...
arti cincin di jari
5-min read

Mengungkap Arti Cincin di Jari: Apa Saja Artinya?

arti cincin di jari

Siapa sangka kalau arti cincin di jari nggak cuma sebagai tanda kalau seseorang sudah menikah?

Apakah kamu pernah bertanya-tanya tentang arti cincin di jari? Dalam dunia yang penuh dengan simbol dan kepercayaan, cincin telah menjadi lambang yang kuat bagi berbagai hal. Mulai dari ikatan asmara hingga penanda status sosial, setiap cincin di jari memiliki cerita uniknya sendiri.

Jadi, mari kita menyingkap misteri dan memahami arti sebenarnya dari setiap cincin dalam artikel ini! Jangan cuma tau artinya, tapi ketahui juga cara menentukan ukuran cincin yang pas buatmu!

Bahan Lainnya yang Bisa Digunakan untuk Membuat Cincin

Kamu nyadar nggak, sih, kalau ternyata, selain emas, beberapa bahan ini juga bisa digunakan untuk membuat cincin, loh! Emang apa aja bahan selain emas yang biasa dipakai untuk membuat cincin? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Titanium

Titanium tergolong logam dengan bobot yang relatif ringan, namun memiliki warna yang gelap. Daya tahannya juga sangat kuat dan harganya lumayan terjangkau dibandingkan emas dan palladium.

Perlu diperhatikan, jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan perhiasan berbahan dasar titanium karena dapat memicu alergi. Ada baiknya kamu cari tau dulu dari bahan apa cincin tersebut dibuat.

2. Zirkonium hitam

Walaupun bobot dari cincin ini cenderung ringan, tapi cincin dengan bahan ini memiliki kekuatan yang sangat baik, dan membuat cincin dengan bahan logam zirkonium hitam menjadi populer di pasaran. Cincin dengan bahan zirkonium hitam juga tahan terhadap goresan dan korosi.

Kebanyakan yang pakai cincin bahan ini biasanya laki-laki, tapi bukan berarti perempuan nggak boleh pake cincin ini, ya!

3. Palladium

arti cincin di jari
Source: Semar Nusantara

Palladium sendiri jadi salah satu logam yang memiliki tampilan dan sifat yang hampir mirip dengan platinum atau emasi putih, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Cincin palladium memiliki karakteristik tersendiri, di antaranya bobot yang ringan, warna berkilau, tidak mudah luntur, serta tidak menimbulkan alergi pada kulit. Jenis logam yang satu ini juga lebih anti gores dibandingkan dengan emas.

Info wajib baca: Catat! Ini Daftar Susunan Acara untuk Pernikahan dan Resepsi

4. Tungsten

Siapa yang baru dengar bahan pembuatan cincin yang satu ini? Tungsten merupakan salah satu logam yang memiliki karakteristik mirip titanium, hanya saja tingkat ketahanannya 4 kali lipat lebih besar. Bahkan cincin ini tidak akan patah saat terjatuh dari ketinggian.

Selain itu, perawatannya juga cukup mudah karena selain tahan banting, cincin dengan bahan tungsten ini juga tahan gores, loh.

5. Platinum

Nah, bahan cincin yang satu ini pasti udah kamu kenal karena sering digunakan di mana-mana. Cincin dengan bahan platinum biasanya dikatakan memiliki nilai paling mahal di pasaran. Platinum merupakan jenis logam putih yang banyak memiliki kelebihan.

Kelebihan bahan cincin ini di antaranya tidak mudah korosi, tidak menyebabkan alergi pada kulit, serta memiliki tampilan warna yang menarik. Cincin platinum terbaik terbuat dari platinum dengan komposisi sebesar 95 persen dan sisanya menggunakan bahan campuran lain.

Arti Cincin di Jari, Nggak Cuma Tanda Sudah Menikah

arti cincin di jari
Source: Flores Editorial

Nah, sekarang kita langsung aja masuk ke penjelasan terkait arti cincin di jari, mulai dari jari jempol, sampai kelingking. Siapa yang baru tau kalau beda tempat pakai cincin, ternyata beda juga, loh, artinya! Apa aja, ya?

1. Arti cincin di jari jempol

Menurut mitologi, ibu jari dipercaya sebagai simbol ketekunan, tekad kuat dan penonjolan diri. Cincin yang dipakai di jari jempol memiliki makna dari simbol status yang biasanya dipakai kalangan elit, orang kaya, atau kelas atas.

Hal ini disebabkan, cincin untuk ibu jari biasanya lebih besar sehingga diperlukan material logam mulia yang lebih banyak dan berat, yang membuat harganya pun lebih mahal daripada cincin di jari lainnya.

2. Arti cincin di jari telunjuk

Bagi orang awam, jari telunjuk umumnya dijadikan tempat untuk memasang cincin berdesain atau berpola unik dan bold atau berani. Sebagai sebuah hal yang menonjol saat mengenakan perhiasan di tangan.

Sedangkan menurut mitologi, jari telunjuk menyimbolkan ambisi, kepemimpinan dan kepercayaan diri. Orang yang memakai cincin di jari telunjuk biasanya sering diasosiasikan dengan kaum bangsawan atau kerajaan.

3. Arti cincin di jari tengah

Berdasarkan mitologi Yunani, jari tengah memiliki makna, yang merupakan simbol tanggung jawab dan keseimbangan. Tapi, orang-orang kebanyakan memakai cincin di jari ini hanya untuk memperlihatkan perhiasan dan menarik perhatian.

Eits, ada arti lainnya juga yang berkaitan dengan hubungan antara dua orang pasangan. Banyak dari kamu pasti udah tau kalau ada pasangan yang pakai cincin di jari tengah ini, menandakan kalau mereka sudah bertunangan satu sama lain. Hal ini berkaitan dengan budaya di Inggris.

Info wajib baca: Catat! Ini Daftar Susunan Acara untuk Pernikahan dan Resepsi

4. Arti cincin di jari manis

Selain jari tengah, ternyata beda negara atau daerah, beda juga artinya. Di mana pada negara-negara Barat khususnya Amerika Serikat, cincin di jari manis ini, selain bisa jadi status pertunangan, juga berarti status pernikahan. Cari tau juga apa aja perbedaan antara lamaran dan tunangan biar nggak ketuker!

Memakai cincin di jari manis kiri juga bisa berarti sebuah ikatan janji, tergantung dari preferensi pemakainya. Sedangkan pada budaya Asia atau Timur, cincin yang menandakan seseorang sudah menikah dipakai di jari manis kanan.

Dalam mitologi Yunani sendiri, jari manis memiliki makna sebagai simbol cinta sejati, kreativitas dan kecantikan.

5. Arti cincin di jari kelingking

Terakhir ada jari kelingking. Pemakaian cincin di jari kelingking ini di awali pada abad 19 hingga awal 20-an, populer di kalangan pria memakai cincin di kelingking kiri sebagai status pernikahan.

Namun seiring perkembangan zaman pemakaian cincin di kelingking kiri untuk menunjukkan seorang pria sudah menikah sudah jarang dilakukan. Sekarang pria juga lebih sering memakai cincin di jari manis sebagai tanda sudah terikat janji.

Di masa kini, pemakaian cincin di jari kelingking khususnya kelingking kiri, lebih sering diasosiasikan dengan anggota mafia. Dalam mitologi Yunani sendiri, kelingking menyimbolkan intuisi, inteligensia dan persuasi.


Sekarang udah tau, kan, apa aja arti cincin di jari jempol sampai kelingking? Ternyata beda penempatan cincin, beda juga, ya, artinya! Kamu baru tau atau udah tau, nih, gaes?

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare