...
arti pap
5-min read

Arti PAP, Bahasa Kekinian yang Sering Digunakan di Chat

arti pap

Pernah dapet atau liat ada chat minta “pap”? Ngomong-ngomong, kamu udah tau arti “pap”?

Yang sering chatan, pasti udah pernah dapet atau ngirim kata “pap”, dong? Udah tau artinya, belum? Kalau belum tau, simak beberapa arti pap dan gimana cara menggunakannya, yuk!

Semakin berkembangnya zaman, gadget atau ponsel pintar juga semakin mudah untuk dimiliki dan didapatkan. Bahkan mulai dari anak-anak hingga orang tua, pasti banyak yang punya ponsel pintar. Di kalangan anak-anak muda sedang marak digunakan istilah “pap”. Apa artinya, ya?

Apa Itu PAP?

arti pap
Source: Dream.co.id

Makin sini, semakin banyak kata-kata singkatan yang digunakan terutama oleh para anak muda. Salah satu istilah singkatan kekinian yang sering digunakan oleh anak-anak muda adalah “pap”.

“Pap” sendiri adalah singkatan dari “post a picture“. Istilah singkatan ini sering kali digunakan oleh para anak muda untuk meminta temannya mengirim foto, dalam percakapan daring atau chat. Foto yang dikirim bisa bermacam-macam, mulai kegiatan, keadaan sekitar, dan lain-lain.

Nah, itu tadi sekilas tentang “pap” atau post a picture. Mungkin di antara kalian masih ada yang belum familiar dengan kata ini atau belum tahu fungsinya? Yuk, simak penjelasan selanjutnya di bawah ini!

Arti PAP dan Fungsinya

Sebelum ada kata “pap”, orang-orang meminta foto pada orang lain dengan menggunakan bahasa seperti biasanya. Tapi, semakin majunya zaman dan makin banyak kata-kata dan singkatan, serta bahasa gaul yang muncul, “pap” juga jadi salah satunya yang digunakan para anak muda.

Seperti yang sudah dibahas di atas, arti “pap” adalah kata yang sering kali digunakan seseorang untuk meminta orang lain mengirimkan foto melalui media percakapan daring di media sosial. Kata ini kebanyakan digunakan oleh anak-anak muda dalam percakapan sehari-hari di media daring.

Ketika seseorang menuliskan kalimat atau kata yang berisi “pap”, orang lain berarti boleh membalasnya dengan mengirimkan foto secara real time terkait keadaan atau kegiatannya saat ini.

Info wajib baca: Mengenal Lebih Jauh Macam-Macam Majas dan Contohnya

Fungsi dan penggunaan kata “PAP”

arti pap
Source: Fimela

Kata “pap” sendiri sering kali digunakan oleh seseorang untuk melihat kondisi atau kegiatan yang sedang dilakukan oleh lawan bicaranya di chat saat itu.

Terkadang, “pap” juga bisa berfungsi untuk membuktikan eksistensi atau kebenaran. Misal kamu sedang bepergian ke luar kota, dan teman kamu memintamu buat kirim foto untuk membuktikan kalau kamu benar-benar sedang dalam perjalanan atau sudah sampai di luar kota.

Bisa jadi temanmu akan mengirim kalimat seperti “mana coba pap”, yang artinya ia mau kamu membuktikan kebenaran dari keadaan kamu yang sekarang sedang berada di luar kota.

“Pap” juga bisa berfungsi untuk mengetahui lokasi di mana orang tersebut sedang berada. Misal kalau kamu mau ketemuan di sebuah tempat atau restoran, kamu atau temanmu pasti akan meminta “pap” yang menandakan kalau kamu atau temanmu sedang berada di dekat lokasi tersebut.

Fungsi Lainnya dan Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Setelah mengetahui sedikit arti “pap” dan fungsinya, fungsi lain dari kata “pap” sendiri juga bisa menunjukkan suatu hal mendadak yang membuat seseorang agak terhambat untuk hadir di suatu tempat.

Misal temanmu bilang kalau dia terkena macet dan akan terlambat untuk datang ke acara reuni, kamu bisa memintanya mengirimkan gambar dengan kata “pap”.

Sehingga temanmu akan mengirim foto yang membuktikan kalau perkataannya sedang terkena macet itu benar.

Arti PAP: Apa yang boleh dilakukan

Berdasarkan fungsi dan kegunaan yang sudah disebutkan di atas, kata “pap” boleh digunakan ketika seseorang membutuhkan pembuktian terkait suatu hal, biar kesannya nggak bohong, gitu.

Selain itu, yang boleh dilakukan lainnya dalam penggunaan “pap” adalah meminta lokasi teman, saudara, atau orang yang ingin kamu temui, agar kamu nggak tersesat.

“Pap” juga bisa kamu gunakan untuk bertanya keadaan seseorang, semisal saudara atau temanmu pulang malam dan ingin mengetahui keadaan apakah mereka sudah sampai di rumah atau belum.

Yang nggak boleh dilakukan

arti pap
Source: smartphones.gadgethacks.com

Udah pasti kalau ada hal yang boleh dilakukan, ada juga yang nggak boleh dilakukan. Dalam hal menggunakan kata “pap”, kamu nggak boleh menggunakannya untuk hal-hal yang merugikan orang lain.

Misalnya, kamu nggak boleh menggunakan kata ini untuk mengganggu privasi orang lain, dengan meminta seseorang mengirimkan foto data pribadi, surat-surat penting, dan lain-lain.

Selain itu, kita juga nggak boleh menggunakan “pap” untuk meminta gambar yang kurang senonoh seperti gambar yang berbau pornografi atau kekerasan.

Sebagai seseorang yang hidup di era digital, kita harus bisa membatasi dan juga mengerti terkait hal-hal seperti ini. Kita juga harus memberikan edukasi dan memperingati orang lain dan diri sendiri agar tidak menyalahgunakan kata “pap” dalam kehidupan sehari-hari.

Info wajib baca: Inilah Macam-macam Warna Abu-abu yang Harus Kamu Ketahui


Selain kata singkatan “pap” yang sering digunakan oleh anak-anak muda, kamu juga bisa menggunakan kata nice try buat bahasa gaul sehari-hari kamu, sekaligus nambah kosakata bahasa Inggris!

Dalam menggunakan bahasa gaul, perlu diperhatikan juga agar kita atau orang lain tidak sampai menyalahgunakan penggunaannya, dan jadi memiliki makna dan konotasi yang kurang baik.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare