...
cara mengembalikan indra penciuman
5-min read

15 Cara Mengembalikan Indra Penciuman yang Sebelumnya Hilang

cara mengembalikan indra penciuman

Ada berbagai cara mengembalikan indra penciuman yang sebelumnya hilang.

Salah satu dari lima indera manusia yang memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari adalah indra penciuman, yang dapat mendeteksi berbagai bau yang dapat memengaruhi selera makan, kenikmatan makanan, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara mengembalikan indra penciuman yang sebelumnya hilang?

Jika kamu sedang mengalami hal seperti itu, alangkah lebih baiknya kamu tau bagaimana cara mengatasinya. Penasaran bagaimana caranya? Cek di bawah ini ya.

Info wajib baca: Inspirasi Hadiah! Berikut Daftar Barang yang Disukai Wanita

Cara Mengembalikan Indra Penciuman

cara mengembalikan indra penciuman
Source: Pyfa Health

Di bawah ini, kami akan membahas beberapa pilihan pengobatan dan teknik yang dapat membantu mengembalikan indra penciuman:

1. Berkonsultasi dengan dokter

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika kamu mengalami kehilangan indra penciuman adalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa kamu secara fisik dan melihat riwayat medis kamu untuk mengetahui apa yang menyebabkan kamu kehilangan penciuman.

Setelah itu, mereka dapat merujuk kamu ke ahli penciuman yang sesuai atau ke dokter yang merawat kamu.

2. Mengatasi penyebabnya

Untuk memungkinkan pemulihan, perlu mengatasi penyebab utama kehilangan penciuman, seperti polip hidung, rhinosinusitis kronis, atau infeksi saluran pernapasan atas. Pengobatan yang tepat dapat mencakup penggunaan antibiotik, penggunaan obat pereda peradangan, atau bahkan operasi pengangkatan polip hidung.

3. Terapi obat

Dokter kadang-kadang dapat meresepkan obat tertentu untuk membantu merangsang kembali indera penciuman kamu. Misalnya, kortikosteroid nasal dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan membantu memulihkan fungsi penciuman yang terganggu.

4. Terapi rehabilitasi

Terapi rehabilitasi penciuman adalah jenis latihan yang membantu memperbaiki atau mengembalikan indera penciuman. Ini dapat mencakup latihan pernapasan, stimulasi bau, dan teknik pemulihan lainnya di bawah pengawasan profesional.

5. Paparan bau-bauan jadi cara mengembalikan indra penciuman

Terpapar pada berbagai bau-bauan telah dilaporkan dapat membantu orang mengembalikan indra penciuman mereka. Mencium berbagai bahan alami seperti minyak esensial, bunga, atau rempah-rempah adalah salah satu contohnya.

Karena paparan berlebihan terhadap bau-bauan tertentu dapat merusak indra penciuman lebih lanjut, sangat penting untuk melakukannya dengan hati-hati dan di bawah pengawasan profesional.

6. Terapi elektrostimulasi

Metode eksperimental yang sedang diteliti adalah terapi elektrostimulasi hidung, yang menggunakan alat elektronik untuk merangsang saraf hidung untuk membantu memperbaiki indera penciuman yang hilang. Ada harapan bahwa metode ini dapat menjadi pilihan terapi di masa depan, meskipun saat ini masih dalam tahap penelitian.

7. Gaya hidup sehat

Pemulihan indra penciuman dapat dicapai dengan mengikuti pola hidup sehat. Ini mencakup menghindari merokok, asap rokok, dan alkohol yang berlebihan, karena semua ini dapat merusak indera penciuman.

Kamu juga dapat meningkatkan kualitas hidup kamu secara keseluruhan dengan berolahraga, tidur yang cukup, dan menjaga diet yang seimbang.

8. Perubahan diet

Makanan yang kamu konsumsi dapat berdampak pada sensasi penciuman kamu. Ada bukti bahwa beberapa makanan dan minuman, seperti makanan pedas, bawang putih, jahe, dan teh hijau, dapat meningkatkan sensasi penciuman.

Meningkatkan sensitivitas penciuman kamu dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan bahan-bahan ini.

9. Minum air yang cukup jadi cara mengembalikan indra penciuman

Untuk mengembalikan indra penciuman dan perasa, penting untuk banyak minum air mineral. Kekurangan air akan menyebabkan mulut kering, yang memperparah hilangnya indra perasa.

Di antara makan, coba minum banyak air mineral. Saat kamu makan, kamu juga dapat meneguk air putih.

Info wajib baca: Mudah! Inilah Cara Membuat Onde-onde Isi Kacang Hijau

10. Coba makanan yang rasanya kuat

Mencoba makanan dengan rasa yang kuat membantu mengembalikan indra perasa yang hilang. Meskipun kamu tidak lagi dapat merasakan rasa makanan secara keseluruhan, beberapa jenis makanan memiliki rasa yang lebih kuat daripada yang lain.

Kamu dapat meningkatkan perasaan kamu dengan mencoba mencicipi makanan seperti ini. Coba makan makanan yang asam, seperti jeruk nipis, lemon, atau buah asam lainnya. Jika kamu memasak makanan, coba tambahkan bumbu dan herbal yang kuat, seperti kayu manis, bubuk bawang putih, bubuk cabai, atau bahkan cuka.

11. Konsumsi makanan yang kamu suka

Makan makanan yang kamu suka adalah cara selanjutnya untuk mengembalikan indra perasa kamu. Hal ini memastikan bahwa kamu tidak akan kekurangan nutrisi karena tidak selera makan.

Makanan ini tidak sehat, tetapi selama kamu menyukainya, kamu dapat memakannya dulu. Ini lebih baik daripada tidak makan sama sekali. Kamu dapat menambah garam lebih banyak jika kamu suka makanan yang asin.

Jika Anda sudah suka satu makanan dan tidak bisa makan yang lainnya, tetaplah dengan pola makan ini sampai perasaan kamu mulai pulih. Namun, jangan lupa bahwa kamu harus melihat dokter jika kondisi kamu tidak membaik dalam jangka waktu lama.

12. Makan sedikit tapi sering jadi cara mengembalikan indra penciuman

Mereka yang berdiet biasanya mengikuti saran makan ini, tetapi ternyata mereka juga berguna untuk mengembalikan rasa. Makan sedikit-sedikit, tetapi sering. Selain itu, jika kamu merasa mual karena harus menelan makanan hambar. Metode ini mungkin merupakan salah satu solusinya.

Coba makan setiap dua hingga empat jam sekali setiap hari. Usahakan memakan karbohidrat, protein, dan lemak sehat dalam setiap makan.

Kemudian tambah dua porsi camilan sehat setiap hari. Dengan pola makan yang sedikit, kamu dapat mengurangi risiko menjadi bosan dengan makanan tertentu. Selain itu, cara ini memastikan kamu tetap mendapatkan asupan nutrisi meskipun mulut kamu sakit.

13. Pakai minyak esensial

Cara berikutnya untuk mengembalikan indra penciuman adalah dengan menggunakan minyak esensial. Minyak esensial, juga dikenal sebagai minyak atsiri, adalah zat yang diekstrak dari bagian tumbuhan dan diperoleh melalui proses penyulingan.

Selain itu, minyak ini dianggap memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Untuk memperbaiki hilangnya indra penciuman, kamu dapat melakukan latihan penciuman dengan menghirup minyak esensial selama dua hingga tiga kali sehari.

14. Fokus pada indra lainnya jadi cara mengembalikan indra penciuman

Untuk mengembalikan indra perasa kamu, kamu perlu berkonsentrasi saat makan. Jika kamu juga kehilangan indra penciuman, coba manfaatkan indra penglihatan, penciuman, dan pendengaran kamu dengan mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur, aroma, tampilan, dan suara saat dikunyah.

Dengan melakukan ini, kamu juga bisa melihat warna, tekstur, dan perbedaan makanan yang ada di depan kamu. Jika kamu juga kehilangan indra penciuman, coba tambahkan berbagai rempah dan herbal ke dalam makanan kamu.

15. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah cara yang bagus untuk mengembalikan indra penciuman, terutama bagi mereka yang merokok karena kebiasaan merokok dapat mengganggu kepekaan indra penciuman.


Nah, itulah dia beberapa cara mengembalikan indra penciuman yang sebelumnya hilang. Jika kamu sedang mengalam hal ini, cobalah untuk melakukan cara yang ada di atas.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare