...
makanan untuk lidah pahit saat sakit
5-min read

4 Makanan untuk Lidah Pahit saat Sakit yang Bikin Ketagihan

makanan untuk lidah pahit saat sakit

Ternyata ini lho makanan untuk lidah pahit saat sakit yang perlu kamu ketahui!

Untuk menghilangkan lidah terasa pahit saat sakit sekaligus memperkuat daya tahan tubuh agar lekas pulih dari sakit. Ternyata ada beberapa makanan untuk lidah pahit saat sakit yang perlu kamu harus tahu lho.

Lidah pahit saat sakit memang menjadi masalah yang dapat dialami oleh siapa saja. Rasa pahit ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penggunaan obat-obatan, infeksi, atau penyakit tertentu.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengupas beberapa jenis makanan yang tentunya bisa membantu mengurangi rasa pahit di lidah ketika kamu sedang sakit.

Info wajib baca: 8 Pakaian Khas Adat NTT yang Bikin Memanjakan Mata, Setiap Suku Punya Ciri Khas

Makanan untuk Lidah Pahit saat Sakit

makanan untuk lidah pahit saat sakit
Source: Grid.ID

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu kamu mengurangi rasa pahit di lidah saat kamu sedang sakit:

1. Buah-buahan menjadi makanan untuk lidah pahit saat sakit yang efektif

Makan banyak buah-buahan ketika lidah terasa pahit saat sakit baik untuk membantu sistem daya tahan tubuh sekaligus meningkatkan selera makan. Selain itu, menjadi pilihan yang bagus saat lidah terasa pahit karena mereka kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kamu.

Berikut beberap buah yang cocok untuk lidah pahit saat sakit antara lain:

  • Jeruk: Jeruk mengandung vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Lemon: Lemon juga kaya akan vitamin C dan memiliki rasa segar.
  • Pepaya: Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu pencernaan.
  • Stroberi: Stroberi adalah sumber antioksidan dan vitamin C.
  • Pisang: Pisang lembut dan mengandung kalium yang baik untuk menjaga hidrasi.
  • Apel: Apel adalah sumber serat yang dapat membantu dalam pencernaan.

Selain mempertimbangkan beberapa makanan untuk lidah pahit saat sakit di atas, imbangi juga dengan banyak minum cairan. Dengan begitu, mulut tidak kering dan terasa lebih pahit saat sakit.

2. Sayuran

Sayuran juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kamu. Beberapa sayuran yang cocok untuk lidah pahit saat sakit antara lain:

  • Brokoli: Brokoli mengandung vitamin K, vitamin C, dan serat.
  • Bayam: Bayam adalah sumber zat besi dan vitamin A yang penting.
  • Kangkung: Kangkung kaya akan vitamin A, C, dan zat besi.
  • Tomat: Tomat mengandung likopen, sebuah antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.
  • Wortel: Wortel kaya akan beta-karoten, yang penting untuk kesehatan mata.
  • Labu Siam: Labu siam mengandung serat dan vitamin C.

3. Sup

Sup adalah makanan yang lembut, mudah dicerna, dan dapat memberikan rasa kenyamanan saat lidah terasa pahit. Nah berikut ini ada beberapa jenis sup yang cocok untuk lidah pahit saat sakit antara lain:

  • Sup Ayam: Sup ayam kaya akan protein dan dapat memberikan nutrisi penting saat sakit.
  • Sup Sayur: Sup sayur adalah pilihan yang baik untuk orang yang ingin menghindari daging.
  • Sup Buah: Sup buah adalah cara yang baik untuk mendapatkan vitamin dari berbagai jenis buah.

4. Makanan tinggi zinc

Selain baik untuk daya tahan tubuh, asupan yang mengandung zinc dapat membantu memperbaiki nafsu makan yang menurun. Ketika lidah terasa pahit saat sakit, coba makan brokoli, bayam, kerang, tiram, oatmeal, atau hidangan laut yang banyak mengandung zinc.

Kamu bisa mencoba oatmeal karena itu sumber serat yang baik. Serat dapat membantu membersihkan lidah dan mulut, yang dapat membantu mengurangi rasa pahit. Selain itu, oatmeal juga dapat memberikan rasa kenyamanan saat dikonsumsi.

Info wajib baca: Karakter Sifat Zodiak Sagitarius, Memiliki Rasa Antusias yang Tinggi?

Alasan Kenapa Lidah Teras Pahit saat Sakit

makanan untuk lidah pahit saat sakit
Source: YesDok

Menurut Bustle, tumor necrosis factor (TNF), protein yang dikeluarkan sistem daya tahan tubuh, bertanggung jawab atas rasa pahit lidah saat sakit. Perlu diketahui bahwa saat mengalami infeksi dan peradangan, tubuh melepaskan protein yang disebut sitokin.

Protein ini membantu sel daya tahan tubuh menghadapi serangan penyakit. Pelepasan protein TNF dapat meningkatkan rasa, membuat lidah sakit menjadi lebih pahit.

Selain itu, gangguan yang menyebabkan indra penciuman menjadi tidak peka saat tidak enak badan juga menyebabkan lidah terasa pahit saat sakit. Sakit lidah yang terasa pahit biasanya hanya berlangsung beberapa hari dan tidak membutuhkan pengobatan khusus. Setelah sembuh dari sakit, masalah kesehatan ini dapat sembuh sendiri.

Tips Tambahan untuk Mengatasi Lidah Pahit

Selain memilih makanan yang sesuai, ada beberapa langkah tambahan yang dapat diambil untuk mengurangi rasa pahit di lidah saat sakit lho:

  1. Berkumur dengan Air Garam: Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan mulut dan lidah. Larutan garam membantu menghilangkan rasa pahit dan membunuh bakteri yang mungkin menjadi penyebabnya.
  2. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula: Mengunyah permen karet bebas gula dapat merangsang kelenjar ludah dan membantu membersihkan mulut. Pastikan permen karet yang kamu pilih tidak mengandung gula tambahan.
  3. Menghindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Asam: Makanan dan minuman yang sangat asam, seperti jeruk lemon, tomat, atau minuman bersoda, dapat memperburuk rasa pahit di lidah. Cobalah untuk menghindari makanan ini selama periode lidah pahit.
  4. Konsultasi dengan Dokter: Jika rasa pahit di lidah tidak kunjung membaik atau jika itu disebabkan oleh penyakit tertentu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan perawatan yang sesuai.

Nah, itulah dia ulasan mengenai makanan untuk lidah yang pahit ketika sedang sakit. Anjuran itu bisa kamu ikut loh, dan bisa menjadi referensi kamu juga.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare