...
efek kopi bagi wanita
5-min read

Ternyata Ini Efek Kopi Bagi Wanita, Berbahaya untuk ASI?

efek kopi bagi wanita

Efek kopi bagi wanita bisa menimbulkan hal yang khawatir lho!

Ternyata efek kopi bagi wanita dalam meminum jumlah yang banyak menimbulkan masalah yang berbahaya lho. Mulai dari masalah kesuburan hingga kemungkinan masalah pada bayi atau janin.

Namun, kamu mungkin sudah terbiasa minum kopi setiap hari, tetapi jangan terlalu banyak karena kopi memiliki efek fatal bagi kesehatan wanita. Apa bahayanya? Yuk, cek dibawah ini!

Info wajib baca: 4 Perbedaan Utama Kereta Api Kelas Ekonomi dan Eksekutif

Efek Kopi bagi Wanita

efek kopi bagi wanita
Source: Kompas.com

Simak ya penjelasan mengenai efek kopi bagi wanita dan aturan yang dianjurkan untuk mengurangi bahayanya berikut ini:

1. Masalah kesuburan

Salah satu konsekuensi minum kopi berlebihan bagi wanita adalah menurunkan kesuburan. Kandungan kafein dalam kopi dianggap sebagai penyebabnya, dan dapat menurunkan kemungkinan hamil wanita hingga 27%.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Pharmacology menemukan bahwa konsumsi kafein yang berlebihan pada wanita dapat mengurangi aktivitas otot di tuba falopi. Ini dapat menyebabkan telur tidak dapat bergerak dari ovarium ke rahim.

2. Mempengaruhi ASI jadi efek kopi bagi wanita

Ibu yang mengonsumsi kopi dapat memasukkan kafein dalam jumlah kecil ke dalam ASI bayi mereka, yang memungkinkan penumpukan kafein pada bayi yang menyusui.

Menurut Journal of Caffeine Research, bayi dapat mengalami efek samping seperti kesulitan tidur, rewel, dan gelisah jika terlalu banyak kafein pada mereka.

3. Keguguran

Menurut banyak penelitian, ada hubungan antara mengonsumsi kopi dan risiko keguguran pada ibu hamil. Mengonsumsi kafein lebih dari 300 mg setiap hari dapat meningkatkan risiko gangguan kehamilan.

Penelitian sebelumnya dari National Institutes of Health menemukan bahwa mengonsumsi kafein setiap hari selama tujuh minggu pertama kehamilan juga meningkatkan kemungkinan mengalami keguguran.

Konsumsi kopi berlebihan pada wanita sebelum hamil juga berpotensi meningkatkan risiko keguguran, terutama pada minggu-minggu menjelang pembuahan.

4. Berat bayi lahir akan rendah

Wanita hamil yang terlalu banyak minum kopi memiliki efek samping, termasuk berat bayi yang lebih rendah. Salah satu penyebab angka kesakitan dan kematian bayi adalah berat bayi lahir rendah (BBLR). Mereka juga lebih rentan terhadap diabetes dan penyakit kardiovaskuler di masa dewasa.

Menurut jurnal BMC Medicine, konsumsi kafein yang berlebihan oleh ibu hamil dapat meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah, serta gangguan pertumbuhan dan perkembangan.

Meskipun plasenta tidak memiliki enzim utama yang terlibat dalam metabolisme kafein, kopi dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Dengan demikian, konsumsi kopi dalam jumlah besar selama kehamilan meningkatkan paparan kafein janin.

Pertumbuhan dan perkembangan janin dapat dipengaruhi oleh paparan yang terus-menerus. Oleh karena itu, jangan minum kopi atau kafein selama kehamilan.

5. Terjadi masalah pada kandung kemih

Wanita yang minum kopi juga dapat mengalami gangguan kandung kemih yang dikenal sebagai inkontinensia urine, yang didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk menahan buang air kecil. Dalam situasi seperti ini, seseorang mungkin tidak menyadari mengeluarkan urine dalam jumlah dan frekuensi tertentu.

Sebuah penelitian dari University of Alabama di Birmingham menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir setiap hari (329 mg kafein) 70% lebih mungkin mengalami inkontinensia urine.

Hal ini disebabkan oleh sifat diuretik kafein, yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah urine sambil mengaktifkan otot-otot saluran kemih.

6. Timbul gejala menopause

Untuk wanita, konsumsi kopi juga sering dikaitkan dengan gejala menopause. Wanita yang mengonsumsi kafein selama menopause memiliki risiko lebih besar untuk mengalami gejala menopause dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi kafein, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine.

Antara gejala yang dimaksud adalah nyeri, rasa panas (hot flashes), dan keringat di malam hari.

Info wajib baca: Begini Cara Membuat Parfum Pengusir Tikus yang Ampuh!

Jumlah Asupan Kopi yang Aman untuk Wanita

efek kopi bagi wanita
Source: CNN Indonesia

Menurut John Hopkins Medicine, minum tiga hingga empat cangkir kopi sehari bahkan dapat menurunkan risiko gagal jantung dan penyakit Alzheimer. Sedangkan, menurut Dietary Guideline for Americans, aturan konsumsi kopi yang aman bagi wanita adalah 3 hingga 5 cangkir per hari, dengan asupan kafein maksimal 400 miligram per hari.

Tidak ada salahnya untuk memeriksa informasi tentang nilai gizi dalam kemasan kopi sebelum mengonsumsinya, karena jumlah kafein dalam kopi berbeda-beda. Ingatlah bahwa toleransi kafein setiap orang berbeda.

Tidak semua orang dapat mengonsumsi tiga cangkir kopi setiap hari, meskipun jumlah ini dianggap aman.

Para ahli biasanya menyarankan wanita untuk tidak mengonsumsi lebih dari 300 miligram kafein setiap hari, atau sekitar 3 cangkir kopi. Namun, bagi wanita yang hamil atau menyusui, disarankan untuk membatasi konsumsi kafein mereka hingga 200 miligram setiap hari, atau 2 cangkir kopi.

Tips Aman Mengonsumsi Kopi Bagi Wanita

Jika kamu seorang wanita yang suka kopi dan ingin tahu apakah itu aman dan bermanfaat bagi kamu, berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu:

  1. Hindari mengonsumsi kopi di malah hari. Untuk sebagian besar wanita, kafein menyebabkan gangguan tidur. Untuk menghindari masalah tidur, hindari kopi di malam hari. Namun, jika kamu memerlukan energi di sore atau malam hari, pertimbangkan teh herbal atau alternatifnya yang tidak mengandung kafein.
  2. Pilih kopi yang rendah kafein. Jika kamu ingin mengurangi asupan kafein kamu, kopi rendah kafein adalah pilihan yang bagus; mereka biasanya mengandung antara 50 dan 75 persen kafein dari kopi biasa.
  3. Campurkan kopi dengan susu atau krim. Susu atau krim dapat menetralisir efek kafein, membuat kopi lebih lembut, dan mengurangi risiko iritasi lambung.
  4. Mulailah hari kamu dengan secangkir kopi. Segelas kopi setiap pagi dapat membuat kamu merasa lebih segar dan siap untuk memulai hari.

Dengan cara ini, kamu dapat lebih bijak menikmati secangkir kopi dan menikmati manfaatnya tanpa khawatir tentang efek sampingnya. Ingatlah bahwa setiap orang berbeda-beda, jadi selalu penting untuk mendengarkan tubuh kamu.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare