...
kejuaraan wimbledon
5-min read

5 Fakta Kejuaraan Wimbledon, Kompetisi Tenis Tertua dan Bergengsi di Dunia

kejuaraan wimbledon

Ini beberapa fakta kejuaraan Wimbledon yang harus kamu tahu!

Kamu pasti tahu tentang turnamen tenis yang paling bergengsi di dunia, bukan? Ya, Wimbledon merupakan salah satu kejuaraan tenis Grand Slam dan telah menjadi fenomena budaya selama bertahun-tahun.

Dalam artikel ini, kita akan mengetahui berbagai fakta kompetisi tenis tertua di dunia ini, di mana kehebatan atlet-atlet luar biasa telah tercipta dan legenda-legenda tenis lahir. Seperti apa kira-kira? Yuk, simak terus sampai habis!

Info wajib baca: Olahraga Tangan Paling Disukai, Ini Sejarah dan Aturan Permainan Bola Voli

Sejarah dan Fakta Kejuaraan Wimbledon

kejuaraan wimbledon
Source: livemint.com

Kejuaraan Wimbledon merupakan salah satu dari empat kompetisi terbesar dalam olahraga tenis atau biasa disebut Grand Slam. Tiga kompetisi lainnya adalah Australian open, French open, dan U.S. Open.

Saat ini, kejuaraan Wimbledon juga tengah berlangsung hingga 16 Juli 2023. Berikut sejarah hingga fakta menarik dari kejuaraan tenis Wimbledon yang harus kamu tahu:

1. Asal mula kejuaraan Wimbledon pertama kali

Semuanya dimulai pada tahun 1877, ketika Kejuaraan Wimbledon pertama kali diadakan. Kejuaraan ini pertama kali diadakan oleh All England Croquet and Lawn Tennis Club di Wimbledon, London, Inggris.

Pada saat itu kejuaraan ini hanya menampilkan 22 pemain pria karena saat itu perempuan masih belum diizinkan bermain. Kejuaraan pertama pun berhasil dimenangkan oleh Spencer Gore.

Berselang beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 1884, kejuaraan Wimbledon menyertakan peserta dari kedua jenis kelamin. Sejak saat itu, Wimbledon melambung sebagai salah satu kejuaraan tenis berkelas dunia yang diikuti oleh para pemain profesional baik dari kalangan laki-laki maupun wanita.

Pada 1920, Suzanne Lenglen dari Prancis berhasil menjadi petenis wanita pertama yang memenangi tiga kejuaraan Wimbledon. Tujuh belas tahun kemudian, Don Budge dari Amerika Serikat juga berhasil menjadi petenis laki-laki pertama yang berhasil meraih gelar tiga kali di Wimbledon.

2. Dimainkan di lapangan rumput

Salah satu ciri dari kejuaraan Wimbledon adalah dimainkan di lapangan rumput hijau atau grass court. Ide bermain di lapangan tenis dengan rumput hijau ini pertama kali muncul setelah penemuan tenis lapangan atau setahun sebelum kompetisi Wimbledon pertama.

Lapangan utama kejuaraan Wimbledon bernama “Centre Court” yang dibuka pada tahun 1922 dan mempunyai kapasitas sebesar 14.000 penonton. Lapangan utama lainnya saat ini, yaitu “Court No. 1”, dibangun pada tahun 1997 untuk menggantikan Court No. 1 yang lama dengan kapasitas 11.000 kursi.

Sedangkan lapangan ketiga, “Court No. 2”, dianggap sebagai “lapangan angker” karena telah banyak pemain top yang kalah dalam babak-babak awal di lapangan ini. Kapasitas dari lapangan ini sendiri adalah sekitar 3.000 kursi.

3. Pemain harus berpakaian serba putih

Source: rollingstone.com

Hal unik yang perlu kamu ketahui dari kejuaraan Wimbledon adalah setiap petenis harus menggunakan pakaian berwarna putih. Peraturan ini telah diberlakukan sejak awal berdirinya kejuaraan Wimbledon pada tahun 1877.

Pihak penyelenggara menganggap bahwa pakaian yang berwarna terang dapat menimbulkan tanda keringat di daerah tertentu, terutama pada pakaian petenis wanita. Hal tersebut dianggap tidak pantas sehingga diberlakukan peraturan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, peraturan tersebut semakin diperketat oleh pihak penyelenggara. Tepatnya pada tahun 2014, terdapat aturan baru di mana setiap pemain tidak hanya wajib memakai pakaian dan celana putih. Namun, parap petenis juga harus memakai aksesori yang serba putih, mulai dari topi, headband, sepatu, hingga pakaian dalam.

Info wajib baca: Nggak Hanya Renang, Ini 6 Olahraga yang Efektif untuk Meninggikan Tubuh

4. Trofi bergengsi

Kamu tentu saja tidak bisa membicarakan Wimbledon tanpa melibatkan dua trofi ikoniknya. Pada tahun 1877, All England Club pertama kali menyerahkan trofi untuk pemain tunggal putra yang disebut sebagai “The Gentlemen’s Singles Trophy”.

Trofi untuk kategori ini terbuat dari perak berlapis warna emas yang disertai dengan tulisan “The All England Lawn Tennis Club Single Handed Championship of the World”. Selain itu, terdapat alas berwarna hitam dan pita perak berornamen untuk mendampingi piala tersebut.

Berbeda dengan trofi Wimbledon tunggal putra, trofi untuk kategori tunggal putri berbentuk talam atau nampah perak tidak berkaki yang dikenal dengan nama Rosewater Dish atau Venus Rosewater Dish.

Trofi ini dibuat dari perak murni yang sebagian disepuh. Selain itu, juga terdapat beberapa atribut yang menghiasinya, seperti lambang sabit, garpu, dan caduceus di sekelilingnya.

Selanjutnya, untuk pasangan ganda putra, putri, dan juga campuran memiliki tiga trofi yang berbeda. “The Gentlemen’s Doubles Trophy” adalah trofi untuk pasangan ganda putra.

Lalu, untuk pasangan ganda putri trofinya bernama “Ladies Doubles Trophy” atau dikenal dengan “The Duchess of Kent Challenge Cup”. Sedangkan, ganda campuran memiliki trofi yang disebut dengan “The Mixed Doubles Trophy”.

5. Juara terbanyak kejuaraan Wimbledon

Sejak diperbolehkannya para petenis profesional turun bertanding pada tahun 1968, kejuaraan nomor tunggal putra Wimbledon telah berlangsung sebanyak 53 kali. Pada periode tersebut telah menghasilkan 21 nama petenis yang mampu keluar sebagai juara, dengan 12 orang di antaranya mampu melakukannya lebih dari sekali.

Roger Federer hingga saat ini tercatat sebagai petenis dengan gelar Wimbledon terbanyak di nomor tunggal putra dengan 8 gelar. Sementara, Martina Navratilova berhasil memenangi nomor tunggal putri Wimbledon sebanyak 9 kali.


Nah, itulah deretan sejarah hingga fakta menarik dari kejuaraan tenis tertua di dunia, Wimbledon. Kira-kira siapa, nih petenis favorit kamu di Wimbledon tahun 2023 ini? Coba share di kolom komentar, yuk!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare