...
cara daftar Grab Car
5-min read

Cara Daftar Grab Car secara Online | Nggak Perlu Repot Datang ke Kantor

cara daftar Grab Car

Ingin punya penghasilan tambahan? Yuk, simak cara daftar Grab Car berikut ini.

Buat kaum mageran, pastinya kamu sangat terbantu oleh kecanggihan teknologi saat ini, kan? Mulai dari pesan makanan, bayar keperluan, hingga memesan transportasi umum bisa dilakukan dengan sekali klik saja dari hp kamu.

Nah, di lain sisi, kemajuan teknologi juga turut membuka lapangan kerja baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja, nih. Dengan modal kendaraan dan hp pribadi, siapa pun kini bisa menghasilkan uang.

Salah satu pekerjaan yang nggak pernak kekurangan peminat adalah driver taksi online seperti Grab Car. Penghasilan per bulannya juga nggak kalah dari karyawan SCBD, lho!

Syarat dan Cara Daftar Grab Car Online

Sumber: Techinasia.com

Syarat untuk menjadi driver Grab Car juga mudah banget, kok. Bisa langsung sat set sat set karena nggak perlu interview atau tes ini itu. Penasaran? Berikut ini cara daftar Grab Car:

1. Cara daftar Grab Car perlu lengkapi dokumen

Syarat pertama yang harus kamu lengkapi adalah persyaratan dokumen. Langkah ini penting banget untuk dilengkapi sebagai bukti bahwa kamu layak untuk menjadi driver. Trus, apa aja syaratnya?

Pertama, pastinya kamu harus memiliki KTP usia 18-65 tahun dan Kartu Keluarga. Dokumen ini digunakan sebagai bukti identitas diri sekaligus verifikasi bahwa kamu berada di usia yang legal untuk menjadi driver

Kemudian syarat kedua adalah Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan lisensi A. Nah, dokumen ini dibutuhkan sebagai bukti bahwa kamu sudah dinilai layak untuk membawa kendaraan di jalan raya. Izin yang dimaksud adalah izin yang dikeluarkan oleh kepolisian ya, gaes, bukan hanya izin orang tua.

Selanjutnya yaitu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) lengkap dengan pajaknya. STNK ini juga penting untuk dilengkapi sebagai bukti bahwa kendaraan yang akan digunakan bukanlah kendaraan bodong.

Selain beberapa syarat di atas, kamu juga harus melengkapi dokumen lainnya seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Buku Tabungan. Adapun dokumen pendukung lainnya yang bisa disertakan adalah NPWP dan Surat Keterangan Sehat untuk yang berusia 50 tahun ke atas.

2. Spesifikasi mobil

Persyaratan yang paling penting supaya kamu bisa jadi driver Grab Car adalah mobil. Nggak harus punya mobil sendiri, kok. Kamu bisa menggunakan mobil sewaan atau mobil kerabat dengan sistem bagi hasil atau cara lainnya sesuai dengan kesepakatan. Diatur aja, ygy~

Namun sebelum itu, ada sejumlah persyaratan yang perlu kamu tahu, nih. Berikut ini beberapa di antaranya:

Jenis mobil

Walaupun sama-sama bisa mengangkut orang, namun tidak semua jenis mobil masuk dalam persyaratan. Hanya mobil khusus penumpang saja yang boleh kamu operasikan saat menjadi driver Grab Car.

Adapun jenis mobil tersebut di antaranya adalah sedan, multi-purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), dan mobil berjenis city car saja. Nah, meskipun kamu memiliki semangat yang tinggi untuk mencari banyak penumpang, pick-up dan bus tidak direkomendasikan, ya.

Tahun produksi mobil

Untuk digunakan sebagai kendaraan operasional, mobil yang direkomendasikan adalah mobil yang berumur maksimal 8 tahun dihitung dari tahun pendaftaran. Sebab, mobil yang lebih tua dari itu sudah bisa jalan sendiri dianggap terlalu berisiko saat dipakai dengan intensitas yang tinggi.

Kalaupun terpaksa harus menggunakan mobil yang melewati tahun rekomendasi, kamu harus melengkapi dokumen tambahan berupa Sertifikat Lolos Uji Emisi. Nah, untuk bisa mendapatkan sertifikasi ini, kamu bisa mendatangi Dinas Perhubungan terdekat.

Kapasitas mesin dan kondisi mobil

Spesifikasi mobil untuk daftar Grab Car juga sudah ditentukan, nih. Kapasitas mesin yang dibutuhkan yaitu di atas 1.000 cc dengan kapasitas yang direkomendasikan yaitu minimal 1.500 cc.

Tak hanya itu, kamu juga harus menjamin mobil yang digunakan itu dalam kondisi prima. Utamanya yang berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan berkendara mulai dari suspensi, rem, hingga kebersihan kabin.

3. Cara daftar Grab Car online

Cara daftar sebagai driver Grab Car kini nggak perlu repot mendatangi langsung ke kantornya. Sebab, kamu bisa melakukannya sendiri dengan melengkapi data diri dan dokumen yang dibutuhkan di situs resmi Grab. Mau minta bantuan teman juga boleh. Nah, biar nggak bingung, simak tata caranya berikut ini:

  • Buka browser lalu kunjungi situs https://register.grab.com/id.
  • Masukkan data diri mulai dari kota, nama, nomor hp, hingga kode referensi jika ada.
  • Setelah selesai mengisi data diri, kamu bisa klik “Daftar”.
  • Kamu akan dikirimkan kode OTP dari pihak Grab melalui SMS. Catat kode tersebut lalu klik “Saya Memiliki Kode” dan masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia.
  • Lengkapi data diri lainnya dan upload beberapa dokumen persyaratan yang diminta lalu klik “Kirim”.
  • Jika pendaftaran berhasil dan dokumen yang diunggah sudah sesuai, kamu akan menerima undangan dari pihak Grab untuk mengikuti pelatihan secara online.
  • Ketika pelatihan sudah selesai, akun driver Grab Car kamu akan segera diaktivasi dan bisa mulai kejar orderan, deh.

4. Syarat yang perlu dipenuhi

Sudah tahu, kan, gimana cara daftar Grab Car? Sebelum mendaftar sebagai driver Grab Car, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi.

Siapkan persyaratan tersebut terlebih dulu agar proses pendaftaran kamu nggak ribet dan cepat selesai.

  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
  • Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) A
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), termasuk Pajak Kendaraan
  • Buku Tabungan atas nama pribadi
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), bisa menyusul maksimal 2 minggu setelah akun aktif.

Ada tips lain juga, nih. Selama beberapa hari setelah akun driver diaktivasi, kamu mungkin akan sulit mendapatkan orderan karena sistem perlu mempelajari history perjalanan kamu. Namun jangan khawatir, sebab semakin rajin kejar orderan, akun kamu juga perlahan bisa gacor. Jadi gampang dapat penumpang, deh.


Nah, itulah syarat yang dibutuhkan dan cara daftar Grab Car secara online. Apa kamu mulai tertarik untuk mencari tambahan dengan menjadi driver? Tulis jawaban kamu di kolom komentar, yuk!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost Favorit di Kotamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare