...
buah yang mengandung vitamin b12
5-min read

Adakah Buah yang Mengandung Vitamin B12? Ini Dia Faktanya!

buah yang mengandung vitamin b12

Apakah ada buah yang mengandung vitamin b12 apakah ada? Intip selengkapnya di sini ya!

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak yang sedang berkembang sangat penting. Tubuh membutuhkan vitamin B12, seperti buah yang mengandung vitamin b12. Lalu apakah ada buahnya?

Vitamin B12 adalah vitamin esensial yang larut dalam air yang ditemukan dalam banyak makanan produk hewani. Tubuh bayi menggunakan vitamin ini untuk membuat sel darah merah dan DNA, serta untuk menjaga sistem sarafnya tetap sehat.

Nah, di bawah ini kita akan mengupas tentang vitamin B12 itu apa dan kira-kira apakah buah itu ada? Yuk, cek di sini aja ya.

Info wajib baca: Penyebab dan Arti Telinga Berdenging Sebelah Kiri Menurut Primbon Jawa

Apa itu Vitamin B12?

buah yang mengandung vitamin b12
Source: theAsianparent

Vitamin B12, juga dikenal sebagai kobalamin, adalah salah satu dari delapan vitamin B yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Vitamin ini berperan penting dalam berbagai proses biokimia, termasuk:

  1. Pembentukan Sel Darah Merah: Vitamin B12 membantu dalam pembentukan sel darah merah, yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.
  2. Fungsi Saraf: Vitamin B12 mendukung fungsi saraf yang sehat dan membantu melindungi sel-sel saraf dari kerusakan.
  3. Pemecahan Asam Amino: Vitamin B12 memainkan peran penting dalam pemecahan asam amino yang diperoleh dari protein makanan.
  4. Sintesis DNA: Vitamin B12 diperlukan untuk sintesis DNA, materi genetik sel.

Buah yang Mengandung Vitamin B12

Jadi, apa jenis buah yang mengandung vitamin B12? Karena vitamin B12 hanya ditemukan dalam makanan produk hewani saja, tidak ada vitamin B12 dalam buah dan sayuran.

Namun, beberapa buah masih mengandung vitamin B, seperti yang dilaporkan oleh berbagai sumber. Berikut adalah beberapa buah yang mengandung vitamin B:

1. Pisang

Ada sekitar 0,433 mg vitamin B6, 0,3 mg vitamin B5, 24 mikrogram asam folat vitamin B9, dan 0,08 mg vitamin B2 dalam setiap 100 gram buah pisang.

Pisang adalah buah yang bagus untuk anak-anak karena mengandung vitamin B yang banyak, yang membantu mereka menghasilkan energi, merawat sistem pencernaan, menjaga fungsi otak, dan membantu produksi sel darah merah.

2. Jeruk tidak termasuk buah yang mengandung b12

Selain mengandung vitamin C, jeruk juga dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin B, terutama vitamin B6.

Jeruk memiliki cukup vitamin B6 untuk memenuhi 5% kebutuhan vitamin B6 harian kamu. Selain itu, jeruk membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

3. Mangga

Jumlah vitamin B dalam setiap 100 gram mangga bisa mencapai 0,25 mg. Itulah sebabnya buah mangga ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk diberikan kepada si Kecil.

Kandungan vitamin B pada buah mangga menjadikan buah satu ini memiliki beragam manfaat. Mulai dari penambah energi, merawat mata, meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah terjadinya penyakit kanker sejak dini.

4. Nanas

Selain rasanya yang nikmat, buah nanas adalah salah satu buah yang paling kaya vitamin B. Ketika Si Kecil makan buah ini setiap hari, dia akan mendapatkan cukup vitamin B untuk tubuhnya.

Vitamin B1, atau thiamin, yang ditemukan dalam buah nanas memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengoptimalkan kapasitas otak untuk mengingat. Sangat cocok untuk anak-anak yang baru memulai pendidikan awal.

Info wajib baca: 4 Makanan untuk Lidah Pahit saat Sakit yang Bikin Ketagihan

5. Alpukat

Alpukat juga merupakan salah satu jenis buah yang mengandung vitamin B, terutama vitamin B5, dengan sekitar 1,39 mg vitamin B5 per 100 gram buah.

Juga mengandung 0,5 mg vitamin B6, 0,1 mg vitamin B1, dan 0,2 mg vitamin B2. Manfaat vitamin B termasuk membantu pertumbuhan, produksi sel darah merah, dan mengoptimalkan fungsi otak anak.

6. Bluberi

Terdapat 5% dari kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan dalam setiap 340 gram bluberi. Bluberi mengandung vitamin B6 selain 0,05 mg vitamin B1 dan 0,01 mg vitamin B2, yang masing-masing memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Termasuk membantu produksi sel darah merah, menjaga fungsi otak, merawat kulit, memperkuat tulang, menjaga fungsi sistem pencernaan, dan mengurangi risiko penyakit jantung pada usia dini.

7. Stroberi bukan buah yang mengandung b12

Selain bluberi, stroberi juga mengandung vitamin B lho. Buah berwarna merah ini bisa kamu berikan pada Si Kecil karena kandungan vitamin di dalamnya baik untuk daya tahan tubuh agar ia tak rentan terserang berbagai penyakit.

8. Apel

Apel juga salah satu buah yang kaya akan vitamin B. Mulai dari B1, B2, B5, dan B6, buah yang identik dengan warna kulit merah ini bermanfaat untuk membantu produksi DNA, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan produksi hormon.


Demikian beberapa buah yang mengandung vitamin B. Walau tidak ada buah yang mengandung vitamin B12, namun kandungan vitamin B dalam buah juga memiliki beragam manfaat yang memberi banyak keuntungan bagi tumbuh kembang Si Kecil. 

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare