...
purging dan breakout
5-min read

Serupa Tapi Tak Sama, Pahami Perbedaan Purging dan Breakout yang Mengganggu Penampilan

purging dan breakout

Purging dan breakout merupakan dua kondisi yang sering dialami saat menggunakan skincare

Perawatan wajah untuk mendapatkan penampilan terbaik pastinya menjadi dambaan banyak orang, nih. Namun, kamu pernah nggak, pas lagi berusaha bikin kulit makin oke, tiba-tiba muncul masalah baru yang mengganggu dan malah merusak penampilan?

Nah, salah satu masalah di wajah yang sering mengganggu di antaranya adalah purging atau breakout. Dua kondisi ini nggak jarang bikin kita kesal karena usaha untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat menjadi sirna.

Lantas, apa aja, sih, perbedaan keduanya? Dan bagaimana kedua kondisi itu bisa terjadi saat kita sedang melakukan perawatan wajah secara rutin?

Nah, supaya kamu nggak makin bertanya-tanya, Kostmin akan ajak kamu untuk mencari tahu apa bedanya purging dan breakout supaya kamu bisa lebih paham dan menemukan skincare terbaik untuk kondisi tersebut. Simak terus, ya, guys!

Mengenal Purging dan Breakout

purging dan breakout
Source: Twelve Beauty

Purging dan breakout adalah dua masalah kesehatan wajah yang terlihat mirip, namun ternyata memiliki perbedaan, lho. Berikut di antaranya

Purging

Purging itu lebih mirip dengan adaptasi kulit ketika kita mulai pake produk skincare baru yang mengandung bahan aktif. Jadi, kadang-kadang, kulit akan jadi lebih bermasalah sebentar sesaat setelah melakukan pemakaian.

Nah, ini sebenarnya tanda bahwa produknya lagi ‘bersihin’ jerawat-jerawat yang sudah ada di bawah permukaan kulit. Biasanya, purging cuma berlangsung sekitar 6-8 minggu. Masalahnya  pun nggak terlalu parah dan setelah itu kulit bakal jadi lebih baik lagi.

Info wajib baca: Mengenal Ciri Jerawat Karena Tidak Cocok Skincare dan Cara Mencegahnya

Breakout

Nah, kalau breakout, ini lebih ke masalah jerawat biasa. Breakout bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti stres, penggunaan produk yang salah, atau iritasi.

Bedanya dengan purging, breakout ini bisa lebih parah dan bisa ninggalin bekas. Kondisi ini pun bisa berlangsung selama berbulan-bulan, jadi agak lebih lama dibanding purging.

Jadi, intinya, purging itu kayak fase ‘jelek sebentar’ sebelum kulit kita bener-bener membaik karena produk baru. Sementara breakout itu jerawat-jerawat biasa yang bisa mengganggu dalam jangka waktu yang lebih lama.

Perbedaan Purging dan Breakout

Source: Plasthetic Clinic

Perbedaan antara purging dan breakout dalam dunia skincare adalah salah satu hal yang bisa bikin bingung, soalnya tanda-tandanya bisa mirip-mirip gitu. Tapi sebenarnya, ada bedanya, lho! Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Perbedaan purging dan breakout dari penyebabnya

Purging itu biasanya terjadi karena kita baru aja mulai pakai produk skincare dengan bahan aktif tertentu. Jadi, sederhananya, purging ini kayak reaksi kulit kita yang lagi beradaptasi.

Sementara, breakout, well, itu bisa disebabkan oleh banyak hal. Stres, terlalu sering eksfoliasi, iritasi kulit berlebihan, atau pori-pori yang tiba-tiba tersumbat, semuanya bisa jadi penyebabnya.

2. Keparahan gejala

Perbedaan lain, kamu bisa lihat langsung dari tingkat keparahan gejalanya. Saat purging, biasanya masalahnya nggak seberapa parah, dan yang paling penting, nggak meninggalkan bekas hitam di wajah kita setelah sembuh.

Nah, sementara kalau breakout bisa jadi lebih berat dan ini yang bikin kita bisa punya noda atau bekas setelah semuanya pulih. Breakout meninggalkan bekas hitam pada bagian wajah yang tentunya dapat mengganggu penampilan dan mengurangi percaya diri.

3. Area munculnya masalah

Lokasi timbulnya masalah ini juga bisa jadi pembeda, lho. Saat purging, masalah ini biasanya hanya ada di area kulit yang memang sudah bermasalah dari sebelumnya misalnya area yang sering jerawatan atau bisa juga hanya di area yang kena skincare.

Nah, kalau breakout, dia bisa nongol di mana aja. Nggak peduli kulit itu biasanya bermasalah atau enggak, atau bahkan di area yang nggak pernah bersentuhan sama skincare sekalipun.

Info wajib baca: Rekomendasi dan Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

4. Perbedaan purging dan breakout dari durasinya

Durasi juga jadi pembeda lainnya antara purging dan breakout. Purging itu sebenarnya cuma mampir sebentar, maksimal 6-8 minggu saja.

Sementara, breakout bisa jadi penghuni tetap di wajah kita selama berbulan-bulan. Kalau kayak gitu, mendingan kita ambil asumsi bahwa ini bukan purging lagi, tapi mungkin udah jadi masalah kulit yang lain, dalam hal ini adalah breakout.

Jadi, kalau kamu lagi mengalami purging, bersabar aja. Ini cuma fase beradaptasi kulit sama produk baru, kok.

Biar lebih nyaman, coba deh pakai produk baru itu secara pelan-pelan. Misalnya, mulai dengan dua kali seminggu pertama, terus naikkan frekuensinya seiring kulit beradaptasi.

Tapi, jangan lupa juga, purging nggak akan bertahan terlalu lama. Jadi kalau kamu masih menderita berbulan-bulan lamanya, lebih baik kamu minta saran sama dokter kulit. Mungkin yang kamu alami bukan purging, tapi udah jadi breakout.

Jadi, jangan panik, ya, gaes! Skincare memang bisa bikin kita bingung, tapi sekarang kamu udah lebih paham soal bedanya purging dan breakout. Jadi, tetap tenang dan bersabar, kulitmu pasti akan bersinar sehat!


Nah, apa kamu punya pengalaman menarik yang bisa diceritakan mengenai purging dan breakot ini? Yuk, share di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare