...
cara menahan buang air kecil
5-min read

6 Cara Menahan Buang Air Kecil Beserta Bahaya Menahannya!

cara menahan buang air kecil

Cara menahan buang air kecil bisa kamu lakukan dengan cara ini lho!

Buang air kecil adalah salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi sehari-hari. Namun, terkadang ada situasi di mana kamu harus menahan buang air kecil untuk beberapa alasan, seperti tidak bisa menemukan toilet.

Cara menahan buang air kecil bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Namun, terdapat juga bahaya yang akan datang jika kamu menahan air kecil itu.

Nah, berikut ini ada cara menahan buang air kecil yang bisa kamu lakukan dan kemungkinan bahayanya.

Info wajib baca: 7 Manfaat Teh Bajakah untuk Kesehatan Tubuh | Melawan Radikal Bebas hingga Pelembab Alami untuk Kulit

Cara Menahan Buang Air Kecil

cara menahan buang air kecil
Source: Kompas.com

1. Kontraksikan otot dasar panggul

Otot dasar panggul adalah otot yang membantu mengontrol aliran urine. Untuk mengurangi keinginan buang air kecil, kamu dapat mencoba mengkontraksikan otot dasar panggul.

Bayangkan kamu sedang menahan kentut, dan itu akan membantu kamu merasa lebih kuat dan dapat menunda buang air kecil. Itulah cara pertama yang bisa kamu lakukan.

2. Lakukan pernasapan dalam jadi salah satu cara menahan buang air kecil

Jika kamu merasa terdesak untuk buang air kecil, mencoba untuk fokus pada pernapasan dalam dapat membantu mengalihkan perhatian kamu. Tarik napas perlahan dan dalam melalui hidung, tahan sejenak, lalu hembuskan perlahan melalui mulut.

Ini bisa membantu kamu merasa lebih tenang dan mengurangi ketegangan. Lakukan secara perlahan dan baik agar proses menahannya berjalan lancar.

3. Berganti posisi

Terkadang, mengubah posisi tubuh kamu dapat membantu mengurangi tekanan pada kandung kemih dan memberikan kamu sedikit kelonggaran. Misalnya, jika kamu sedang berdiri, cobalah untuk duduk atau berjongkok.

Jika kamu sudah duduk, berdirilah sejenak atau berjalan-jalan sebentar. Nah, itu bisa menjadi salah satu cara yang bisa efektif buat kamu.

4. Minum air dingin jadi salah satu cara menahan buang air kecil

Ini mungkin terdengar kontradiktif, tetapi minum air dingin kadang-kadang dapat membantu mengurangi keinginan untuk buang air kecil. Air dingin ini dapat menyebabkan kontraksi pada kandung kemih, yang sementara waktu dapat membantu kamu menunda buang air kecil.

Walaupun mungkin cara ini belum banyak didengar oleh banyak orang. Tapi, hal ini bisa kamu terapkan jika kamu sedang dalam keadaan terdesak.

5. Alihkan perhatian

Cobalah untuk mengalihkan perhatian kamu dari keinginan buang air kecil dengan melakukan sesuatu yang lain. Kamu bisa mencoba membaca, berbicara dengan seseorang, mendengarkan musik, atau bermain permainan mental.

Semakin kamu fokus pada aktivitas lain, semakin mudah bagi kamu untuk menunda buang air kecil. Kalau kamu tidak percaya akan hal itu, bisa kamu coba lakukan ya.

Info wajib baca: 7 Buah untuk Menghilangkan Pusing Pada Ibu Hamil | Pilih yang Kaya Vitamin C!

6. Minumlah air dalam jumlah sedikit dan sering

Jika tahu bahwa kamu akan berada dalam situasi di mana kamu harus menahan buang air kecil dalam waktu yang lama, cobalah untuk minum air dalam jumlah kecil dan sering. Ini akan membantu mencegah kandung kemih dari terisi penuh dan membuatnya lebih mudah untuk menahan buang air kecil.

Hal ini dapat membantu kamu jika kamu lagi sedang berada dalam keadaan terdesak. Cobalah untuk mengambil langkah yang seperti ini.

Bahaya Terlalu Sering Menahan Buang Air Kecil

cara menahan buang air kecil
Source: Orami

Menahan buang air kecil terlalu sering atau terlalu lama dapat berdampak negatif pada kesehatan kamu lho. Nah, ada beberapa bahaya yang dapat timbul akibat kebiasaan menahan buang air kecil yang berlebihan meliputi:

1. Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih adalah masalah kesehatan yang umum terjadi ketika bakteri masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi. Menahan buang air kecil terlalu lama dapat membuat bakteri berkembang biak di dalam kandung kemih karena urine yang tidak segera dikeluarkan.

Ini dapat meningkatkan risiko terjadinya ISK. Risiko terjadinya infeksi saluran kemih akan lebih tinggi jika kamu pernah menderita penyakit ini sebelumnya.

2. Batu ginjal

Menahan buang air kecil juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Urine yang dibiarkan dalam kandung kemih terlalu lama dapat mengakibatkan pembentukan endapan mineral yang akhirnya menjadi batu ginjal.

Hal ini sangat mengganggu kamu dalam beraktifitas. Pastinya, akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

3. Kerusakan organ panggul

Menahan buang air kecil dengan terlalu lama juga dapat meningkatkan tekanan pada organ panggul. Misalnya seperti kandung kemih, rahim, atau usus.

Hal ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut “prolaps organ panggul,” di mana organ-organ ini melorot dari posisi normal mereka. Selain itu, bisa menyebabkan kamu jadi lebih mudah ngompol.

4. Kandung kemih terlalu aktif

Jika kamu terlalu sering menahan buang air kecil, ini bisa mengganggu regulasi normal kandung kemih kamu. Kandung kemih dapat menjadi terlalu aktif, berkontraksi lebih sering daripada yang seharusnya, meskipun belum terisi penuh.

Ini dapat mengarah pada kondisi yang disebut “kandung kemih terlalu aktif”. Hal ini harus ditangani dengan pemasangan kateter.


Nah, itulah dia beberapa cara menahan untuk buang air kecil beserta bahayanya yang wajib kamu ketahui. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang sering menahan buang air kecil.

Tetaplah sehat. Dan jangan menahan buang air kecil ya!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare