...
buah untuk ibu hamil
5-min read

7 Buah untuk Menghilangkan Pusing Pada Ibu Hamil | Pilih yang Kaya Vitamin C!

buah untuk ibu hamil

Buah selain menyegarkan, juga sehat untuk dikonsumsi para ibu hamil untuk menghilangkan pusing

Meskipun momen kehamilan itu penuh kebahagiaan, namun tak jarang ada drama-drama tak terduga yang membuat kita khawatir. Nah, salah satunya adalah rasa pusing yang sering kali mampir tanpa diundang.

Namun begitu, kamu nggak perlu panik! Pasalnya, buah-buahan bisa menjadi andalan untuk mengatasi pusing pada saat kehamilan, nih. Selain enak dan segar, ada beberapa buah ajaib yang bisa bantu lawan rasa pusing saat hamil.

Yuk, kita kupas tuntas tentang buah-buahan ajaib yang bisa jadi sahabat setia para ibu hamil saat merasakan pusing. Simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Kenapa Ibu Hamil Sering Merasakan Pusing

Source: Orami

Pusing saat hamil bisa jadi teman setia bagi banyak ibu hamil di luar sana. Walau mungkin terdengar agak aneh, tapi sebenarnya pusing saat hamil adalah hal yang lumrah terjadi, lho. Kenapa begitu?

Nah, pertama-tama, hormon-hormon yang berkeliaran di dalam tubuh selama kehamilan bisa bikin segalanya jadi agak kacau. Hormon progesteron yang melonjak bisa merelaksasi pembuluh darah, yang pada akhirnya bisa menurunkan tekanan darah.

Info wajib baca: Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

itulah yang sering kali menjadi penyebab kamu mungkin sering merasa pusing atau pingsan. Selain itu, volume darah juga meningkat saat hamil, yang berarti jantung harus bekerja lebih keras.

Lalu, adanya peningkatan berat badan juga memengaruhi pusat gravitasi tubuh. Semua faktor ini bisa bikin kamu merasa pusing.

Tapi tenang saja, kebanyakan ibu hamil mengalaminya, dan biasanya pusing ini nggak berbahaya, kok. Kamu bisa pelan-pelan mengatasinya dengan mengonsumsi buah-buahan yang sehat untuk ibu hamil.

Pilihan Buah untuk Menghilangkan Pusing Pada Ibu Hamil 

Source: Halodoc

Buah yang kaya vitamin C dan mengandung banyak antioksidan menjadi pilihan yang baik untuk menghilangkan pusing pada ibu hamil. Berikut di antaranya:

1. Pisang, buah yang baik untuk ibu hamil

Pisang adalah buah yang kaya akan potasium dan menjadi salah satu nutrisi penting untuk membantu menjaga tekanan darah normal. Kadar potasium yang cukup dapat membantu mengatasi pusing yang disebabkan oleh tekanan darah rendah, lho.

Selain itu, pisang juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi secara bertahap dan membantu stabilkan gula darah.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat, serat, vitamin K, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B-6. Kandungan lemak sehat dalam alpukat dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah dan meminimalisir fluktuasi yang dapat menyebabkan pusing.

Selain itu, vitamin K juga membantu dalam pembekuan darah yang dapat mengatasi pusing akibat terjadinya anemia atau gangguan pembekuan darah.

3. Jeruk dan Citrus, buah kaya vitamin C untuk ibu hamil

Buah-buahan seperti jeruk manis, jeruk nipis, dan lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh menyerap zat besi yang penting untuk mencegah anemia.

Pasalnya, seseorang yang terkena anemia dapat menyebabkan pusing dan kelelahan. Maka dari itu, mengonsumsi jeruk atau buah citrus dapat membantu mengatasi gejala anemia tersebut pada ibu hamil.

4. Stroberi

Stroberi adalah sumber vitamin C yang baik dan mengandung antioksidan alami. Nah, antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi risiko stres oksidatif, dan membantu menjaga sirkulasi darah yang sehat.

Konsumsi stroberi juga membantu dalam penyerapan zat besi yang penting untuk mencegah anemia dan pusing.

Info wajib baca: 10 Buah yang Mengandung Asam Folat, Punya Segudang Manfaat!

5. Semangka, buah tinggi mineral untuk ibu hamil

Semangka mengandung banyak air sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama kehamilan. Tubuh yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan pusing sehingga mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka dapat membantu mengatasi masalah ini.

Selain itu, semangka juga mengandung elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

6. Apel

Selanjutnya, ada apel yang mengandung serat cukup tinggi untuk tubuh dan dapat membantu menjaga pencernaan tetap sehat selama kehamilan.

Pencernaan yang baik memastikan penyerapan nutrisi yang optimal, termasuk zat besi yang penting untuk mencegah anemia. Sebab, kondisi anemia dapat menyebabkan pusing, dan konsumsi apel dapat membantu mengatasi anemia tersebut.

7. Buah Beri

Buah-buahan seperti blueberry, raspberry, dan blackberry mengandung antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid dan vitamin C. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat membantu mengatasi pusing dan menjaga tekanan darah dalam kisaran normal pada ibu hamil.

Penting untuk diingat bahwa selain mengonsumsi buah-buahan, ibu hamil juga perlu memperhatikan pola makan secara keseluruhan dan memastikan untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk rekomendasi yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan kesehatan individu selama kehamilan.


Itulah beberapa pilihan buah yang baik dikonsumsi ibu hamil saat mengalami pusing pada kehamilan. Nah, apa kamu punya rekomendasi buah lainnya yang cocok dikonsumsi ibu hamil? Yuk, share jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare