...
kedutan mata kanan atas terus menerus
5-min read

Kedutan Mata Kanan Atas Terus Menerus Menurut Primbon Jawa dan Medis

kedutan mata kanan atas terus menerus

Arti kedutan mata kanan atas terus menerus, pertanda apa?

Kamu pernah nggak, sih, kalau lagi diem atau ngelakuin sesuatu, terus tiba-tiba mata kanan atas kamu berkedut terus? Ada artinya nggak, ya? Terus, kira-kira ada penjelasan medisnya atau nggak terkait kedutan mata kanan atas terus menerus ini?

Kedutan terkadang bisa terjadi pada siapa saja, dan pada area mana saja, mulai dari kaki, hingga area mata. Kedutan mata kanan atas adalah kondisi di mana otot kelopak mata kanan berkontraksi dan melepaskan secara tidak sadar.

Kondisi ini adalah hal yang umum terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Namun, kadang-kadang, kedutan mata dapat menjadi terus-menerus dan sangat mengganggu.

Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas Terus Menerus

kedutan mata kanan atas terus menerus
Source: Harvard Health

Tapi, keadaan ini bukannya tanpa alasan, loh. Ternyata, kondisi mata kanan atas yang berkedut terus menerus ini ada penyebabnya. Beberapa penyebab umum kedutan mata kanan atas yang terjadi terus menerus di antaranya sebagai berikut.

1. Penyebab kedutan mata kanan atas terus-menerus, bisa jadi kebiasaan buruk

Kedutan mata dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti kurang tidur, stres, konsumsi kafein yang berlebihan, atau kurangnya asupan gizi. Kebiasaan buruk ini dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang dapat memicu kontraksi otot yang nggak terkendali.

2. Mata kering

Kedutan mata juga dapat disebabkan oleh mata yang kering. Ketika mata kamu dalam kondisi tersebut, kelopak mata cenderung menutup dengan lebih kuat, tentunya dapat memicu kontraksi otot yang nggak terkendali.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan mata dengan menggunakan obat tetes mata.

3. Mata terlalu lama menatap layar

Banyak orang menghabiskan waktu yang lama di depan layar komputer atau smartphone. Hal ini dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan menyebabkan kelelahan otot yang berkontraksi di mata. Usahakan jangan terlalu lama menatap layar gawai kamu, ya!

4. Gangguan saraf

Kedutan mata yang terus-menerus juga bisa disebabkan oleh gangguan pada saraf yang mengontrol otot mata. Beberapa gangguan saraf yang dapat menyebabkan kedutan mata meliputi multiple sclerosis dan dystonia.

5. Kekurangan magnesium

Kekurangan magnesium dalam tubuh juga dapat menyebabkan kedutan mata. Magnesium adalah mineral penting yang membantu menjaga fungsi otot yang sehat. Jika tubuh nggak memiliki cukup magnesium, maka otot dapat mengalami kontraksi yang nggak terkendali.

Info wajib baca: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Arti Kedutan Mata Kanan Atas Terus Menerus

kedutan mata kanan atas terus menerus
Source: www.bangkokhospital.com

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab dari mata kanan atas yang terus menerus mengalami kedutan, sekarang saatnya mengetahui apa arti dari kedutan tersebut baik dari kacamata medis, maupun berdasarkan Primbon Jawa. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Arti kedutan mata kanan atas terus-menerus menurut medis

Dilansir dari web Siloam Hospitals, kedutan mata kanan atas, atau kedutan mata secara universal baik kiri maupun kanan ini memiliki tiga jenis, dan masing-masing memiliki arti berdasarkan dari tingkat keparahannya.

Pertama ada minor eyelid twitch (myokymia), yang merupakan jenis mata berkedut dengan tingkat keparahan paling rendah. Biasanya, sensasi kedutan pada mata karena minor eyelid twitch hanya berlangsung sebentar. Jenis myokymia ini sering kali muncul karena mata lelah.

Yang kedua ada benign essential blepharospasmini adalah kondisi yang diawali dengan meningkatnya frekuensi kedipan kedua mata. Di kondisi ini, sensasi kedutan pada mata terjadi cukup kuat hingga mengakibatkan mata membuka dan menutup tanpa terkendali.

Ketiga ada hemifacial spasm,yaitu jenis myokymia yang cukup langka dan umumnya disebabkan oleh tekanan pembuluh darah arteri pada saraf sekitar wajah. Kondisi ini biasanya akan melibatkan saraf otot wajah lainnya, seperti mulut dan hidung.

2. Menurut Primbon Jawa

Berdasarkan Primbon Jawa sendiri, kedutan mata kanan atas terus menerus bisa jadi pertanda baik, ataupun buruk, tergantung dari di bagian mata mana kedutan tersebut muncul. Beberapa arti dari kedutan tersebut adalah sebagai berikut.

Jika bagian alis kanan yang berkedut, ini adalah pertanda kalau kamu bakal dapat kabar baik. Kebahagiaan ini bakal kamu dapatkan dengan syarat yaitu telah berjuang keras dan telah mengalami berbagai macam kesusahan.

Kalau kedutannya terjadi pada kelopak mata kanan atas, konon kamu akan mendapatkan keberuntungan besar dari bisnis yang sedang dijalani saat ini. Keberuntungan besar ini akan terjadi setelah kamu bersusah payah dalam mengejar dan meraih cita-cita tersebut.

Kalau kedutannya terjadi di bagian biji mata kananmu, konon ini berarti kamu akan mengalami duka yang sangat berat dan dalam, sehingga kamu akan menangis.

Info wajib baca: 5 Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah Tanpa Perlu ke Dokter

Cara Mengatasi Kedutan Mata Kanan Atas Terus Menerus

kedutan mata kanan atas terus menerus
Source: Florida Vision Institute

Kalau mata kanan bagian atasmu sudah berkedut dalam kurun waktu yang cukup lama atau secara terus menerus, ini tandanya kamu harus segera mengatasi hal ini agar tidak mengganggu aktifitasmu.

Sebelum ke dokter, alangkah baiknya kamu mencoba beberapa cara ini untuk mengatasi kedutan yang terjadi.

1. Istirahatkan mata

Kalau kamu sering bekerja di depan komputer atau smartphone, cobalah untuk mengambil istirahat setiap beberapa jam. Kamu juga bisa mengurangi waktu yang dihabiskan di depan layar dan mencoba menatap ke arah yang lain baik dekat maupun jauh untuk membantu merelaksasi otot mata.

2. Kurangi stres

Stres juga dapat memicu kedutan pada mata. Cobalah untuk mengurangi stres dengan meditasi, yoga, atau latihan pernapasan.

Kamu juga bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti mendengarkan musik atau membaca buku untuk membantu meredakan stres.

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat memicu terjadinya kedutan pada mata kamu. Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam dan mengikuti jadwal tidur yang teratur. Usahakan untuk tidur dengan waktu setidaknya 7-9 jam sehari.

4. Atasi kedutan mata kanan atas terus-menerus, konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat dan kaya nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan dapat membantu memperbaiki kesehatan otot dan mengurangi kemungkinan terjadinya kedutan mata.


Ternyata, kedutan pada mata kanan atas juga ada alasan dan arti dari dunia medis, ya! Tapi tenang, kamu juga tetap boleh mempercayai arti kedutan mata kanan atas menurut Primbon Jawa, kok!

Perlu di ingat, kedutan mata ini juga bisa berarti perlunya bagi kamu untuk menjaga kesehatan agar hal ini tidak terjadi terlalu sering, atau terus menerus! Semoga bermanfaat, ya ~

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost Favorit di Kota Kamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare