...
cara membuat surat izin sakit
5-min read

Bagaimana Cara Membuat Surat Izin Sakit untuk Karyawan? Cari Tahu di Sini!

cara membuat surat izin sakit

Kamu sedang sakit dan mau izin? Di sini ada beberapa cara membuat surat izin sakit untuk karyawan, Yuk baca sampai selesai!

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, terkadang tubuh kamu mengalami penurunan kondisi kesehatan yang kurang baik. Akibatnya, tugas-tugas yang biasanya mudah dijalani menjadi lebih sulit karena tubuh tidak dalam keadaan yang prima.

Jika mengalami penurunan kesehatan, disarankan untuk beristirahat sejenak dan untuk sementara waktu tidak aktivitas rutin seperti sekolah, kuliah, atau bekerja. Hal ini penting dilakukan karena memaksakan diri untuk tetap beraktivitas saat tidak dalam kondisi baik dapat memperburuk kesehatan.

Selain itu, ada risiko penularan penyakit kepada orang lain jika kamu menderita penyakit menular. Bahkan, kamu juga rentan terinfeksi penyakit dari orang lain karena sistem kekebalan tubuh sedang melemah.

Oleh karena itu, sebaiknya untuk mengurangi interaksi dengan orang lain di luar keluarga yang tinggal bersama dengan kamu. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit.

Info wajib baca: Apa Saja Syarat Melamar Kerja yang Harus Diperhatikan? Cari Tahu di Sini!

Apa Itu Surat Izin Sakit?

cara membuat surat izin sakit
Source: blogskillacademy

Dokumen surat izin sakit berfungsi untuk memberikan penjelasan bahwa seseorang membutuhkan waktu istirahat dari aktivitas rutin karena kondisi tubuh yang sakit atau kurang fit. Ketika menyusun surat izin sakit, ada pilihan untuk menyertakan surat dokter jika telah berkonsultasi dan mendapatkan surat keterangannya.

Namun, jika belum berkonsultasi dengan dokter atau gejala penyakitnya ringan sehingga tidak memerlukan kunjungan dokter, tidak perlu melampirkan surat dokter pada surat izin sakit yang ditulis. Kebijakan ini bisa berbeda di setiap perusahaan.

Selama istirahat di rumah, surat izin sakit dapat dikirimkan ke instansi atau perusahaan di mana kamu beraktivitas, seperti sekolah, universitas, atau kantor, untuk memberi tahu bahwa kamu sedang sakit dan meminta izin untuk tidak hadir selama masa sakit.

Surat izin sakit bisa ditulis secara manual dengan tangan kemudian dikirim ke alamat yang dituju. Selain itu, surat sakit juga dapat ditulis secara digital dikirim melalui email sesuai dengan aturan yang berlaku di masing-masing perusahaan.

Bagi kamu yang bingung bagaimana cara membuat surat izin sakit dan contohnya, yuk simak artikel ini sampai akhir.

Struktur Surat Izin Sakit

Secara umum, format surat izin sakit melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Penyebutan tanggal dan tempat penulisan surat.
  2. Siapa yang dituju.
  3. Ucapkan salam pembuka.
  4. Isi surat berdasarkan keterangan yang sesuai kebutuhan.
  5. Ucapkan salam penutup.
  6. Penulisan nama pihak yang sakit serta tanda tangan.

Cara Membuat Surat Izin Sakit

1. Ikuti format surat formal

Dalam penyusunan contoh surat izin sakit yang akan disampaikan kepada HRD atau manajemen perusahaan, penting untuk mengikuti format surat formal. Hal ini bertujuan agar surat yang dikirimkan memancarkan kesan resmi dan profesional.

2. Gunakan bahasa formal atau baku

Dalam penyusunan surat izin, pilihan bahasa harus bersifat formal dan baku. Hal itu karena surat tersebut akan diarahkan pada keperluan pekerjaan dan menunjukkan sikap hormat terhadap bagian HRD.

3. Tanggal izin tidak masuk kerja yang jelas

Penting untuk mencantumkan dengan jelas tanggal dan hari izin kerja. Hal tersebut bertujuan agar surat izin terlihat tepat dan benar.

4. Tulis Identitas atau Data Diri yang Lengkap

Selain tanggal izin, informasi identitas atau data diri yang lengkap dan benar, seperti nama lengkap, jabatan/divisi, dan nomor induk kepegawaian, harus dicantumkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pihak HRD dalam mendata izin dengan jelas.

Info wajib baca: 12 Contoh Pertanyaan tentang Manajemen yang Harus Kamu Tahu | Lengkap dengan Jawabannya!

5. Tujuan Izin Kerja yang Jelas

Tujuan izin tidak bekerja yang kamu buat harus dijelaskan dengan alasan yang benar. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan surat izin tidak masuk kerja itu bisa diterima atau tidak.

6. Durasi izin kerja yang jelas

Jika kamu sudah memiliki jangka waktu tertentu untuk izin tidak masuk kerja, pastikan kamu mencantumkannya di dalam surat. Bertujuan agar pihak perusahaan bisa mengetahui tugas apa saja yang akan kamu tinggalkan selama tidak bekerja.

7. Pertimbangkan memberi alternatif solusi

Pertimbangkan memberikan alternatif solusi tersebut seperti bekerja secara remote atau menyebutkan siapa yang dapat menjadi back-up selama tidak hadir di kantor. Alternatif lainnya adalah menjelaskan siapa orang yang bisa memback-up kerjaan kamu di kantor.

8. Sampaikan ungkapan terima kasih

Ungkapkan rasa terima kasih kepada pihak yang bertanggung jawab (HRD atau manajemen perusahaan) sehingga dapat tercipta hubungan kerja yang baik. Serta ungkapan tersebut bertujuan untuk menciptakan hubungan kerja yang positif dan atasan kamu akan merasa dihargai.

9 Kirim surat

Kirim surat tersebut ke instansi atau perusahaan dengan cara mencetaknya terlebih dahulu jika kamu ingin hard copy, kemudian ditandatangani. Jika dalam bentuk digital, tambahkan tanda tangan digital di bagian akhir surat sebelum mengirimkannya.

Info wajib baca: 4 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Menarik HRD, Auto Diterima?

Contoh Surat Izin Sakit

Surat sakit untuk karyawan atau pegawai biasanya disampaikan melalui email dan diarahkan kepada HRD, Manajer/Supervisor, serta rekan satu tim atau rekan satu project. Berikut adalah contoh surat izin sakit untuk karyawan.

[Tempat, Tanggal]

Yth. [Nama Atasan atau HRD]
[Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

nama : [Nama kamu]
nomor induk karyawan : [Nomor Induk Karyawan kamu]
jabatan : [Jabatan kamu]

bermaksud mengajukan izin sakit selama [jumlah hari] hari, mulai dari tanggal [tanggal awal] sampai dengan tanggal [tanggal akhir]. Dengan surat ini juga saya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul akibat absensi saya.

Saya mengalami sakit [jelaskan jenis penyakit yang kamu alami] dan harus beristirahat di rumah untuk menjalani perawatan yang diperlukan agar segera pulih kembali. Saya telah berkonsultasi dengan dokter dan diminta untuk beristirahat selama [jumlah hari yang kamu butuhkan] hari.

Saat ini saya sedang melakukan upaya untuk memulihkan kesehatan saya secepat mungkin sehingga saya bisa segera kembali ke kantor dan melanjutkan pekerjaan saya seperti biasa.

Demikian surat izin sakit ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
[Tanda Tangan]
[Nama Kamu]


Itulah cara membuat surat izin sakit yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu punya contoh lainnya? Yuk, share di kolom komentar.

Dalam melamar pekerjaan, selalu pastikan untuk memberikan informasi yang jujur dan sesuai dengan kenyataan. Semangat dan semoga berhasil!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare