...
eating disorder
5-min read

Mengenal Eating Disorder: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi

eating disorder

Eating disorder atau gangguan makan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan, lho.

Apakah kamu pernah mendengar istilah eating disorder atau arti dalam bahasa Indonesianya, gangguan makan? Ya, masalah ini ternyata bisa berdampak kepada kesehatan seseorang, lho. Kondisi ini bisa memengaruhi psikologis kamu yang pada akhirnya menimbulkan kebiasaan makan buruk.

Tentunya hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh juga karena eating disorder secara tidak langsung membatasi nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu.

Untuk membahas lebih lanjut mengenai eating disorder ini, yuk, simak artikel ini sampai selasai agar kamu bisa memahami apa maksudnya.

Info wajib baca: Mengenal Syekh Siti Jenar, Mulai dari Asal-Usul hingga Pendidikannya

Pengertian Eating Disorder

eating disorder
Source: Alodokter

Eating disorder atau dikenal dengan gangguan makan, adalah kondisi di mana seseorang mengalami perubahan perilaku terhadap makanan yang dapat juga mengubah kebiasaan makannya, bahkan akan menyebabkan masalah kesehatan serius, baik fisik maupun psikososial jika tidak segera ditangani.

Tentunya hal ini dapat mengganggu kesehatan kamu, bahkan secara fisik dan mental pun bisa ikut terjadi. Artinya gangguan ini bukan hanya sekadar menolak makanan saja. Melainkan bisa berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, seperti emosi misalnya.

Tentunya hal ini adalah masalah kesehatan mental yang rumit dan sering kali membutuhkan perawatan dari profesional medis dan psikologis. Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental American Psychiatric Association (DSM-5) mencatat adanya gangguan pada hal tersebut.

Penyebab Eating Disorder

Setelah kamu mengetahui eating disorder atau gangguan makan itu apa, mari sekarang kita ketahui penyebabnya. Walaupun beda dari kesehatan mental yang lainnya, tentunya gangguan ini bisa muncul karena berbagai faktor, di antaranya:

  • Genetik. Biasanya orang dengan kondisi genetik tertentu mungkin akan mengalami masalah makan karena beberapa kondisi.
  • Biologis. Faktor lain yang berkontribusi terhadap masalah makan adalah perubahan zat kimia yang terjadi pada otak.
  • Keturunan. Biasanya hal ini terjadi jika seseorang memiliki orang tua atau kerabat yang mengalami masalah makan serupa.
  • Psikologis. Bbiasanya orang yang mengidap depresi, obsessive complusive disorder, dan gangguan kecemasan akan lebih berisiko terkena.
  • Tekanan masyarakat. Nah, biasanya hal yang seperti ini terjadi karena orang yang ingin memiliki tubuh yang ideal, seperti ramping. Pandangan orang lain juga menjadi salah satu faktor yang penting, di mana biasanya orang lain akan memperhatikan kamu melalui media sosial.

Itulah beberapa penyebab gangguan makan yang biasanya sering terjadi. Tentunya hal ini bisa sering temui dalam kehidupan sehari-hari, lho.

Info wajib baca: Resep Kue Kering Coklat, Dijamin Mudah dan Nikmat!

Faktor Risiko Eating Disorder

eating disorder
Source: Halodoc

Selain kita membahas mengenai pengertian dan penyebabnya, sekarang kita akan membahas mengenai faktor risiko yang akan terjadi. Tentunya risiko ini harus kamu perhatikan dan tidak boleh kamu anggap hal yang sepele.

Nah, berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko pada masalah kesehatan mental, di antaranya:

  • Usia. Biasanya wanita remaja di umur 20-an akan lebih berisiko. Karena mereka sangat fokus dalam mengurusi badannya agar tidak gendut dan memiliki berat badan ideal.
  • Profesi. Para model, atlet, dan bintang film biasanya akan berisiko tinggi mengalam hal ini. Biasanya mereka dituntut untuk bisa menjaga berat badannya untuk keperluan suatu pekerjaan.
  • Gangguan psikologi. Orang yang mengidap gangguan makan ini biasanya orang yang mengalami stres berat, depresi, dan mempunyai perasaaan yang cemas. Sehingga gangguan psikologis itu bisa menimbulkan yang berisiko.
  • Diet yang tidak wajar. Orang yang melakukan diet secara berlebihan biasanya rentan akan terkena eating disorder.
  • Rasa trauma. Hal ini bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan makan. Biasanya hal ini terjadi bagi anak-anak yang menghadapi perlakuan makan yang tidak menyenangkan.

Cara Mengatasi Eating Disorder

eating disorder
Source: Kompas.com

Biasanya untuk mengatasi atau menangani hal ini, dibutuhkan beberapa cara yang efektif. Selain itu, juga harus membutuhkan ahlinya agar bisa mengatasi dengan baik, seperti dokter, ahli kesehatan jiwa, dan ahli gizi.

Tujuannya adalah agar orang yang mengalami gangguan makan ini bisa menemukan kembali rasa ingin makannya dan menjalani pola makan yang sehat dan sesuai.

Nah, berikut ini ada beberapa cara mengatasi hal ini, di antaranya:

1. Psikoterapi

Tujuan psikoterapi adalah untuk membantu pasien menjadi lebih sehat dengan membantu mereka mengubah kebiasaan makan dan pola hidup yang tidak sehat. Biasanya dokter akan merekomendasikan dua bentuk terapi, yaitu:

  • Terapi perilaku kognitif. Hal ini bertujuan agar bisa memahami, mengetahui, dan mengubah tingkah laku. Apalagi yang ada hubungannya dengan pola makan.
  • Terapi berbasis keluarga. Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk memastikan bahwa pasien telah mengikuti pola makan yang sehat dan mempertahankan berat badan ideal. Untuk anak yang usianya masih remaja turut juga melibatkan anggota keluarga.

2. Obat

Obat yang dimaksud adalah obat anticemas atau antidepresan. Tujuan dari konsumsi obat tersebut adalah akan membantu sekaligus mengontrol makanan yang kamu makan secara berlebihan. Bukan hanya itu, obat itu juga mengatasi rasa cemas yang berlebihan terhadapa pola makan kamu.

3. Berbincang sama ahli gizi

Berbincang sama ahli gizi juga dapat membantu orang pengidap untuk mendapati pola makan yang benar. Bukan hanya itu, ahli gizi juga dapat membantu dengan menyarankan jenis makanan yang tepat dan cara mengolahnya.


Nah, itulah penjelasan mengenai eating disorder yang membahas mengenai pengertian, penyebab, faktor risiko, dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang tengah mencari informasi tersebut, ya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare