...
sinopsis keluarga cemara
5-min read

Sinopsis Keluarga Cemara: Kisah Inspiratif yang Menggetarkan Hati

sinopsis keluarga cemara

Sinopsis ‘Keluarga Cemara’, film dengan kisah inspiratif buat para keluarga.

Dalam hiruk-pikuk kehidupan modern, seringkali kita lupa untuk kembali menghargai nilai-nilai keluarga dan arti dari kebersamaan. Nggak ada salahnya menelusuri sinopsis ‘Keluarga Cemara’, yaitu sebuah film dengan kisah inspiratif yang menggetarkan hati.

Film ini mengingatkan kita akan pentingnya cinta dan dedikasi dalam menjaga hubungan keluarga. Dari setiap adegannya yang penuh emosi hingga pesan moral yang disampaikan, membuat film ini begitu spesial dan patut ditonton oleh siapapun. Yuk, mari simak sinopsis Keluarga Cemara secara lengkap!

Sinopsis ‘Keluarga Cemara’

sinopsis keluarga cemara
Source: Layar.id

‘Keluarga Cemara’ mengisahkan perjalanan hidup keluarga kecil yang sederhana dan penuh cinta, yaitu keluarga Cemara. Film ini berfokus pada kehidupan mereka setelah mengalami perubahan yang signifikan dalam situasi ekonomi dan sosial mereka.

Cerita dimulai dengan keluarga Cemara yang terdiri dari Abah (Ringgo Agus Rahman), Emak (Nirina Zubir), Euis (Adhisty Zara) dan Ara atau Cemara (Widuri Sasono) yang awalnya, mereka hidup bahagia dengan sederhana di kota.

Namun, kebahagiaan mereka tiba-tiba runtuh ketika Abah mendapat musaibah akibat rumah beserta hartanya dirampas oleh debt collector untuk melunasi hutang-hutang dari kakak iparnya. Keluarga Cemara terpaksa harus pindah ke sebuah desa yang lumayan terpencil.

Karena pindah rumah, amak dengan terpaksa Euis dan Ara juga turut pindah sekolah. Awalnya Euis tidak terima dengan sekolah barunya yang berada di desa dan tidak modern. Namun perlahan ia mulai terbiasa dan menerima keadaan.

Meskipun mengalami masa sulit, keluarga Cemara ini tetap bersatu dan berusaha melalui setiap rintangan dengan penuh semangat dan optimisme. Abah berjuang mencari pekerjaan baru. Awalnya ia jadi kuli bangunan, namun tertimpa musibah karena jatuh saat melakukan pekerjaan.

Tapi nggak lama, Abah sembuh lalu beralih profesi menjadi driver ojek online, sementara Emak berusaha berjualan opak untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi keluarganya. Di sisi lain, emak juga sedang hamil anak ketiga.

Dalam perjalanan hidup mereka, keluarga Cemara juga menghadapi berbagai masalah yang membuat prinsip mereka tentang ‘harta yang paling berharga adalah keluarga’ menjadi goyah.

Tapi semua hal itu bisa dilewati oleh Keluarga Cemara dengan komunikasi yang baik setiap kali ada masalah. Mereka juga belajar untuk lebih menghargai keadaan dan apa yang ada saat ini.

Info wajib baca: Kumpulan Film Reza Rahadian yang Wajib Masuk Daftar Tontonan Kamu

Pemeran dalam film ‘Keluarga Cemara’

Ringgo Agus Rahman sebagai Abah

Nirina Zubir sebagai Emak

Adhisty Zara sebagai Euis

Widuri Sasono sebagai Ara atau Cemara

Asri Welas sebagai Ceu’ Salma

Yasamin Jasem sebagai Rindu

Maudy Koesnaedi sebagai Tante Pressier

Andrew Trigg sebagai Luc

Kafin Sulthan sebagai Deni

Gading Marten sebagai Guru Bahasa Inggris

Arti dari Kalimat Sebutan ‘Keluarga Cemara’?

sinopsis keluarga cemara
Source: Greeners.co

Kamu pasti nggak jarang denger soal sebutan ‘keluarga cemara’, kan? Sebenernya, apa, sih, arti dari sebutan ‘keluarga cemara’ ini?

Sebutan ‘keluarga cemara’ ini sendiri bukan semata-mata berarti merujuk pada orang-orang yang tinggal di dataran tinggi dengan banyak pohon cemara di sekitar lingkungannya, tapi lebih ke sebutan untuk keluarga tertentu.

Kalimat sebutan ‘keluarga cemara’ ini sendiri banyak digunakan oleh anak-anak gaul untuk menyebut keluarga seseorang yang harmonis dan hangat, serta anggota keluarganya dekat satu sama lain. Hal ini merujuk pada film yang baru kita bahas.

Di mana film dengan judul ‘Keluarga Cemara’ ini memperlihatkan kondisi dan situasi dari sebuah keluarga yang tetap bersatu, harmonis, dan bahagia walaupun sedang diterpa musibah.

Maksud dari kata ‘cemara’ dari kalimat sebutan tersebut adalah keluarga tersebut hidup seperti sebuah pohon cemara, yaitu pohon yang kokoh, hijau, dan teduh sepanjang tahun baik cuaca dingin, maupun panas.

Dengan hijau dan teduhnya pohon cemara, ini menandakan keluarga tersebut senantiasa hidup dan tumbuh dalam kasih sayang sebagai sesama anggota keluarga dan berhubungan erat satu sama lain selamanya.

Info wajib baca: Rekomendasi 5 Film dan Acara TV yang Dimainkan oleh Kento Yamazaki | Nyesel Kalau Nggak Nonton!

Fakta Menarik Film ‘Keluarga Cemara’

Setelah liat sinopsis sampai ke definisi sebenarnya dari sebutan ‘keluarga cemara’, pasti kamu penasaran, dong, apa aja hal menarik di balik film yang satu ini? Mulai dari diangkat menjadi sinetron sebelum jadi film, hingga dapat banyak penghargaan, simak fakta menarik film keluarga yang satu ini, yuk!

1. Diangkat dari cerita Arswendo Atmowiloto jadi sinetron

‘Keluarga Cemara’ awalnya merupakan sebuah cerita novel karya Arswendo Atmowiloto. Awalnya, cerita ‘Keluarga Cemara’ diangkat menjadi serial sinetron televisi yang bertahan cukup lama di stasiun televisi, yaitu dari sekitar tahun 1996 sampai tahun 2005.

2. Punya dua film dan satu serial

Cerita ini sendiri saat ini memiliki dua film layar lebar, yaitu ‘Keluarga Cemara’ dan ‘Keluarga Cemara 2’. Karena kesuksesan kedua film layar lebarnya ini, film ‘Keluarga Cemara’ kembali dijadikan sebuah serial yang di mana, ceritanya akan lebih luas dan nggak cuma membahas soal keluarga dari Abah dan Emak.

3. Cerita yang diubah

Cerita yang disajikan dalam film serta serial terbaerunya ini sedikit diubah, terutama pada latar tempat dan waktu, serta keadaan yang jadi lebih modern. Tapi walaupun begitu, hal ini nggak mengurangi esensi dan pesan yang ingin disampaikan.

4. Dapat banyak penghargaan dan jadi film terlaris di 2019

Film yang satu ini mendapatkan lumayan banyak penghargaan, di antaranya pada Festival Film Indonesia 2019 dengan kategori Skenario Adaptasi Terbaik dan Lagu Tema Terbaik “Harta Berharga”.

Juga menyabet penghargaan di Piala Maya 2019 memenangkan Film Cerita Panjang/Film Bioskop Terpilih, Penyutradaraan Berbakat Film Panjang Karya Perdana, Skenario Adaptasi Terpilih, Tata Musik Terpilih, Lagu Tema Terpilih, dan Aktor/Aktris Cilik/Remaja Terpilih.

Selain itu, film ini juga jadi film terlaris di tahun 2019 lalu yang berhasil menggaet perolehan sekitar 1,7 juta penonton.


Kamu yang suka film-film Indonesia juga bisa nonton film-film Ernest Prakasa yang nggak kalah menarik, atau kalau mau cari film anak-anak muda, bisa nonton film yang dibintangi Angga Yunanda!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare