...
cara mencuci tangan yang benar
5-min read

Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Menjaga Kebersihan

cara mencuci tangan yang benar

Bagaimana cara mencuci tangan yang benar? Simak informasi selengkapnya di sini, yuk!

Halo, gaes! Apakah kamu tahu bahwa mencuci tangan yang benar adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri? Ya, jika kita ingin tetap sehat dan menjaga kebersihan, maka mencuci tangan secara rutin sangat penting.

Namun, tahukah kamu cara mencuci tangan yang benar? Di artikel ini, kami akan membagikan tips dan trik tentang bagaimana cara mencuci tangan dengan benar agar bisa melindungi diri dari kuman-kuman yang berbahaya. Simak terus artikel di bawah ini, ya!

Pentingnya Mencuci Tangan

Pentingnya Mencuci Tangan
Source: Popular Science

Mencuci tangan adalah cara yang efektif untuk mencegah penyebaran kuman dan virus yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Hal ini sangat penting untuk dilakukan setiap hari karena dapat menurunkan risiko penularan berbagai penyakit, seperti diare, flu, dan COVID-19.

Mengapa begitu penting untuk mencuci tangan? Ini dikarenakan tangan kita sering kali terpapar dengan berbagai macam kuman dan virus dalam kegiatan sehari-hari, seperti menyentuh benda yang terkontaminasi, menggaruk hidung, atau menggunakan toilet.

Selain itu, Ketika kamu mencuci tangan dengan benar, kamu dapat menghilangkan bakteri, virus, dan kotoran yang mungkin tertinggal di tangan. Hal ini dapat membantu mencegah penyebaran infeksi dan penyakit yang sangat mungkin untuk tersebar di bagian tubuh kamu.

Mencuci tangan setiap hari dapat membantu mencegah penyebaran penyakit menular dan infeksi seperti flu dan demam berdarah. Hal ini juga akan membantu kamu merasa lebih bersih dan terlindungi dari banyak penyakit yang mungkin kamu serang.

Info wajib baca: 5 Manfaat Minyak kemiri untuk Rambut, Salah Satunya untuk Rambut Rontok!

Manfaat Mencuci Tangan

Manfaat Mencuci Tangan
Source: Business Insider

1. Mencegah penyebaran penyakit

Mencuci tangan adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran penyakit. Tangan kita terpapar dengan banyak kuman dan virus dalam kegiatan sehari-hari. Seperti misalnya menyentuh benda yang terkontaminasi, menggaruk hidung, atau menggunakan toilet.

Bahkan, sebagian besar penyakit menular dapat menyebar melalui kontak tangan. Mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun dan air mengalir adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran kuman dan virus yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Info wajib baca: Penjelasan tentang Flu Singapura dan Cara Mencegahnya

2. Mencegah infeksi saluran pencernaan

Mencuci tangan juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke tubuh melalui saluran pencernaan. Bakteri atau virus tersebut dapat terdapat pada makanan atau minuman yang terkontaminasi, atau di permukaan benda yang kita pegang, seperti gagang pintu, kran air, atau telepon genggam. Beberapa contoh penyakit yang dapat disebabkan oleh kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan adalah diare, penyakit tifus, keracunan makanan, dan hepatitis A.

3. Menjaga kesehatan orang lain

Kita bisa saja menjadi pembawa kuman dan virus pada tangan kita tanpa mengetahuinya karena mereka tidak selalu terlihat atau tercium. Ketika kita berinteraksi dengan orang lain, baik dalam bentuk jabat tangan atau bersalaman, maka kuman dan virus tersebut dapat menyebar ke tangan orang lain dan berpotensi menyebabkan infeksi atau penyakit pada mereka.

Dalam situasi di mana seseorang sedang sakit, mencuci tangan menjadi lebih penting lagi karena risiko penyebaran penyakit bisa menjadi lebih tinggi. Dengan mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh, kita dapat menghilangkan kuman dan virus dari tangan kita.

Sehingga, hal tersebut dapat mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan orang lain. Ini terutama penting ketika kita berada di tempat-tempat umum seperti tempat kerja, sekolah, atau fasilitas umum lainnya, di mana risiko penyebaran penyakit dapat meningkat.

Cara Mencuci Tangan yang Benar

1. Cara mencuci tangan yang benar: Menggunakan air dan sabun

Cara mencuci tangan yang benar: Menggunakan air dan sabun
Source: Live Science
  1. Basahi tangan dengan air mengalir yang bersih dan hangat.
  2. Tuangkan sabun secukupnya pada tangan yang basah. Pastikan sabun yang digunakan mengandung antiseptik untuk membunuh kuman dan virus dengan efektif.
  3. Gosokkan kedua telapak tangan, termasuk jari-jari, jempol, punggung tangan, sela jari, dan kuku. Pastikan seluruh permukaan tangan terkena sabun dan dioleskan dengan baik.
  4. Gosok telapak tangan dan sela jari dengan posisi saling bertautan. Kemudian, gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari yang saling bertautan.
  5. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar. Jangan lupa untuk menggosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.
  6. Pastikan seluruh permukaan tangan tergosok dengan baik seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  7. Bilas tangan dengan air bersih hingga bersih dari sabun.
  8. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau kertas tisu. Hindari menggunakan handuk atau tisu yang telah dipakai orang lain.
  9. Jangan menyentuh permukaan apapun setelah mencuci tangan agar tidak terkontaminasi lagi.

2. Cara mencuci tangan yang benar: Memakai cairan pembersih tangan

Cara mencuci tangan yang benar: Memakai cairan pembersih tangan
Source: Saniter
  1. Oleskan cairan pembersih tangan ke salah satu telapak tangan.
  2. Baca label produk yang digunakan untuk mengetahui jumlah yang mesti digunakan dalam sekali pakai.
  3. Gosok kedua tangan.
  4. Kemudian, gosokkan cairan ke seluruh bagian telapak tangan, punggung tangan, dan jari sampai cairan yang ada di tangan mengering.
  5. Lakukan tahap di atas selama minimal 20 detik.

Mencuci tangan dengan sabun secara teratur dan menyeluruh adalah cara yang efektif untuk membunuh kuman dan virus yang menempel pada tangan kita, sehingga dapat mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan kita serta orang lain di sekitar kita. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam menjaga kebersihan tubuh, selain dengan mencuci tangan, kita juga bisa menjaga kebersihan dengan memotong kuku atau merawat telinga agar tetap sehat dan bersih.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare