...
cara menghilangkan bau ketiak
5-min read

9 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mudah dan Efektif

cara menghilangkan bau ketiak

Bau ketiak bikin nggak pede? Praktikkan cara menghilangkan bau ketiak yang mudah dan efektif, yuk.

Semua orang pasti ingin memiliki ketiak yang bersih dan segar tanpa bau, tetapi faktanya tidak semua dari kita bisa menghindari bau badan yang tak sedap. Masalah ini bisa sangat mengganggu kepercayaan diri.

Nggak usah khawatir lagi karena ada banyak cara alami dan mudah untuk menghilangkan bau ketiak secara efektif. Kali ini, Kostmin bakal kasih kamu sembilan cara sederhana namun ampuh buat kamu yang mau ngilangin bau ketiak!

Mengenal Bau Ketiak

Ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang bisa bikin seseorang tambah pede kalau dirawat dengan baik. Mulai dari melakukan cara memutihkan ketiak secara alami. Selain badan, bagian tubuh ini paling mudah berbau. Hal berikut juga bisa jadi sumber masalah kesehatan, seperti infeksi bakteri atau jamur.

Bau ketiak, atau yang juga dikenal sebagai bau badan atau bau keringat, adalah aroma yang timbul ketika keringat di ketiak bereaksi terhadap bakteri yang ada pada kulit. Bau ketiak dapat bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya, tergantung faktor-faktor seperti kebersihan pribadi, kebiasaan hidup, dan kondisi kesehatan.

Ketiak adalah salah satu daerah yang menghasilkan banyak keringat karena terdapat banyak kelenjar keringat di area tersebut. Keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbau.

Namun, ketika keringat bercampur dengan bakteri yang hidup di permukaan kulit, terutama di area yang lembap seperti ketiak, bakteri tersebut akan menguraikan komponen keringat, menghasilkan senyawa yang memiliki aroma tidak sedap.

Faktor Penyebab Bau Ketiak

cara menghilangkan bau ketiak
Source: Orami

Banyak faktor yang dapat menyebabkan bau ketiak, seperti kebersihan pribadi, gaya hidup, kesehatan, hingga jenis keringat, dan jenis pakaian.

  1. Kebersihan pribadi: Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi secara teratur dan membersihkan ketiak secara menyeluruh dapat membantu mengurangi bau ketiak.
  2. Gaya hidup: Orang-orang yang sering berolahraga atau yang sering mengonsumsi makanan pedas atau berlemak tinggi cenderung memiliki masalah dengan bau ketiak.
  3. Kesehatan: Masalah pencernaan, gangguan tiroid, diabetes, dan obesitas dapat semua menyebabkan bau ketiak. Beberapa kondisi medis seperti hiperhidrosis (produksi keringat yang berlebihan), masalah hormon, atau infeksi kulit tertentu juga dapat menyebabkan bau ketiak yang lebih kuat.
  4. Jenis keringat: Ada beberapa orang yang menghasilkan keringat dengan aroma yang lebih kuat, atau bahkan intensitasnya lebih banyak. Yang pastinya, hal ini dapat memengaruhi intensitas bau pada ketiak orang tersebut.
  5. Jenis pakaian: Pakaian dari bahan tertentu seperti nylon dan polyester dapat membuat ketiak kamu lebih basah dan meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Info wajib baca: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Panu di Wajah Tanpa Efek Samping

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Bau ketiak merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Kamu bisa menghindari masalah bau di tubuh dengan mengetahui cara menghilangkan bau badan. Tapi, buat yang spesifik mau menghindari masalah ini, kamu harus tau gimana cara menghilangkan bau ketiak berikut!

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bau ketiak secara alami yang mudah dan efektif, mulai dari metode alami hingga menggunakan produk komersial.

1. Jeruk nipis

Sebagian besar orang pasti mempunyai jeruk nipis di rumah, kamu juga pasti punya. Kalaupun nggak ada, bisa dibeli dengan mudah di pasar atau bahkan warung dan tukang sayur.

Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau ketiak dengan cara membersihkan ketiakmu dengan perasan jeruk nipis sebelum berpakaian atau setelah mandi.

2. Cara menghilangkan bau ketiak: Mandi secara teratur

cara menghilangkan bau ketiak
Source: Insider

Mandi setidaknya satu atau dua kali sehari dengan menggunakan sabun antibakteri membantu membersihkan keringat, bakteri, dan kotoran dari kulit kamu. Pastikan untuk fokus membersihkan ketiak dengan baik dan menyeluruh.

3. Gunakan deodoran atau antiperspiran

Kamu bisa pakai deodoran atau antiprespiran yang sesuai dengan jenis kulitmu. Deodoran akan menutupi bau ketiak, sedangkan antiperspiran akan mencegah produksi keringat sehingga tidak akan terjadi bau ketiak. Pilihlah produk yang berbahan alami dan tidak berbahaya bagi kulit kamu.

4. Gunakan pakaian yang terbuat dari serat alami

Pakaian yang terbuat dari serat alami seperti katun, linen, atau wol membantu menyerap keringat dan menghindari penumpukan bakteri yang menyebabkan bau. Hindari pakaian sintetis yang tidak dapat menyerap keringat dengan baik.

5. Cara menghilangkan bau ketiak: Hindari pakaian yang terlalu ketat

Pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan penumpukan keringat dan meningkatkan kelembapan di area ketiak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Pilih pakaian longgar dan dapat memberikan sirkulasi udara yang baik.

Info wajib baca: 7 Cara Mudah Mengencangkan Payudara Secara Alami dalam Waktu 1 Minggu

6. Gantilah pakaian secara teratur

Mengganti pakaian secara teratur membantu menghindari penumpukan bakteri dan keringat yang dapat menyebabkan bau ketiak. Jika Anda memiliki masalah bau ketiak yang persisten, mungkin perlu mengganti pakaian beberapa kali dalam sehari.

7. Hindari makanan yang dapat memengaruhi bau tubuh

Beberapa jenis makanan seperti bawang putih, bawang merah, makanan pedas, dan makanan berlemak tinggi dapat memengaruhi bau tubuh Anda, termasuk bau ketiak. Cobalah menghindari atau membatasi konsumsi makanan ini untuk mengurangi bau yang tidak sedap.

8. Cara menghilangkan bau ketiak: Gunakan bedak atau talk

cara menghilangkan bau ketiak
Source: Medical News Today

Menggunakan bedak atau talk di area ketiak dapat membantu menyerap kelembapan dan mengurangi bau ketiak. Pastikan area ketiak kering sebelum mengaplikasikan bedak atau talk untuk hasil yang lebih baik.

9. Hindari stres berlebihan

Stres dapat meningkatkan produksi keringat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko bau ketiak tidak sedap. Coba temukan cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, olahraga, atau kegiatan yang menenangkan.


Buat kamu yang punya masalah sama bau ketiak, sekarang udah nggak ada alasan lagi buat minder, ya! Kamu bisa ikutin tips cara menghilangkan bau ketiak di atas biar kamu makin pede, dan ketiakmu tetep bersih dan wangi!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare