...
manfaat dataran tinggi
5-min read

Inilah Beberapa Manfaat Dataran Tinggi, Bisa untuk Perkebunan dan Peternakan

manfaat dataran tinggi

Ternyata manfaat dataran tinggi itu sangat beragam, lho, termasuk untuk perkebunan.

Manfaat dataran tinggi memang cocok buat digunakan tempat wisata, karena memang mempunyai cuaca yang dingin dan sejuk, ditambah dengan curah hujan rendah. Perlu diketahui, dataran tinggi ini dataran yang mempunyai ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut.

Nah, dengan tingginya yang lebih dari 500 meter itu membuat dataran tinggi ini mempunyai banyak manfaat, bahkan berguna bagi kepentingan manusia. Lalu, kira-kira apa saja manfaat yang dimaksud itu, ya? Cek informasinya di bawah ini agar kamu mengetahuinya lebih detail dan jelas.

Info wajib baca: Mengenal Syekh Siti Jenar, Mulai dari Asal-Usul hingga Pendidikannya

Manfaat Dataran Tinggi

manfaat dataran tinggi
Source: Grid.ID

Bukan hanya sebagai perkebunan dan peternakan saja, ternyata terdapat beberapa manfaat dari dataran tinggi yang perlu kamu ketahui, lho, berikut di antaranya:

1. Manfaat dataran tinggi: Tempat wisata

Pertama, manfaat dataran tinggi yang pasti banyak dilakukan adalah membangun tempat wisata. Di mana hal ini pasti sudah sering kita jumpai di dataran tinggi yang ada di Indonesia.

Dengan adanya tempat wisata di dataran tinggi ini membuat wisatawan bisa menikmati keindahan dari ketinggian, ditambah udaranya yang sejuk yang pasti membuat pengunjung betah. Jadi, jangan kaget kalau banyak pengunjung yang ingin berlibur di dataran tinggi.

2. Perkebunan

Selanjutnya, ada perkebunan, yang menjadi salah satu manfaat lainnya dari dataran tinggi ini. Memiliki kualitas tanah yang baik, subur, dan bagus, membuat dataran tinggi ini menjadi lokasi yang pas untuk perkebunan.

Jadi, banyak petani atau penduduk lokal yang menanam sayuran, teh, kopi, umbi-umbian, stroberi, apel, dan yang lainnya. Sehingga hal ini bisa menjadi sumber mata pencaharian yang baik untuk warga setempat.

3. Manfaat dataran tinggi: Perhutanan

Perhutanan, menjadi manfaat dataran tinggi berikutnya. Hutan lindung yang indah dan lebat adalah ciri khas dari dataran tinggi ini.

Selain itu, juga menjadi rumah bagi banyak makhluk hidup. Manfaat hutan di dataran tinggi adalah mencegah erosi. Oleh karena itu, dataran tinggi dengan pepohonan adalah kombinasi yang cocok dan sesuai.

4. Peternakan

manfaat dataran tinggi
Source: Grid.ID

Selain itu, dataran tinggi juga dapat dimanfaatkan sebagai lahan peternakan. Hal ini disebabkan oleh iklim yang sejuk dan tanah yang luas di dataran tinggi, yang membuat banyak makanan tersedia untuk hewan ternak.

Hewan ternak seperti domba, sapi, kambing, kerbau, dan kuda dapat tumbuh dan tinggal di dataran tinggi. Jadi, jangan kaget kalau kamu berkunjung ke dataran tinggi menemukan berbagai hewan ternak.

5. Hortikultura

Salah satu keuntungan dataran tinggi yang lainnya adalah bahwa lokas ini dapat digunakan untuk menanam satu jenis tanaman di area yang luas. Dengan banyak keuntungan, pertanian sangat cocok untuk dataran tinggi.

Iklimnya yang dingin dan tanah subur membuatnya menjadi tempat ideal untuk menanam tanaman semusim.

Info wajib baca: Mengenal Eating Disorder: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

6. Mata pencaharian

Mata pencaharian juga menjadi salah satu dari adanya dataran tinggi ini. Di mana penduduk lokal atau setempat bisa membuka usaha atau berjualan untuk keperluan wisatawan.

Penduduk setempat bisa berjualan dari jasa, layanan, bahkan oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Nah, dengan begitu dapat membuka mata pencaharian atau adanya lapangan pekerjaan.

Ciri-Ciri Dataran Tinggi

manfaat dataran tinggi
Source: Katadata.co.id

Selain tadi menjelaskan mengenai manfaatnya, sekarang giliran kamu mengenali bagaimana ciri-ciri dataran tinggi itu. Berikut ini beberapa ciri di antaranya:

1. Kelembapan

Kelembapan yang masih cukup rendah adalah salah satu ciri-ciri dataran tinggi. Hal ini berbeda dari dataran lainnya karena jumlah uap air di udara menjadi lebih rendah.

2. Iklim yang sejuk

Selanjutnya, tempat dataran tinggi biasanya memiliki iklim yang sejuk dan menarik banyak wisatawan untuk menikmati udara sejuk. Suhu udara yang lebih rendah di daerah yang lebih tinggi mendorong pertumbuhan pariwisata, yang menguntungkan pemerintah dan masyarakat setempat.

3. Banyak terasering

Karena lokasinya yang cukup tinggi di atas permukaan laut, metode pertanian terasering menjadi salah satu ciri-ciri dari dataran tinggi. Erosi, yang memiliki efek yang sangat buruk, bisa menyebabkan tanah menjadi tandus.


Nah, itulah dia beberapa manfaat dari dataran tinggi yang harus kamu ketahui. Sektor perkebunan, pertanian, peternakan, tempat wisata dan lainnya menjadikan bahwa dataran tinggi mempunyai manfaat yang begitu penting dan pastinya berguna untuk siapa pun.

Bukan hanya itu, manfaatnya juga berguna bagi penduduk lokal untuk bisa mencari uang atau menjadikan mata pencaharian mereka. Mereka bisa berjualan dengan dari hasil adanya dari dataran tinggi ini.

Nah, cari tahu juga yuk, manfaat skincare temulawak serta manfaat waluh yang baik untuk kesehatan!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare