...
cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh
5-min read

Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh dan Tips Mencegah Gatal pada Kulit

cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh

Keganggu sama gatal yang nggak sembuh-sembuh? Simak cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh berikut.

Kamu sering mengalami gatal-gatal pada kulit? Jangan khawatir, ini adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Tapi kalau sembuhnya lama banget? Tenang, ini dia beberapa cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh. Simak, yuk!

Gatal di kulit pasti ganggu banget dan bikin kamu nggak nyaman dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, dalam artikel ini Kostmin bakalan bahas cara-cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh, biar kamu merasa nyaman dan percaya diri tanpa harus terus-terusan menggaruk kulit.

Apa itu Gatal pada Kulit?

Gatal pada kulit yang secara medis dikenal sebagai pruritus, adalah sebuah rasa ketidaknyamanan hingga menyebabkan seseorang ingin menggaruk bagian kulit yang terasa gatal tersebut.

Hal ini merangsang dorongan untuk menggaruk atau menggosok kulit. Gatal pada kulit adalah gejala yang umum dan dapat terjadi pada berbagai kondisi kulit atau sebagai respons terhadap rangsangan tertentu.

Rasa gatal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti alergi, iritasi, atau penyakit kulit seperti eksim. Gatal pada kulit juga bisa menjadi pertanda dari reaksi alergi terhadap obat-obatan, makanan, jamur, ataupun debu.

Penyebab umum gatal di kulit

Selain beberapa penyebab di atas, ada juga beberapa penyebab gatal pada kulit lainnya dan dapat bervariasi. Beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan gatal pada kulit kita meliputi:

  1. Kondisi kulit: Beberapa kondisi kulit seperti dermatitis (peradangan kulit), eksim, psoriasis, atau urtikaria (ruam gatal) dapat menyebabkan gatal pada kulit.
  2. Alergi: Reaksi alergi terhadap zat tertentu, seperti makanan, obat-obatan, bahan kimia, atau serbuk sari, dapat menyebabkan gatal pada kulit.
  3. Infeksi: Infeksi kulit oleh jamur, bakteri, atau parasit seperti scabies atau kutu dapat menyebabkan gatal intens pada kulit.
  4. Kondisi medis lainnya: Beberapa kondisi medis seperti penyakit hati, gangguan tiroid, diabetes, gagal ginjal, atau penyakit darah tertentu dapat menyebabkan gatal pada kulit.
  5. Keringat dan panas: Peningkatan produksi keringat atau paparan panas dapat menyebabkan gatal pada kulit, terutama pada area yang tertutup dan lembap.
  6. Stres dan emosi: Stres atau kecemasan dapat memengaruhi sistem saraf dan menyebabkan gatal pada kulit.

Terkadang, gatal pada kulit dapat menjadi gejala sementara yang hilang dengan sendirinya, tetapi dalam beberapa kasus, perawatan mungkin diperlukan untuk mengurangi gatal dan mengobati penyebabnya.

Info wajib baca: Skincare Hamil: Tips dan Produk yang Aman Biar Tetap Glowing Selama Kehamilan

Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh

Kamu udah berbulan-bulan mengalami gatal pada kulit dan nggak kunjung sembuh? Gatal-gatal merupakan masalah yang sering dialami oleh orang. Nggak cuma kulit, ada juga penyebab dubur gatal dan cara mengatasinya yang patut kamu kepoin juga.

Gatal akan muncul ketika area kulit teriritasi atau iritasi sentuhan. Masalah ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kalau kamu sedang mengalami gatal yang tidak kunjung sembuh, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

1. Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit

Kamu bisa menjaga kebersihan dan kesehatan kulitmu dengan cara mandi secara teratur dengan air hangat dan gunakan sabun ringan yang cocok untuk kulit sensitif.

Perlu juga menghindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung pewangi atau bahan kimia yang keras yang dapat memperburuk iritasi. Tepuk kulit dengan lembut menggunakan handuk kering setelah mandi, hindari menggosok kulit secara kasar yang dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut.

2. Cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh: Hindari pemicu dan alergen

cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh
Source: Tribun Shopping

Identifikasi pemicu yang memicu gatal pada kulit kamu. Hal ini bisa termasuk deterjen, pewangi, kosmetik, serbuk sari, makanan tertentu, atau bahan kimia.

Perlu juga buatmu yang sedang mengalami gatal pada kulit untuk menghindari kontak langsung dengan pemicu dan alergen tersebut, agar mencegah reaksi alergi atau iritasi kulit.

3. Menggunakan pelembap

Gunakan pelembap yang lembut dan bebas pewangi untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk gatal.

Kamu dapat memilih pelembap yang mengandung bahan alami seperti aloe vera atau lidah buaya, minyak kelapa, atau shea butter yang dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit.

4. Penggunaan kompres dingin

Kalau kulit kamu gatal dan terasa panas atau bahkan mengalami peradangan, kamu bisa mencoba untuk mengompresnya dengan kain bersih yang direndam dalam air dingin.

Kompres air dingin ini dapat membantu meredakan gatal, mengurangi peradangan, dan memberikan sensasi menyegarkan pada kulit yang gatal tadi.

Info wajib baca: Minyak Zaitun Dipercaya Dapat Menjaga Kecantikan Kulit, Ini Manfaat dan Cara Menggunakannya!

5. Cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh: Penggunaan obat antigatal

cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh
Source: DokterSehat

Gunakan krim atau jenis salep antigatal yang ampuh dan mengandung bahan antigatal seperti hidrokortison dalam jumlah rendah. Namun, kamu perlu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan hati-hati.

Kalau gatal yang kamu alami lumayan parah, dokter mungkin meresepkan obat anti-histamin oral yang dapat membantu mengurangi gatal dan peradangan.

6. Menerapkan teknik relaksasi

Stres dan kecemasan juga ternyata dapat memperburuk gatal pada kulit. Praktekkan teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

7. Hindari menggaruk daerah yang gatal

Meskipun menggaruk dapat memberikan kelegaan sesaat, hal ini dapat memperburuk kondisi kulit dan menyebabkan iritasi atau bahkan infeksi, loh. Hindari menggaruk kulit yang gatal dan cobalah untuk mengalihkan perhatian kamu dengan melakukan aktivitas lain.

Atau kamu bisa melakukan beberapa cara sebelumnya seperti mengoleskan salep anti gatal atau kompres dengan air dingin yang bisa meredakan rasa gatal di kulit kamu.

8. Cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh: Konsultasi ke dokter

cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh
Source: Umi Art

Kalau gatal pada kulit kamu nggak kunjung sembuh atau malah semakin parah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau alergi. Mereka dapat melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi kulit kamu dan memberikan perawatan yang tepat.

Cara Pencegahan Gatal pada Kulit

Buat kamu yang nggak mau kalau sampai terkena masalah yang pastinya bakal mengganggu aktivitasmu sehari-hari ini, kamu bisa ikutin beberapa tips cara mencegah gatal pada kulitmu berikut ini. Disimak, ya!

1. Menghindari pakaian yang ketat

Pakaian yang ketat bisa jadi salah satu penyebab gatal pada kulitmu. Kenakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang lembut, seperti katun, untuk menghindari iritasi pada kulit. Hindari juga penggunaan pakaian yang dengan bahan yang terlalu kasar atau kain berbahan sintetis.

2. Hindari cuaca ekstrem

Paparan terhadap cuaca yang sangat panas atau dingin dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Gunakan pelindung seperti tabir surya saat berada di bawah sinar matahari yang terik, dan gunakan pakaian hangat saat berada di lingkungan yang dingin.

3. Perhatikan makanan dan minuman

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap makanan tertentu, seperti makanan laut, kacang-kacangan, atau susu. Jika kamu mulai merasa gatal setelah mengonsumsi suatu makanan, segera hentikan mengonsumsi makanan tersebut dan langsung berkonsultasilah ke dokter.

4. Hindari stres berlebihan

Stres juga ternyata dapat memengaruhi kondisi kulit dan bisa menyebabkan gatalmu semakin parah. Usahakan untuk mengelola stres dengan cara yang sehat, seperti berolahraga, bermeditasi, atau melakukan aktivitas menyenangkan.


Itu tadi beberapa cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh, dan juga tips untuk mencegah biar kulit kamu nggak gatal-gatal. Kalau gatal di kulitmu berkelanjutan atau menjadi makin parah, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau dermatologis untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Surabaya Murah

Info Kost Semarang Murah

Kost Solo Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare