...
cara agar tidak menjadi beban keluarga
5-min read

Menjadi Pribadi Mandiri dan Bertanggung Jawab: Cara Agar Tidak Menjadi Beban Keluarga

cara agar tidak menjadi beban keluarga

Cara agar tidak menjadi beban keluarga, bikin kamu jadi pribadi yang lebih mandiri dan bertanggung jawab!

Apa kamu mau jadi pribadi mandiri yang nggak cuma bikin diri sendiri bangga, tapi juga nggak membebani keluarga? Kalo gitu, cara agar tidak menjadi beban keluarga ini harus kamu simak baik-baik!

Bersiaplah untuk belajar tips-tips penting agar kamu dapat meringankan beban keluarga dan meraih kebebasan finansial secara bersamaan. Jadi, mari kita mulai perjalanan menuju menjadi seseorang yang bisa diandalkan dan memberikan kontribusi positif bagi mereka yang kita cintai!

Sekilas Tentang Beban Keluarga

cara agar tidak menjadi beban keluarga
Source: PCMag

Sering denger istilah yang satu ini? Kamu para millenialdan gen z pasti sering nemuin istilah berikut di sosial media, maupun kehidupan nyata. Sebenernya, beban keluarga ini apa, sih?

Istilah beban keluarga merupakan panggilan atau olokan, yang sering digunakan kepada orang yang dianggap tidak memiliki kontribusi apapun di keluarganya.

Istilah tersebut sering digunakan terutama kepada seseorang yang telah berkepala dua (20 tahun an) atau lebih yang nggak memiliki penghasilan dan masih tinggal di rumah orang tua.

Di mana orang-orang ini cenderung malas atau bahkan tersinggung ketika disuruh untuk mencari kerja, serta nggak membantu pekerjaan rumah tangga seperti sesederhana membereskan rumah. Para “beban keluarga” ini cenderung terjebak di zona nyaman.

Zona nyaman apa tuh, min? Zona nyaman yang dimaksud adalah posisi di mana ia lebih memilih untuk menganggur dan bermalas-malasan di rumah, hanya keluar untuk pergi bermain atau nongkrong tanpa alasan yang jelas.

Menjadi “beban keluarga sendiri” sebenarnya adalah sebuah pilihan seseorang, walaupun julukan ini biasanya berupa ejekan untuk orang-orang yang memilih untuk tidak berkontribusi apa-apa dalam keluarganya, julukan ini nggak bisa kamu pakai sembarangan.

Info wajib baca: Sinopsis Keluarga Cemara: Kisah Inspiratif yang Menggetarkan Hati

Pengaruh julukan “beban keluarga” pada mental seseorang

Istilah ini sendiri nggak bisa kamu gunakan untuk mengejek orang sembarangan, ya, gaes. Apabila istilah tersebut digunakan kepada anggota keluarga yang sedang berusaha mencari kerja maupun sedang kuliah, tentunya hal tersebut bisa mengakibatkan stress yang menumpuk hingga depresi.

Bahkan penggunaan istilah ‘Beban Keluarga’ yang secara sengaja untuk merendahkan seseorang, hal tersebut bisa mengakibatkan lingkungan keluarga menjadi tidak harmonis.

Untuk mengatasi dampak negatif yang terjadi karena istilah ‘Beban Keluarga’, kamu bisa lakukan cara agar nggak jadi orang yang menerima istilah berikut ini. Penasaran gimana cara agar tidak menjadi beban keluarga?

Bagaimana Cara Agar Tidak Menjadi Beban Keluarga?

Siapa, sih yang nggak mau bermanfaat bagi keluarganya? Pasi hampir semua orang mau membanggakan keluarga dan diri mereka sendiri, tapi, gimana caranya biar hal ini bisa tercapai? Nah, kamu bisa lakuin beberapa cara agar tidak menjadi beban keluarga berikut ini!

1. Melakukan pekerjaan rumah

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk berkontribusi dalam keluarga adalah ikut mengerjakan pekerjaan rumah. Pekerjaan rumah yang dimaksud adalah cuci piring, menyetrika, cuci, baju, dan semacamnya. Bisa juga bantu masak resep gulai kambing yang enak bareng ibumu di dapur!

Ketika kecil, kamu mungkin masih harus disuruh untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tapi ketika dewasa, jangan sampai orangtua masih harus mendikte apa yang harusnya kamu lakukan di rumah sendiri untuk sekedar bantu-bantu. Jadi, bangun inisiatifmu supaya tidak menjadi beban keluarga dair hal kecil ini.

2. Cari kesibukan yang positif

Belum dapet kerja? Nggak masalah, kok. Di waktu-waktu menganggur ini kamu bisa cari kesibukan yang positif dan memberikan manfaat buat mengembangkan diri atau bakan kemampuanmu. Pastinya hal ini lebih baik daripada kamu cuma berdiam diri dan bermalas-malasan di rumah.

Kamu bisa ikut kegianat kerelawanan, atau mungkin mengikuti bootcamp untuk mengasah kemampuanmu dalam bidang tertentu yang nantinya bisa berguna buatmu mencari dan mendapatkan pekerjaan.

3. Mencari beasiswa

Kamu mau coba lebih mandiri dan nggak mau ngerepotin orang tua soal urusan biaya kuliah atau sekolah? Nah, kamu bisa coba cari beasiswa yang dapat membantu meringankan biaya kuliah atau sekolahmu.

Dengan mencari beasiswa, kamu bisa turut meringankan beban finansial orang tuamu, sekaligus juga bikin bangga dirimu sendiri, apalagi jika kamu dapet beasiswa jalur prestasi!

4. Selesaikan masalahmu sendiri

kue anniversary simple kecil
Source: Materi konseling

Mungkin banyak orang terlalu dimanjakan oleh orang tua mereka, di mana anak akan dilindungi dan ditamengi dari segala masalah yang menimpa oleh orang tuanya, tapi seiring berjalannya waktu dan makin dewasa kamu, harusnya kamu sudah bisa selesaikan masalah pribadi tanpa campur tangan orang tua.

Dengan menyelesaikan masalahmu sendiri apalagi yang awal terjadinya gara-gara kamu, ini bisa melatih mental serta tanggung jawab kamu dalam menghadapi sebuah masalah. Caramu menyelesaikannya juga akan diuji. Apakah kamu bisa bertanggungjawab sendiri atau masih harus menyeret orang tuamu.

Info wajib baca: 10 Cara Mengatasi Anxiety Kambuh, Kenali Penjelasannya

5. Mencari pekerjaan

Terus-terusan diem di rumah emang kurang baik, apa lagi kalo kamu punya berbagai kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi. Buat beberapa orang di umur tertentu, biasanya menadahkan tangan pada orang tua untuk memenuhi kebutuhan pribadi jadi sebuahhal yang agak memalukan.

Nah, biar nggak sungkan dan kamu bisa beli kebutuhan pribadi walaupun masih tinggal di rumah orang tua, kamu bisa mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu. Nggak ada salahnya buat ambil magang buat cari pengalaman, tapi usahakan cari pengalaman magan yang dibayar, ya.

6. Memenuhi kebutuhan pribadi

Masih nyangkut soal mencari pekerjaan, kalau udah dapet pekerjaan magang atau paruh waktu, kamu berarti udah bisa mulai memenuhi kebutuhan ribadi.

Nggak usah buru-buru mau membantu finansial keluarga dulu, karena dengan kamu memenuhi kebutuhan pribadi menggunakan uang sendiri itu udah bisa membantu meringankan beban finansial orang tuamu.

Memenuhi kebutuhan pribadi dengan uang yang kamu hasilkan sendiri juga bisa jadi sebuah kebanggaan buatmu, dan kamu juga bisa jadi lebih bebas menentukan mau digunakan untuk apa uang atau gaji yang kamu miliki tanpa bergantung pada orang tua.

7. Jangan terlalu mengandalkan orang tua

Ingat, kamu udah bukan anak kecil lagi yang segala sesuatunya masih harus diisi dengan campur tangan orang tua. Kmau harus bisa mulai mengandalkan dirimu sendiri dalma berbagai aspek, mulai dari manajemen waktu yang paling sederhana, sampai soal pekerjaan.

Maksudnya mengandalkan orang tua di sini, kamu nggak bisa terus bergantung seperti anak kecil pada orang tuamu, misal sesederhana bangun pagi, kamu harus mulai terbiasa bangun sendiri dengan alarm tanpa harus dibangunin sama ibumu.


Nah, semoga tips-tips tentang cara agar tidak menjadi beban keluarga di atas berguna buatmu dan bisa lebih mengembangkan dirimu, ya! Nggak ada salahnya jadi deket dengan orang tua dan keluarga, tapi harus dengan cara yang asik, misal nonton film bioskop Februari sama-sama!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare