...
5-min read

Cara Membersihkan Kipas Angin Berbagai Tipe | Cocok untuk Anak Kost yang Tinggal Sendirian!

Tidak perlu membayar jasa servis untuk membersihkan kipas, anak kost yang memiliki budget terbatas wajib tahu cara membersihkan kipas angin berikut!

Membersihkan kipas angin merupakan hal yang tidak sulit dilakukan sendiri di rumah. Kamu bisa melakukan aktivitas ini saat kamu sedang memiliki waktu senggang di hari libur.

Tak hanya mudah, bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membersihkan kipas angin juga murah, bahkan bisa kamu temukan di dapur! Meskipun begitu kamu juga perlu tahu tips membersihkan kipas angin agar tidak melakukan kesalahan.

Mau tahu caranya? Tenang saja, karena pada kali ini Kostmin akan memberikanmu cara mudah untuk membersihkan kipas angin untuk dua tipe, yaitu ceiling fan dan kipas angin meja.

Cara Membersihkan Kipas Angin

Cara-cara berikut juga cocok untuk kamu anak kost yang tinggal sendirian. Daripada meminta bantuan jasa servis, lebih baik mengikuti cara ini, bukan? Simak selengkapnya, ya!

1. Cara membersihkan ceiling fan

Source: The New York Times

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan kipas langit-langit setiap dua hingga tiga bulan sekali, atau segera setelah kamu melihat debu menumpuk di bilahnya. Sebaiknya bersihkan debu yang ada pada kipas angin setiap musim kemarau agar kipasmu dapat berfungsi dengan baik.

  • Bilah kipas yang berdebu dengan sarung bantal bekas.
  • Matikan ceiling fan, dan letakkan bangku atau tangga di bawahnya jika perlu untuk mencapai bilahnya.
  • Semprotkan sedikit bagian dalam sarung bantal bekas dengan pembersih serbaguna yang lembut atau larutan cuka dan air dengan perbandingan yang sama.
  • Selipkan sarung bantal ke salah satu bilahnya dan tarik perlahan saat kamu menyekanya, sehingga debu atau kotoran akan terperangkap di dalamnya.
  • Ulangi dengan bilah lainnya.
  • Jika perlu, usapkan kain mikrofiber di sepanjang tepinya untuk menangkap sisa penumpukan.

Info wajib baca: Mana yang Lebih Bagus, Kipas Angin vs AC? Cek Kekurangan dan Kelebihannya

Cara mencuci bola lampu kaca yang ada di tengah ceiling fan (jika ada).

Pastikan lampu sudah dimatikan dan keadaannya sudah benar-benar dingin, lalu bersihkan bola lampu kipas langit-langit dengan kain mikrofiber kering untuk menghilangkan debu. Jika kipasmu memiliki bola kaca di sekeliling bohlamnya, lepaskan bola tersebut setelah dibersihkan. Cuci dengan air sabun hangat dan keringkan secara menyeluruh sebelum diganti.

Cara membersihkan motor kipas langit-langit dan rantai tariknya.

Gunakan kain mikrofiber untuk menyeka rantai tarik dan motor kipas. Semprotkan motor dengan udara bertekanan untuk menghilangkan debu di dalamnya. Periksa apakah bilah kipas bekerja pada arah yang benar dan sesuaikan arahnya jika diperlukan.

2. Cara membersihkan kipas angin meja

cara membersihkan kipas angin
Source: Popular Science

Pisahkan bagian-bagian kipasnya

  • Siapkan obeng, lalu cabut kipas dari sumber listrik mana pun untuk menghindari sengatan listrik.
  • Jika sudah, lepas pin braket kipas setelah melepas panel kisi-kisi dari depan.
  • Buka perlahan sekrup yang menahan kisi-kisi belakang ke motor dan jauhkan motornya.
  • Sekarang panel kisi kipasmu telah terlepas dari kipas, ini bisa membuatmu membersihkannya dengan mudah.

Bersihkan bilah dan panel kipas

  • Mulailah dengan membersihkan bilah kipas dan panel panggangan menggunakan kain katun bekas. Setelah selesai, letakkan bilah dan panel kipas di wastafel dan bersihkan dengan spons yang telah dicelupkan ke dalam larutan sabun dan air yang menutupi bagian belakang dan depan bilah dan panel.
  • Jika kamu masih menemukan kotoran tertinggal di antara penutup kipasnya, sisakan sedikit sabun di atas panel penutup tersebut dan cuci dengan air mengalir. Kebanyakan panel kipas dibuat tahan karat dan dilengkapi dengan lapisan plastik yang sesuai.
  • Keringkan kipas secara menyeluruh dengan kain kering dan jemurlan di bawah sinar matahari.

Info wajib baca: 16 Tips Memilih Pakaian yang Cocok untuk Musim Panas | Catat Do’s and Don’ts!

Bersihkan motor kipas angin

Kamu bisa membersihkan motor kipas angin saat menunggu bilah dan panel penutup kipas sedang dikeringkan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Jika kamu memiliki penyedot debu mobil, bersihkan motornya dengan penyedot debu tersebut. Apabila tidak, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas yang lembab untuk membersihkan bodi motornya lalu menyeka cairannya dengan kain kering.
  • Untuk pembersihan yang lebih baik, kamu juga dapat membuka motor, dan menggunakan kain kering untuk menyekanya. Dengan ini, kamu dapat membersihkan debu yang terkumpul di bagian dalamnya.

Bersihkan body kipas angin meja

  • Rendam sepotong kain atau spons dalam larutan air sabun, peras sedikit, lalu gosokkan ke seluruh tubuh untuk menghilangkan debu atau kotoran di atasnya.
  • Lakukan hal yang sama pada kawatnya, sedangkan untuk noda yang lebih membandel kamu bisa menambahkan satu sendok makan cuka putih ke dalam larutan yang sudah dibuat.

Itulah cara mudah untuk membersihkan kipas angin, cocok untukmu yang tinggal sendirian dan memiliki budget yang terbatas. Namun perlu diingat bahwa kamu juga harus mengetahui tips membersihkan kipas angin sebelum melakukan cara di atas agar kamu tidak celaka saat melakukannya.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare