...
cara mengobati biduran
5-min read

Kenali dan Ketahui Bagaimana Cara Mengobati Biduran Sebelum ke Dokter

cara mengobati biduran

Pernah atau sedang mengalami biduran? Simak penjelasan dan cara mengobati biduran berikut ini.

Ada banyak jenis penyakit kulit yang dapat menyerang tubuh kita, salah satunya adalah biduran. Biduran memang bukan penyakit yang berbahaya, namun gejalanya bisa sangat mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Makanya, penting buat kita untuk tahu cara mengobati biduran berikut ini!

Selain biduran, ada juga penyakit kulit dermatitis atopik yang patut diwaspadai, serta bruntusan di wajah dengan gejala nggak kalah mengganggu. Kali ini, kita masuk ke pembahasan terkait cara-cara mengobati biduran. Tapi, kita simak dulu sedikit penjelasan terkait apa itu biduran, dan beberapa penyebabnya di bawah ini.

Apa Itu Biduran?

cara mengobati biduran
Source: Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan

Udah pernah dengar nama penyakit kulit yang satu ini? Buat yang belum tahu biduran atau dalam bahasa medis disebut urtikaria adalah kondisi medis yang ditandai oleh munculnya ruam pada kulit yang gatal dan terasa seperti terbakar.

Ruam pada biduran umumnya berbentuk seperti benjolan kecil yang terangkat dari permukaan kulit, dengan warna merah pucat seperti bentol. Munculnya kerap tiba-tiba dan terasa sangat gatal. Ruam ini dapat terjadi di seluruh tubuh atau hanya di beberapa area tertentu.

Penyebab dan gejala biduran

Penyebab biduran dapat bervariasi, termasuk reaksi alergi terhadap makanan tertentu, obat-obatan, gigitan serangga, paparan dingin atau panas yang ekstrem, atau stres emosional. Beberapa orang juga mengalami biduran karena kondisi medis yang mendasar, seperti penyakit tiroid atau lupus.

Gejala lain dari biduran di antaranya:

  1. Gatal yang intens.
  2. Nyeri atau rasa terbakar pada area yang terkena.
  3. Pembengkakan pada area yang terkena.
  4. Kemerahan pada kulit.
  5. Ruam yang dapat berpindah ke area yang berbeda dalam hitungan jam atau hari.

Nah, setelah mengetahui sedikit terkait biduran dan beberapa gejalanya, selanjutnya kita akan membahas terkait bagaimana cara mengobati biduran sebelum pergi ke dokter. Simak baik-baik beberapa caranya di bawah ini.

Info wajib baca: Mata Bintitan: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara Mengobati Biduran Sebelum ke Dokter

Biduran adalah kondisi di mana terjadi pembengkakan kulit yang disertai rasa gatal dan nyeri. Keadaan ini juga tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan membuat penderitanya merasa nggak nyaman. Sebelum ke dokter, simak cara-cara mengobati biduran berikut ini!

1. Cara mengobati biduran: Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa gatal pada biduran. Cara ini sangat mudah dilakukan, cukup bungkus beberapa es batu dalam handuk bersih atau lap dingin dan tempelkan ke daerah yang terkena biduran selama 15-20 menit. Kamu dapat melakukan ini beberapa kali sehari, dengan jeda minimal 10-15 menit antara satu kompres dan lainnya.

2. Beristirahat

Istirahat yang cukup dapat membantu tubuhmu melawan infeksi atau reaksi alergi yang menyebabkan biduran. Pastikan kamu tidur selama minimal 7-8 jam sehari dan hindari stres yang berlebihan.

3. Cara mengobati biduran: Minum banyak air

cara mengobati biduran
Source: NDTV.com

Minum banyak air dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan membantu tubuh membuang racun yang menyebabkan biduran. Pastikan kamu selalu minum minimal delapan gelas air sehari.

4. Hindari faktor pemicu

Jika kamu mengetahui faktor pemicu biduran, hindari makanan atau zat tersebut untuk mencegah terjadinya biduran lagi. Jika faktor pemicu tidak jelas, cobalah untuk mencatat makanan atau zat yang mungkin kamu konsumsi sebelum biduran terjadi untuk membantumu menemukan pola yang mungkin menjadi penyebab.

5. Jangan digaruk

Rasa panas dan gatal yang dialami oleh para penderita biduran pasti memunculkan keinginan untuk menggaruk daerah terkena biduran ini, tapi ternyata itu adalah sebuah kesalahan!

Kamu jangan pernah menggaruk daerah yang terkena biduran, ya! Pasalnya, jika melakukan hal tersebut, area yang terkena biduran akan semakin melebar. Selain itu, menggaruknya terus-menerus berpotensi menimbulkan lecet dan infeksi.

6. Pakai lotion antigatal

Nah, untuk menjawab masalah sebelumnya, alih-alih menggaruk, kamu bisa memakai lotion antigatal pada area tubuhmu yang terkena biduran.

Kamu bisa menggunakan lotion dengan kandungan calamine yang berguna untuk meredakan gatal-gatal ringan. Lotion sejenis ini banyak dijual di apotek maupun pasaran dan bisa dengan mudah kamu temukan!

Info wajib baca: Tips-Tips Sederhana Merawat Telinga Agar Tetap Sehat dan Bersih

7. Cara mengobati biduran: Berada di tempat yang sejuk

cara mengobati biduran
Source: Freepik

Karena sensasi gatal dan panas pada biduran membuatmu nggak nyaman, sebaiknya kamu berdiam dan menjaga suhu tubuh serta lingkungan tempatmu berdiam tetap sejuk.

Hal ini bisa mengurangi rasa gatal, sakit, serta panas yang dirasakan olehmu. Usahakan jangan terpapar sinar matahari atau pergi-pergi dulu kalau nggak mau biduranmu makin parah!

8. Minum antihistamin

Antihistamin adalah obat yang dapat membantu mengurangi reaksi alergi yang menyebabkan biduran. Obat antihistamin yang dapat dibeli di apotek umumnya tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, atau sirop.

Pastikan untuk mengikuti instruksi pada kemasan obat dan konsultasikan kepada dokter kalau kamu memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

9. Salep kortikosteroid

Salep kortikosteroid adalah obat topikal yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit yang terkena biduran.

Obat salep ini umumnya tersedia di apotek dengan resep dokter. Gunakan salep kortikosteroid sesuai petunjuk pada kemasan atau seperti yang dianjurkan oleh dokter.

Kapan Harus Konsultasi dengan Dokter?

Konsultasi Dengan Dokter
Source: Freepik

Jika biduran terus muncul dan semakin parah, atau disertai pusing, bengkak pada tenggorokan atau wajah, dan sulit bernapas, segera pergi berkonsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin meresepkan obat-obatan yang lebih kuat atau bahkan injeksi.

Diagnosis biduran dapat dilakukan oleh dokter melalui pemeriksaan fisik dan wawancara medis. Jika dokter mencurigai adanya kondisi medis yang mendasar, maka tes tambahan seperti tes darah atau biopsi kulit dapat dilakukan.

Pengobatan biduran tergantung pada penyebabnya. Jika biduran disebabkan oleh reaksi alergi terhadap makanan, obat-obatan, atau bahan tertentu, dokter dapat meresepkan obat untuk mengurangi gejala.

Kalau biduran disebabkan oleh kondisi medis yang mendasar, pengobatan dapat dilakukan sesuai dengan kondisi tersebut.

Beberapa cara yang dapat membantu mencegah biduran termasuk menghindari faktor pencetusnya, seperti makanan tertentu, suhu dingin yang ekstrem, atau menghindari stres emosional.

Kalau seseorang memiliki riwayat biduran yang parah, dokter dapat merekomendasikan penanganan darurat atau memberikan penanganan darurat yang dapat dilakukan di rumah, seperti memberikan obat antihistamin atau kortikosteroid sesuai dengan rekomendasi dokter.


Itu tadi beberapa cara mengobati biduran dengan mudah sebelum pergi ke dokter. Perlu diingat, biduran bisa terjadi karena berbagai faktor dan salah satunya adalah faktor alergi. Kalau gejala yang ditimbulkan cukup parah, ada baiknya kamu langsung pergi dan melakukan konsultasi ke dokter.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Surabaya Murah

Info Kost Semarang Murah

Kost Solo Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare