...
Mencukur kumis
5-min read

7 Cara agar Kumis Tidak Tumbuh, Ada yang Pakai Bahan Alami!

Mencukur kumis

Kurang suka wajah berkumis? Praktikkan cara agar kumis tidak tumbuh berikut ini.

Kumis merupakan bagian dari rambut wajah yang kerap tumbuh di atas bibir atau di bawah hidung. Walupun umumnya kumis dimiliki oleh laki-laki, tetapi tidak menutup kemungkinan perempuan juga dapat memiliki kumis.

Kumis dapat memberikan daya tarik tersendiri pada penampilan kaum Adam. Namun, bagi beberapa orang justru pertumbuhan kumis terlalu lebat juga menjadi masalah yang perlu untuk diatasi. Hal ini dikarenakan bagi sebagian orang kumis yang terlalu lebat dianggap mengganggu penampilan.

Meskipun pertumbuhan kumis adalah hal alami, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghambat atau mengurangi pertumbuhannya. Nah, buat yang sedang mencari cara untuk menghilangkan kumis, berikut tips yang bisa kamu ikuti.

Cara Alami agar Kumis Tidak Tumbuh

Ingin tampil dengan wajah yang lebih segar dan bebas kumis? Jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kumis tidak tumbuh kembali. Cara ini terbilang cukup aman karena menggunakan bahan-bahan alami.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

1. Menggunakan kunyit atau lentil merah

cara agar kumis tidak tumbuh
Source: Pexels

Salah satu cara agar kumis tidak tumbuh adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti kunyit atau lentil merah.

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan rambut pada area tertentu. Sementara itu, lentil merah mengandung enzim inhibitor protein yang dapat memperlambat pertumbuhan rambut.

Cara yang dapat dilakukan cukup mudah. Kamu bisa membuat pasta dari kunyit atau lentil merah, kemudian aplikasikan ke area tempat tumbuhnya kumis. Lakukan proses tersebut secara rutin selama beberapa minggu untuk melihat hasil nyatanya.

2. Menggunakan waxing madu

Waxing madu dipercaya dapat menghilangkan kumis secara alami. Hal tersebut dikarenakan madu dianggap lebih ringan daripada wax pada umumnya. Walau begitu, madu tetap bisa menarik rambut keluar dari folikel secara maksimal.

3. Menjaga pola makan

Selain menggunakan bahan-bahan alami, menjaga pola makan sehat juga penting dalam mencegah pertumbuhan kumis berlebihan. Konsumsi makanan tinggi zinc seperti kerang hijau atau ikan salmon dapat membantu menekan produksi hormon yang mempengaruhi pertumbuhan rambut tubuh termasuk kumis.

Selain itu, pastikan asupan vitamin B kompleks cukup karena kekurangan vitamin ini juga dikaitkan dengan masalah pertumbuhan rambut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti pola makan, stres, dan hormon dapat memengaruhi pertumbuhan rambut. Yuk, mulai kelola stres, menjalani pola makan sehat, dan menghindari hormon tertentu yang memicu pertumbuhan kumis bisa membantu mengurangi pertumbuhan kumis.

4. Merawat kulit wajah

Berikan pula perhatian ekstra pada rutinitas perawatan kulit wajahmu. Gunakan produk pembersih wajah berkualitas tinggi untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dari kotoran dan minyak. Dengan demikian wajah akan terlihat lebih bersih sekaligus mencegah iritasi kulit yang disebabkan oleh kumis. Lagi pula, membersihkan wajah membuat aplikasi bahan alami tadi pada wajah lebih optimal.

Info wajib baca: 10 Inspirasi Model Potongan Rambut Ikal Pria | Bikin Tampilan Kamu makin Keren!

Cara Menghilangkan Kumis

Jika saat ini kamu masih memiliki kumis tipis ataupun lebat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebelum merawat diri agar kumis tidak tumbuh kembali. Namun, untuk melakukan metode-metode di bawah ini, kamu perlu hati-hati agar tidak terjadi iritasi.

1. Waxing

Waxing adalah cara lain untuk menghilangkan kumis dengan mencabut rambut dari akar. Cara ini dapat mengurangi pertumbuhan kumis lebih lama dibandingkan dengan mencukur, tetapi prosedur ini terasa lebih nyeri dan berisiko menyebabkan iritasi kulit. Waxing salah satu pilihan wanita yang ingin menghilangkan kumis dalam jangka waktu lama.

2. Gunakan krim perontok rambut

Produk perontok rambut bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan kumis secara efektif. Gunakan produk tersebut sesuai petunjuk pada kemasannya dan pastikan untuk melakukan tes sensitivitas terlebih dahulu pada bagian kecil kulit sebelum digunakan secara luas.

3. Elektrolis atau laser

Laser merupakan salah satu metode permanen untuk menghilangkan rambut wajah termasuk kumis. Prosedur ini melibatkan penggunaan arus listrik untuk merusak folikel rambut sehingga tidak akan tumbuh lagi.

Info wajib baca: Apa Arti Rambut Dipotong Orang Lain Menurut Islam, Temukan Jawabannya di Sini! 

Tips Mencukur Kumis yang Aman

cara agar kumis tidak tumbuh
Source: Orami

Mencukur kumis bukanlah hal yang rumit, tetapi ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencapai hasil yang sempurna.

  1. Pastikan wajah dan area sekitarnya bersih dan lembap sebelum memulai proses mencukur. Gunakan air hangat atau handuk panas untuk mengompres area kumis selama beberapa menit. Hal tersebut dapat membantu melunakkan rambut kumis dan membuka pori-pori kulit.
  2. Gunakan pisau cukur atau alat cukur dengan mata pisau yang tajam untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pastikan juga bahwa pisau cukur dalam kondisi baik agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit.
  3. Sebelum mulai mencukur, aplikasikan gel atau busa pencukur pada area kumis secara merata. Hal ini akan memberikan pelumas bagi mata pisau saat meluncur di atas kulit dan mencegah terjadinya luka goresan.
  4. Mulailah mencukur dari arah pertumbuhan rambut dengan gerakan lembut dan hati-hati. Hindari tekanan berlebihan agar tidak merusak kulit sensitif di sekitar kumis. Jangan ragu untuk membersihkan mata pisau secara berkala selama proses mencukur agar tidak tersumbat oleh rambut.
  5. Setelah selesai mencukur, bilas wajah menggunakan air dingin untuk menenangkan kulit yang telah teriritasi akibat gesekan pisau cukur. Kemudian, aplikasikan aftershave atau balm setelah bercukur untuk mencegah peradangan serta menjaga kelembapan kulit.

Itu dia beberapa cara agar kumis tidak tumbuh kembali. Cara-cara di atas terbilang cukup mudah, sehingga kamu bisa mempraktikkannya sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di area wajah ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare