...
cara agar bab lancar setiap pagi
5-min read

7 Cara agar BAB Lancar Setiap Pagi, Dijamin Ampuh!

cara agar bab lancar setiap pagi

Ternyata begini lho cara agar bab lancar setiap pagi!

Buang air besar (BAB) yang lancar setiap pagi adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan kamu lho. Nah, ternyata ada lho cara agar BAB lancar setiap pagi dan tentunya aktivitas kamu tidak akan terganggu lagi.

Banyak orang berusaha untuk BAB yang lancar setiap pagi karena dapat membuat kamu merasa lebih nyaman, bertenaga, dan lebih sehat. Berikut ini beberapa cara agar BAB kamu lancar di setiap pagi hari.

Cara agar BAB Lancar Setiap Pagi

cara agar bab lancar setiap pagi
Source: Kompas.com

Demi kesehatan pencernaan, berikut beberapa cara agar BAB bisa lancar setiap hari secara alami yang bisa dicoba:

1. Perbanyak minum air putih

Air putih adalah obat pencahar alami terbaik untuk penderita sembelit karena kondisi ini memperlambat pergerakan feses melewati usus, yang menyebabkan usus menyerap cairan feses lebih banyak. Dan mengakibatkan feses menjadi lebih padat dan mengering.

Salah satu cara untuk mengatasi BAB yang keras dan sulit keluar adalah dengan minum lebih banyak air putih karena ini dapat melunakkan feses dan mempercepat pergerakan usus. Akibatnya, feses lebih mudah keluar dari usus melalui anus.

Info wajib baca: Begini Cara Membuat Parfum Pengusir Tikus yang Ampuh!

2. Olahraga secara rutin jadi salah satu cara agar bab lancar setiap pagi

Kurang aktivitas fisik juga dapat menyebabkan masalah buang air besar. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berolahraga setidaknya tiga puluh menit setiap hari. Jika kamu merasa terlalu berat, cobalah untuk berolahraga dengan jalan kaki santai selama sepuluh hingga lima belas menit setiap hari.

Setelah beberapa minggu, lakukan aktivitas fisik yang lebih intens seperti jogging, bersepeda, yoga, atau berenang. Berolahraga secara teratur tidak hanya membantu melancarkan BAB, tetapi juga dapat membantu kesehatan saluran cerna dan meningkatkan pergerakan usus.

3. Stop menahan BAB

Perlu diingat bahwa salah satu faktor yang menyebabkan masalah buang air besar adalah kebiasaan menahan BAB. Karena itu, feses yang seharusnya dikeluarkan justru tertahan di usus.

Pada akhirnya, usus akan menyerap cairan feses dan mengeringkannya. Untuk alasan ini, salah satu cara terbaik untuk mengatasi buang air besar adalah menghentikan kebiasaan menahan BAB.

Jika kamu merasa ingin buang air besar, segera pergilah ke toilet. Metode ini juga dapat membantu mencegah sembelit kembali.

4. Mengelola stres

Banyak orang mungkin tidak menyadari fakta bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sembelit atau kesulitan BAB. Ini karena stres merusak fungsi tubuh, yang pada gilirannya menyebabkan pergerakan usus menjadi lebih lambat dan menyebabkan gejala sembelit.

Jadi, mengatasi stres adalah salah satu cara untuk BAB lancar setiap hari. Beberapa cara untuk mengurangi stres adalah menonton film, membaca buku, makan makanan yang sehat, atau melakukan aktivitas favorit kamu.

5. Konsumsi makanan prebiotik dan probiotik

Mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik adalah metode berikutnya untuk melancarkan BAB yang keras. Prebiotik, yang terdiri dari jenis serat galacto-oligosaccharide, membantu bakteri di dalam usus dengan membantu meningkatkan frekuensi BAB dan membuat tekstur feses menjadi lebih lembut.

Namun, bakteri probiotik yang bermanfaat mempercepat waktu yang diperlukan untuk makanan untuk diproses, mulai dari masuk ke mulut, menuju saluran pencernaan, dan keluar melalui anus. Feset akan tetap lunak dan mudah dikeluarkan karena proses pencernaan yang cepat.

6. Konsumsi makanan yang tinggi serat jadi cara agar bab lancar setiap pagi

Makanan tinggi serat jelas bermanfaat untuk mengatasi masalah BAB karena membantu pencernaan dengan memungkinkan feses menyerap lebih banyak cairan dan menjadikannya lebih mudah dikeluarkan. Nah, berikut ini makanan yang mengandung banyak serat termasuk:

  • Sayur-sayuran. Misalnya, brokoli, jagung, bayam, wortel, labu siam, dan asparagus mengandung 1,1 gram serat per 100 gram bayam rebus.
  • Buah-buahan. Mengonsumsi buah-buahan yang membantu melancarkan BAB, seperti pepaya, apel, stroberi, jeruk, kiwi, dan plum, tidak hanya mengandung serat tetapi juga memiliki kandungan pencahar alami yang membantu mengatasi sembelit.
  • Kacang-kacangan. Kacang-kacangan adalah makanan berserat berikutnya. Juga mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat membantu usus bergerak lebih mudah. Almond, dengan sekitar 3,5 gram serat per 30 gram, adalah salah satu jenis kacang-kacangan terbaik.

7. Minum obat pencahar

Apabila metode melancarkan BAB secara alami di atas tidak membantu mengatasi sembelit, kamu mungkin ingin mencoba obat pencahar. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat apapun.

Info wajib baca: 4 Perbedaan Utama Kereta Api Kelas Ekonomi dan Eksekutif

8. Memijat perut

Metode pijat perut untuk BAB lancar setiap hari juga dapat digunakan. Pijat bagian perut dengan tekanan sedang searah jarum jam dapat membantu BAB lancar dan mencegah sembelit.

9. Ganti posisi dari duduk jadi jongkok ketika BAB

Mengubah posisi duduk menjadi jongkok adalah cara untuk BAB lancar tanpa menggunakan obat pencahar lainnya. Sambil mengangkat bagian usus besar, posisi jongkok dapat mengendurkan otot-otot di sekitar saluran pencernaan.

Dengan demikian, pengosongan usus menjadi lebih mudah. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan kloset duduk, ubah posisi BAB kamu menjadi seperti orang jongkok.

Untuk melakukan ini, duduk di kloset dan angkat kedua lutut kamu, kemudian ganjal kedua kaki kamu di lantai dengan bangku. Pilih posisi duduk yang nyaman, tetapi pastikan lutut terangkat.


Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika BAB kamu ingin lancar di setiap pagi. Menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting buat kamu, terutama dalam menangani BAB ini.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare