...
sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita
5-min read

Mengenal Gejala dan Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah pada Wanita

sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita

Kira-kira apa penyebab dan gimana cara mengatasi sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita?

Apakah kamu pernah mengalami rasa sakit yang tidak nyaman di perut sebelah kiri bawah? Jangan khawatir, kamu nggak sendirian. Sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita seringkali menjadi isu yang kompleks dan membingungkan, sama dengan penyebab dada kiri sakit pada wanita.

Namun, meskipun gejalanya dapat berbeda-beda untuk setiap individu, penting bagi kita untuk lebih memahami apa saja faktor penyebabnya. Kali ini, Kostmin ada informasi serta saran untuk menghadapi masalah ini dengan bijak.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah pada Wanita

Sakit perut pada area sebelah kiri bawah pada wanita dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan masalah kesehatan. Beberapa di antaranya termasuk:

1. Sindrom usus buntu

Sindrom usus buntu adalah kondisi serius yang memerlukan penanganan segera. Ini terjadi ketika usus buntu, suatu organ kecil berbentuk tabung di perut sebelah kanan bawah, menjadi meradang atau tersumbat.

Namun, ada kasus jarang di mana usus buntu mungkin berada di sisi kiri tubuh (situs inversus). Gejalanya meliputi nyeri mendalam di perut sebelah kiri bawah, mual, muntah, demam, dan ketidaknyamanan saat batuk atau bersin.

2. Kista ovarium

Kista ovarium adalah benjolan berisi cairan yang terbentuk di ovarium (indung telur). Kadang-kadang, kista dapat menyebabkan rasa sakit pada perut sebelah kiri bawah, terutama jika kista pecah atau membesar.

Wanita dengan kista ovarium juga dapat mengalami perdarahan tidak teratur, sakit saat berhubungan seks, atau gangguan pencernaan.

3. Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita: Endometriosis

sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita
Source: Haibunda

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan yang menyerupai lapisan rahim tumbuh di luar rahim. Ketika jaringan ini tumbuh pada ovarium atau area lain di sekitar rahim, dapat menyebabkan nyeri panggul kronis, termasuk sakit di perut sebelah kiri bawah.

Gejala lainnya termasuk nyeri saat menstruasi, nyeri panggul saat berhubungan seks, dan gangguan pada sistem pencernaan.

Info wajib baca: 6 Penyebab Dada Kiri Sakit pada Wanita dan Kenali Kenapa Dada Seseorang Bisa Sakit

4. Kram menstruasi

Penyebab yang satu ini umum dialami oleh para perempuan yang sedang mengalami menstruasi. Tapi, walaupun intensitasnya kadang bisa mengganggu, kram yang satu ini cenderung nggak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya hari menstruasi.

Tapi, kalau kram mulai mengganggu aktivitas harian, gejala yang bertambah buruk seiring waktu, dan kamu yang telah berusia lebih dari 25 tahun mengalami kram yang mulai bertambah parah, segera konsultasikan ke dokter, ya.

5. Kehamilan ektopik

Penyebab yang satu ini disebabkan oleh sel telur yang telah dibuahi menanamkan dirinya sendiri sebelum mencapai rahim, dan biasanya terjadi pada tuba falopi yang menghubungkan ovarium ke uterus.

Gejala yang biasa ditimbulkan adalah sakit perut, menstruasi yang terlewat, tidak nyaman saat buang air kecil atau besar, pendarahan pada vagina, dan nyeri bahu di bagian ujung. Kalau sudah begini, lebih baik kamu segera pergi untuk mendapat pertolongan medis.

Bagaimana Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah pada Wanita?

Kalau kamu mengalami rasa sakit yang satu ini, pasti bakalan bertanya-tanya, gimana, sih, cara untuk mengatasinya dengan mudah biar nggak mengganggu kegiatan sehari-hari? Tenang, Kostmin kasih solusinya yang bisa jadi pertolongan pertama buat kamu, disimak, ya!

1. Banyak minum air putih

Apapun sakitnya, minumnya, air putih! Ya, air putih selain menghidrasi, dipercaya bisa membantu pemulihan penyakit. Tapi, tetap dengan catatan ada minuman yang parlu kamu hindari.

Selain memperbanyak minum air putih, kamu juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol, kafein, dan soda. Dengan begitu, sakit perut sebelah kiri bawah kamu akan berkurang sedikit demi sedikit.

2. Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita: Kompres hangat atau dingin

Kamu juga bisa kompres bagian yang sakit dengan air hangat atau dingin, terutama jika kamu sedang mengalami sakit kram akibat menstruasi.

Selain dikompres, kamu juga disarankan untuk mandi dengan menggunakan air hangat agar sakit yang kamu rasakan berkurang sedikit demi sedikit.

3. Minum air jahe

cara membuat password
Source: Alodokter

Menurut bebrapa penelitia, ternyata jahe memiliki bahan kimia yang dapat mengurangi mual dan peradangan. Jahe juga bisa menjadi obat sakit perut alami yang efektif untuk beberapa jenis sakit perut, salah satunya adalah sakit perut bagian berikut yang terjadi pada pada wanita.

Kamu cukup tambahkan irisan jahe kupas ke dalam teh panas atau air panas biasa, alu ditambah dengan madu biar rasanya enak.

Tapi kalau nggak mau pake jahe utuh dan lebih praktis, kamu bisa konsumsi suplemen jahe yang berbentuk kapsul atau bubuk, dengan catatan perhari kamu tidak mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari.

Info wajib baca: Jangan Panik, Ini 10 Gejala Infeksi Saluran Kemih dan Cara Mengatasinya

4. Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita: Air lemon

Nggak cuma bisa menyegarkan, ternyata air lemon juga bisa jadi salah satu obat untuk mengatasi sakit perut yang dialami pada wanita, loh! Kandungan asam yang ada di dalam lemon dapat meningkatkan produksi asam hidroklorik, sehingga makanan dapat tercerna secara optimal.

Selain itu, mengonsumsi air lemon juga bisa membantu menghidrasi tubuh, dengan begitu, tidak terjadi dehidrasi dan membuat sistem pencernaan pun dapat berjalan dengan lebih maksimal.

5. Teh chamomile

Mengonsumsi teh yang satu ini juga dapat membantu mengurangi nyeri pada perut kiri bawah, karena kandungan yang ada teh chamomile dipercaya mampu untuk mengendurkan otot pada sekitar sistem pencernaan. Dengan begitu, saluran pencernaan bisa bekerja dengan maksimal dan kram perut akan berkurang.

Kamu bisa minum teh chamomile yang sudah dikemas dan sudah jadi, atau kamu bisa bikin sendiri dengan cara merendam kantong teh yang sudah jadi atau 1 sendok makan daun chamomile kering dalam 1 cangkir air panas selama 5 menit.

Untuk bisa merasakan manfaatnya, kamu bisa minum dua cangkir teh chamomile setiap hari agar bisa membantu meredakan sakit perut secara alami.


Itu dia cara mengatasi sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita, kalo yang sakit perut bagian sebelahnya? Simak cara mengatasi sakit perut sebelah kanan biar kamu bisa beraktivitas dengan baik lagi, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Jakarta Barat Murah

Kost Bekasi Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare