Muncul luka atau bintik merah pada beberapa bagian tubuh

Saat seseorang mengidap flu Singapura, terutama anak-anak, maka tubuhnya dapat menimbulkan beberapa gejala. Salah satunya yaitu adanya luka seperti lepuhan pada lidah, gusi, dan bagian dalam pipi. Luka ini umumnya berwarna merah.

4. Sakit kepala dan sakit tubuh

Penderita flu Singapura dapat merasakan sakit kepala dan sakit tubuh, seperti sakit otot, sendi, dan punggung. Gejala ini dapat berlangsung selama beberapa hari dan menyebabkan ketidaknyamanan pada penderita.

4. Kelelahan

Kelelahan juga merupakan gejala umum pada flu Singapura dan dapat menyebabkan penderita merasa lelah dan kurang bertenaga. Hal ini dapat berlangsung selama beberapa hari bahkan setelah gejala lainnya sudah membaik.

5. Mual dan muntah

Beberapa penderita flu Singapura dapat mengalami gejala mual dan muntah. Gejala ini biasanya ringan dan berlangsung selama beberapa hari.

Info wajib baca: 8 Penyebab Kepala Kliyengan tapi Tidak Sakit yang Perlu Kamu Ketahui!

Ciri-ciri Flu Singapura Sudah Sembuh

Ciri-ciri Flu Singapura Sudah Sembuh
Source: Farmaku

Setelah mengalami flu Singapura, penderita umumnya dapat sembuh dalam waktu 3-5 hari. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa seseorang sudah sembuh dari flu Singapura:

1. Ciri-ciri flu Singapura sudah sembuh: Suhu tubuh kembali normal

Suhu tubuh yang normal adalah antara 36,5 – 37,5 derajat Celsius. Jika suhu tubuh sudah kembali normal dan tidak ada demam, maka itu bisa menjadi tanda bahwa penderita sudah sembuh dari flu Singapura.

2. Ciri-ciri flu Singapura sudah sembuh: Tidak ada lagi gejala flu

Gejala flu Singapura seperti batuk, pilek, sakit kepala, dan sakit tubuh akan hilang secara bertahap. Jika penderita sudah tidak lagi mengalami gejala flu, itu bisa menjadi tanda bahwa penderita sudah sembuh dari flu Singapura.

3. Ciri-ciri flu Singapura sudah sembuh: Tidak merasa lelah

Kelelahan adalah gejala umum pada flu Singapura dan dapat berlangsung selama beberapa hari. Jika penderita sudah tidak lagi merasa lelah dan kelelahan, itu bisa menjadi tanda bahwa penderita sudah sembuh dari flu Singapura.

Agar badan kembali fit, coba tips mengatasi badan lemas, ya.

4. Ciri-ciri flu Singapura sudah sembuh: Makan dengan normal

Pada saat mengalami flu Singapura, mungkin penderita merasa tidak nafsu makan atau makan sedikit karena gejala-gejala yang dirasakan. Jika penderita sudah bisa makan dengan normal seperti biasanya, itu bisa menjadi tanda bahwa penderita sudah sembuh dari flu Singapura.

5. Ciri-ciri flu Singapura sudah sembuh: Melakukan aktivitas seperti biasa

Setelah sembuh dari flu Singapura, penderita bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa tanpa merasa lelah atau terganggu oleh gejala flu lainnya.

6. Ciri-ciri flu Singapura sudah sembuh: Merasa bugar

Penderita flu Singapura mungkin merasa sangat lelah dan lesu selama masa penyakit. Jika penderita sudah merasa bugar dan berenergi, maka itu merupakan tanda bahwa penderita sudah sembuh.

Info wajib baca: Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Cara Mencegah Flu Singapura

Cara Mencegah Flu Singapura
Source: The Toronto Star

1. Cuci tangan secara teratur

Flu Singapura menyebar melalui tetesan udara dan kontak dengan permukaan yang terkontaminasi virus. Oleh karena itu, cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik dapat membantu menghindari penyebaran virus.

2. Hindari kontak dengan orang yang sakit

Jika kamu mengetahui seseorang yang sedang sakit dengan flu Singapura, hindari kontak dekat dengan orang tersebut untuk menghindari penyebaran virus.

3. Menggunakan masker

Saat berada di tempat umum atau dalam kerumunan orang sebaiknya memakai masker. Penggunaan masker ini untuk melindungi diri sendiri dari tetesan udara yang dapat membawa virus flu Singapura.

4. Hindari berbagi barang pribadi

Jangan berbagi peralatan makan atau minum, handuk, atau barang pribadi lainnya dengan orang lain, terutama jika orang tersebut sedang sakit.

5. Tingkatkan daya tahan tubuh

Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, dan olahraga secara teratur. Hal ini dapat membantu menjaga tubuh kamu tetap sehat dan menghindari infeksi virus, termasuk flu Singapura.

6. Terapkan etika batuk dan bersin yang benar

Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin, dan hindari menahan napas saat batuk atau bersin. Gunakan tisu atau lengan bagian dalam saat batuk atau bersin dan jangan langsung menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi.

7. Segera istirahat dan jangan menyebar penyakit

Jika kamu merasa sakit atau mengalami gejala flu, segera istirahat dan jangan menyebar penyakit ini kepada orang lain. Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin, dan hindari berbagi barang pribadi atau kontak dekat dengan orang lain.


Nah, itu dia, gaes, rangkuman informasi terkait flu Singapura beserta gejala, ciri-ciri saat sudah sembuh, dan cara mencegahnya. Penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh secara jasmani dan rohani agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare