...
5-min read

4 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket, Bisa Pakai Bedak Bayi dan Garam!

Cara membersihkan setrika yang lengket ternyata mudah dan murah. Anak kost wajib tahu trik ini!

Setrika lengket tentunya menjadi hal yang pernah dialami oleh hampir semua orang. Situasi ini tentu sangat menyebalkan, ditambah lagi jika kita sedang terburu-buru dan membutuhkan setrika untuk menghaluskan permukaan pakaian kita

Namun, tidak banyak orang tahu, membersihkan setrika yang lengket ternyata cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah, lho!

Pada kali ini, Kostmin akan memberitahu kamu bagaimana cara membersihkan setrika yang lengket yang pastinya mudah untuk kamu yang tinggal sendirian atau nge-kost!

Tak hanya mudah, bahan-bahan ini juga bisa kamu temukan di rumah, lho! Jadi kamu tidak perlu repot ke luar untuk membelinya. Mau tahu caranya? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Cara Membersihkan Setrika yang Lengket

Tak perlu mengeluarkan uang yang banyak, untuk membersihkan setrika yang lengket, kamu bisa menggunakan bahan dan alat yang tersedia di rumah. Bahan-bahan yang bisa kamu gunakan yaitu air, garam, bubuk soda kue, bedak bayi. dan pasta gigi.

1. Cara membersihkan setrika yang lengket dengan air dan garam

Cara Membersihkan Setrika yang Lengket
Source: hype.grid.id

Tindakan pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan setrika yang lengket adalah dengan mengeluarkan airnya. Sambil memastikan setrika masih hangat (tetapi tidak cukup panas hingga membakar kulit), ambil spons lembut dan sedikit air hangat.

Gosok dengan gerakan melingkar di sepanjang alasnya untuk menghilangkan poliester yang meleleh dari setrika. Jika lelehannya masih baru, kainnya masih cukup lembut untuk terlepas dari pelat besi.

Namun, jika memerlukan sedikit bantuan ekstra, coba aduk satu sendok teh garam ke dalam air atau ke kain lap. Butirannya akan memberikan abrasi lembut yang sempurna untuk membantu membersihkan area lengket yang sudah mengeras.

Info wajib baca: 16 Tips Memilih Pakaian yang Cocok untuk Musim Panas | Catat Do’s and Don’ts!

2. Cara membersihkan setrika yang lengket dengan baking soda

Source: The Washington Post

Berikutnya adalah mencoba soda kue untuk membersihkan bagian bawah setrika yang lengket. Untuk metode ini, kamu memerlukan setrika dengan api kecil serta lap bekas di permukaan yang keras.

Meja dapur bisa menjadi pilihan yang bagus untuk metode ini karena bahan seperti granit dapat menahan panas tinggi tanpa menimbulkan noda (tetapi periksalah jenis meja yang kamu miliki; mungkin lebih baik meletakkan talenan besar di bawah).

Tuangkan soda kue ke kain lap di atas permukaan keras setrika. Kemudian, ‘setrika’ kain tersebut dengan api kecil. Soda kue adalah trik yang luar biasa karena mereka menghasilkan gelembung dan CO2 saat bersentuhan dengan panas dan kelembapan seperti setrika. Gelembung-gelembung serta abrasi alami yang dihasilkan membantu menghilangkan kotoran pada setrika.

Info wajib baca: Keberagaman Adat Jawa Timur yang Perlu Diketahui, Mulai dari Upacara, dan Pakaian

3. Bedak bayi

Ingin menggunakan sesuatu yang mungkin sudah kamu miliki di rumah sebagai tindakan sementara untuk menghilangkan kotoran dari setrika? Kamu bisa menggunakan metode yang satu ini, yakni dengan menggunakan bedak bayi.

Sebagai bahan pengering alami, bedak bayi dapat menghilangkan kelembapan suatu zat yang memungkinkannya menjadi lengket. Untuk melakukan ini, pastikan setrika sudah dimatikan dan dingin saat disentuh. Kemudian, tuangkan sedikit bedak bayi ke kain lap bekas dan gosok perlahan ke area yang lengket.

Meskipun cara ini mungkin tidak bisa membersihkan setrika yang lengket, namun cara ini dapat menghilangkan lapisan lengketnya. Kemudian, yang perlu kamu lakukan hanyalah menemukan bahan-bahan lain yang akan menghilangkan kotoran di kemudian hari.

Alasan lain untuk melakukan hal ini adalah karena dapat segera mendifusikan lingkungan agar aman bagi si kecil. Bahan yang meleleh dapat mengeluarkan gas berbahaya saat terhirup.

Jadi, menciptakan penghalang sementara dengan baby power dapat memberi kamu waktu untuk mendapatkan bahan yang tepat dan meluangkan waktu untuk membersihkan setelah si kecil tertidur.

4. Pasta gigi

Selanjutnya pada usaha cara membersihkan setrika yang lengket ini adalah dengan menggunakan pasta gigi. Ada beberapa bahan utama dalam pasta gigi yang mungkin sudah kamu ketahui seperti fluoride. Namun, kalsium karbonat dan natrium lauril sulfatlah yang akan membantu kita menghilangkan lelehan poliester dari besi.

Kalsium karbonat memiliki tekstur abrasif ringan yang membantu menghilangkan kotoran dan noda di permukaan. Sebaliknya, natrium lauril sulfat menciptakan efek menggelembung yang bagus saat digunakan, yang berarti dapat membantu mengalirkan udara melalui kantong residu lengket.

Pertama-tama matikan setrika hingga terasa dingin saat disentuh. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan sedikit pasta gigi ke kain lap bekas atau ke sikat gigi. Namun, jika setrika yang kamu punya dilapisi teflon atau bahan anti lengket lainnya, hindari sikat gigi penggunaan sikat gigi dan gunakanlah lap bekas untuk membersihkannya. Jalankan dengan gerakan memutar untuk menghilangkan kotoran pada besi.


Itulah beberapa cara membersihkan setrika yang lengket yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Hati-hati saat membersihkannya dan jangan sampai tanganmu terkena bagian panasnya, ya!

Punya tips untuk membersihkan setrika yang lengket lainnya? Silakan share di kolom komentar!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare