...
kedutan mata kanan bawah
5-min read

Kedutan Mata Kanan Bawah, Benarkah Tanda Kabar Baik?

kedutan mata kanan bawah

Kamu penasaran apa arti kedutan mata kanan bawah? Coba cek di sini, yuk!

Pernahkah kamu mengalami kedutan mata kanan bawah? Kedutan ini memang sering kali membuat penasaran, apalagi jika terjadi pada tengah malam atau ketika sedang berada di tempat umum.

Ternyata, kedutan mata kanan bagian bawah memiliki banyak arti dan makna menurut medis maupun primbon Jawa. Nah, meski beberapa hal yang menurut primbon Jawa hanya mitos belaka, tapi hal-hal yang dijabarkan dari pengertian ini sangat menarik untuk diketahui, nih.

Kedutan mata pada bagian ini kerap dianggap sebagai sebuah pertanda dalam keyakinan masyarakat Jawa. Tanda-tanda tersebut seperti akan menangis, membawa keberuntungan, dan masih banyak lagi, lho. Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang arti dari kedutan mata ini serta bagaimana cara mengatasinya, yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Info wajib baca: Berbahaya atau Tidak? Kenali Penyebab dan Pengobatan untuk Kondisi Mata Merah

Penyebab Kedutan Mata Kanan Bawah

kedutan mata kanan bawah
Source: Bantenhay.com

Kedutan mata kanan bawah sering kali dianggap sebagai pertanda buruk oleh beberapa orang. Namun, sebenarnya kedutan ini bisa terjadi karena berbagai penyebab dari aktivitas sehari-hari atau kebiasaanmu.

1. Kelelahan atau kurang tidur

Salah satu penyebab utama dari kedutan mata ini adalah kelelahan dan kurang tidur. Ketika tubuh lelah atau kekurangan istirahat, otot-otot di sekitar mata dapat menjadi tegang dan menyebabkan kontraksi involunter pada kelopak mata.

2. Stres

Selain itu, stres juga dapat memicu terjadinya kedutan pada mata kanan bawah. Saat seseorang mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin yang membuat sistem saraf simpatis bekerja lebih keras dari biasanya. Kondisi inilah yang kemudian mendukung timbulnya gerakan tak terkontrol pada otot-otot wajah termasuk area sekitar kelopak mata.

3. Terlalu lama menggunakan smartphone atau laptop

Aktivitas menatap layar yang terlalu lama membuat mata lama-kelamaan menjadi lelah. Sebab, otot mata terus menegang ketika mata menatap layar dalam waktu lama. Sampai pada satu titik terjadi penumpukan asam laktat yang membuat otot lelah.

Hal paling mudah untuk mencegahnya adalah dengan mengistirahatkan mata secara berkala. Jika perlu, pijat area sekitar mata dengan lembut. Ada beberapa kondisi medis lainnya yang dapat memicu terjadinya mata berkedut, seperti paparan sinar matahari hingga konsumsi kafein berlebihan.

Kedutan Mata Kanan Bawah: Arti Menurut Medis dan Primbon Jawa

kedutan mata kanan bawah
Source: Klik Dokter

Setelah mengetahui sejumlah penyebab dari kedutan mata pada bagian tersebut, nah, berikutnya yaitu ada arti dari kedutan mata kanan bawah ini. Coba disimak, ya!

1. Kedutan mata kanan bawah: Arti menurut medis

Arti kedutan mata ini menurut medis bisa dijelaskan dengan adanya beberapa faktor penyebab, seperti kelelahan, stres, dan kurangnya asupan magnesium. Kedutan ini biasanya terjadi karena adanya kontraksi otot pada kelopak mata yang disebabkan oleh gangguan saraf.

Kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan kedutan mata kanan bagian ini, seperti blefarospasme dan hemifacial spasm. Blefarospasme adalah kondisi ketika kelopak mata mengalami gerakan berulang secara tidak terkontrol, sementara hemifacial spasm adalah kram pada otot wajah yang memengaruhi satu sisi saja.

Selain itu, kondisi neurologis lainnya seperti Tourette syndrome atau dystonia juga dapat memicu terjadinya kedutan pada mata kanan bawah. Jika kamu sering mengalami kedutan mata kanan bawah dalam waktu lama atau intensitas yang tinggi serta sulit dikendalikan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2. Kedutan mata kanan bawah: Arti menurut primbon jawa

Menurut primbon Jawa, kedutan mata kanan bawah memiliki arti yang berbeda-beda tergantung pada waktu dan hari ketika kedutan tersebut terjadi. Kedutan ini dianggap sebagai pertanda dari kejadian-kejadian yang akan datang.

Berikut adalah beberapa makna dari kedutan mata kanan bawah menurut primbon Jawa:

1. Tanda akan mendapatkan rezeki tak terduga

Jika kedutan mata kanan bawah terjadi pada siang hari, maka menurut primbon Jawa bisa menjadi tanda bahwa seseorang akan mendapatkan rezeki atau uang tak terduga.

2. Tanda akan bertemu dengan orang penting

Kedutan mata kanan ini juga bisa menjadi sebuah pertanda bahwa seseorang akan bertemu dengan orang penting dalam hidupnya. Ini biasanya terjadi saat malam hari.

3. Tanda akan menerima kabar baik tentang pasangan

Bagi mereka yang masih jomblo, kedutan mata kanan pada bagian ini juga bisa menjadi isyarat bahwa ada kabar baik mengenai jodoh atau pasangan hidup mereka.

4. Tanda penyakit akan sembuh

Salah satu kebaikan yang akan datang dari kedutan mata ini yaitu bentuk bahwa seluruh penyakit yang kamu sedang alami sembuh total. Dengan begitu, kamu dapat merasakan kembali hidup sehat dan jauh dari berbagai macam ancaman yang membuat kesehatan menurun.

Cara Mengatasi Kedutan Mata Kanan Bawah

Kedutan pada mata memang bisa menjadi hal yang mengganggu, namun jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk meredakan atau mencegah kedutan mata kanan bawah:

1. Istirahatkan mata dengan cukup.
2. Hindari stres dan kelelahan.
3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi.
4. Lakukan relaksasi seperti pijatan ringan pada area sekitar mata.
5. Gunakan kompres dingin di area sekitar mata.

Dengan melakukan tips-tips tersebut, maka kamu dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kedutan pada bagian tersebut secara berlebihan. Ingat, guys, bahwa kesehatan tubuh harus selalu diperhatikan agar tetap prima dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kamu juga bisa banget, nih, simak Kedutan Mata Kanan Atas untuk mengetahui arti dan cara mengatasinya.


Itulah beberapa penjelasan mengenai arti kedutan mata kanan bawah menurut medis dan primbon Jawa serta penyebabnya. Arti secara primbon Jawa memang hanya gambaran belaka mengenai arti kedutan mata ini, jadi bisa jadi pemahaman kamu terkait arti dari kedutan mata pada bagian ini. Semoga bermanfaat, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!



Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare