...
cara memegang sumpit
5-min read

Tutorial Mudah: Cara Memegang Sumpit yang Benar untuk Pemula

cara memegang sumpit

Kesulitan megang sumpit? Simak cara memegang sumpit yang benar buat pemula!

Apakah kamu sering merasa kesulitan atau canggung saat menggunakan sumpit? Jangan khawatir, Kostmin punya langkah-langkah mudah yang akan mengajarkan kamu cara memegang sumpit dengan benar!

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik praktis untuk pemula agar dapat makan dengan elegan menggunakan sumpit. Kalo udah bisa, kamu bisa coba makan natto! Yang belum tau, natto adalah makanan Jepang hasil fermentasi!

Cara Memegang Sumpit yang Benar

Kalo kamu makan di berbagai tempat yang menjual mie ayam pasti sering banget nemuin sumpit. Di antara kamu yang sedang baca, ada nggak yang masih malu-malu buat makan mie ayam pake sumpit karena nggak tau cara pakenya?

Tenang tenang, nggak usah malu lagi! Kali ini Kostmin ada beberapa langkah mudah dalam cara menggunakan sumpit yang benar. Ikutin langkah-langkah ini biar kamu nggak malu lagi pake sumpit buat makan mie ayam:

  1. Taruh satu sumpit di antara jari telunjuk dan jempol, seimbangkan di jari manis.
  2. Letakkan sumpit kedua di antara jari telunjuk dan jempol, taruh di jari tengah.
  3. Pegang sumpit kedua dengan kuat menggunakan jempol, telunjuk, dan jari tengah.
  4. Fungsi telunjuk dan jari tengah untuk menggerakkan sumpit. Pakai jari telunjuk dan jari tengah untuk mengambil makanan.

Hal yang nggak boleh dilakukan ketika memegang sumpit

cara memegang sumpit
Source: MATCHA

Dalam budaya Jepang, ternyata ada beberapa hal yang nggak boleh kamu lakukan ketika sedang memegang sumpit, loh. Kamu nggak disarankan untuk menggenggam sumpit, dan memegang sumpit sampai membentuk huruf ‘x’. Pasalnya, kedua cara tersebut membuat kamu susah mengambil makanan.

Kamu juga ilarang untuk meletakan sumpit ditepi mangkuk ataupun menggunakan sumpit untuk menarik piring mendekat ke arah badan baik dengan tujuan mempermudah proses makan ataupun alasan lainnya. Gunakan tangan apabila ingin memindahkan mangkuk ataupun piring.

Terakhir, kamu nggak boleh memberikan makanan dari sumpit ke sumpit, atau menancapkan sumpit tersangkut di semangkuk nasi, karena kedua tindakan ini terkait dengan kebiasaan pemakaman.

Info wajib baca: Hobi Jajan, Sudah Coba 5 Mie Ayam Terdekat Murah dan Enak di Jakarta Ini?

Kenalan sama Jenis-Jenis Sumpit

Sekilas sumpit emang keliatan sama aja, bentukya ramping memanjang, dan berfungsi untuk mengambil makanan. Tapi ternyata sumpit ini berbeda di masing-masing tiga negara yang paling sering menggunakannya, loh!

Tiga negara tersebut adalah China, Jepang, dan Korea. Bua kamu yang penasaran, emang apa, sih, bedanya dari ketiga sumpit berikut ini, simak penjelasannya di bawah, yuk!

1. Sumpit China

Lebih dari 5000 tahun yang lalu, sumpit ditemukan pertama kali oleh masyarakat China. Sumpit diibaratkan sebagai perpanjangan dari jari manusia yang tidak takut dengan hal (makanan) yang dingin atau panas.

Sebagian besar sumpit China terbuat dari kayu yang belum diplitur dan memiliki bentuk persegi panjang dengan ujung tumpul. Sumpit China juga memiliki bentuk yang lebih panjang dan tebal, tapi nggak seruncing sumpit milik Jepang dan Korea.

2. Sumpit Jepang

cara memegang sumpit
Source: Ohayo Jepang – Kompas.com

Negeri Sakura ini ternyata udah mengembangkan berbagai jenis sumpit yang disesuaikan dengan kegunaannya, loh. Mulai dari sumpit untuk memasak, untuk makanan tertentu, mengambil permen, bahkan sumpit yang digunakan saat makan di upacara pemakaman semuanya berbeda!

Dulunya, sumpit Jepang dibuat dari tulang, logam, dan gading yang biasanya disediakan untuk acara khusus. Sekarang sumpit negara ini lebih sering menggunakan kayu dan plastik sebagai bahan utamanya.

Sumpit ala Jepang umumnya memiliki bentuk bulat di ujung dan lebih pendek dari model sumpit China, tetapi lebih lama dari model sumpit Korea. Desain sumpit Jepang juga lebih berwarna dan juga sedikit rumit.

Info wajib baca: 5 Makanan Khas Aceh yang Lezat dan Wajib Dicoba Selain Mie Aceh

3. Sumpit Korea

Kamu pasti sering nemuin sumpit dengan bahan stainless steel di restoran-restoran ala Korea. Berbeda dari Jepang dan Cina yang membuat sumpitnya dari bahan-bahan alami, pada sumpit Korea kita juga sering melihat adanya garis lingkaran yang terasa kasar di ujung sumpit.

Bukan sembarang garis, itu merupakan teknik yang sengaja dibuat untuk mengurangi sifat licin yang dimiliki oleh logam. Awalnya, sumpit ini berbahan perak murni hanya digunakan oleh raja karena perak akan berubah warna jika ada racun di makanan raja tersebut.

Perbedaan lainnya adalah sumpit Korea memiliki ukuran terpendek dari pada sumpit yang digunakan oleh negara Jepang dan China.


Nah, sekarang kamu udah kenal sama jenis-jenis sumpit dari negara China, Jepang, dan Korea, udah tau cara memegang sumpit yang benar juga, sekarang tingaal cari tau cara membuat mie nyemek buat dimakan pake sumpit kamu!

Dengan sedikit latihan, kamu pasti pelan-pelan bakalan bisa pake sumpit dan nggak bakalan ragu lagi kalo mau makan makanan pake sumpit!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare