...
cara menghilangkan rasa takut
5-min read

8 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Efektif, Wajib Kamu Coba

cara menghilangkan rasa takut

Kamu sering merasa takut? bahkan untuk hal-hal yang mungkin biasa saja? Coba terapkan cara menghilangkan rasa takut di artikel ini, yuk.

Cara mengatasi rasa takut yang berlebihan wajib kamu ketahui. Untuk mengatasi rasa takut, kamu perlu menghadapinya, karena menghindari hal tersebut hanya akan membuat ketakutan tersebut tetap ada.

Jangan sampai rasa takut itu menguasai diri kamu. Ketakutan bisa muncul dalam berbagai bentuk, seperti takut sendirian, saat bertemu orang lain terutama orang yang baru dikenal, atau bahkan ketakutan dengan hantu.

Jika ketakutan berlebihan tidak segera kamu atasi, hal tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kehidupan sosial. Terutama jika ketakutan tersebut berkaitan dengan orang lain.

Info wajib baca: Cara Menghilangkan Memar Biru di Rumah, Mudah dan Efektif!

8 Cara Menghilangkan Rasa Takut

Menghilangkan rasa takut perlu kamu lakukan untuk mengurangi tingkat kecemasan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Perasaan takut kadang sering muncul saat kita sendirian sehingga tidak fokus dalam menjalani aktivitas yang sedang kamu kerjakan. Berikut 8 cara menghilangkan rasa takut:

1. Hadapi rasa takut tersebut

cara menghilangkan rasa takut
Source: alodokter

Sebenarnya, salah satu cara yang paling simpel untuk mengatasi rasa takut adalah dengan menghadapi ketakutan tersebut. Meskipun terdengar sebagai tindakan yang sulit, hal ini bukan berarti tidak bisa kamu lakukan.

Terus menghindari situasi atau hal yang menyebabkan rasa takut hanya akan menghambat kemampuan kamu untuk melakukan aktivitas yang diinginkan. Mungkin sebelum mencoba melakukan sesuatu, kamu sudah merasa ragu dan mundur akibat rasa takut yang menghantui.

Oleh karena itu, cara yang paling efektif untuk mengatasi rasa takut adalah dengan menghadapinya secara langsung. Meskipun mungkin terasa sulit pada awalnya, seiring berjalannya waktu, kamu akan menjadi lebih terbiasa dan rasa takut itu akan berkurang.

2. Luangkan waktu

Rasa takut yang berlebihan dapat menghambat kamu untuk berpikir dengan jernih. Apabila situasi ini muncul, langkah awal yang perlu diambil adalah memberikan waktu untuk menenangkan fisik kamu.

Cobalah untuk mengalihkan perhatian dari kecemasan selama 15 menit. Kamu bisa melakukan aktivitas misalnya berjalan-jalan ke sekeliling, membuat teh, atau mandi.

Info wajib baca: 8 Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah, Lakukan dengan Cara Perlahan

3. Menenangkan diri

Ketika mengalami rasa takut, mungkin kamu akan mengalami berbagai gejala fisik yang bisa membuat kamu merasa tidak nyaman. Padahal, gejala-gejala tersebut dapat memperburuk suasana dan kondisi semakin parah.

Oleh karena itu, untuk mengatasi rasa takut, kamu harus dalam keadaan yang santai dan terhindar dari stres. Untuk mengatasi rasa takut, langkah awal adalah menenangkan diri secara fisik dan mental.

Ini dapat dilakukan dengan melakukan napas dalam, minum air putih, atau mencoba mengalihkan perhatian dari rasa takut tersebut. Misalnya dengan berjalan kaki sejenak sambil mendengarkan musik yang ceria.

4. Bayangkan tempat yang menyenangkan

Mengatasi rasa takut selanjutnya dapat dilakukan dengan membayangkan tempat-tempat yang bikin kamu senang dan bahagia, seperti lingkungan yang aman dan tenang.

Cara ini bisa berupa berjalan di pantai yang indah, tidur di dekat kucing peliharaan, atau merenungkan kenangan manis dari masa kecil. Hal tersebut dapat memberikan perasaan yang positif sampai kamu merasa lebih rileks.

5. Kenali pemicu rasa takut kamu

Salah satu cara untuk mengatasi atau mengurangi rasa takut yang berlebihan adalah dengan mengenali pemicunya terlebih dahulu. Jika memungkinkan, mencoba membuat catatan jurnal setiap kali kamu merasakan ketakutan yang berlebihan.

Dari catatan tersebut, kamu dapat memahami situasi yang sebenarnya terjadi dan kapan saja rasa takut tersebut muncul. Selain itu, mencatat target-target sederhana juga dapat membantu dalam menghadapi rasa takut jika muncul kembali.

Pendekatan ini bisa menjadi cara yang efektif. Dan bisa kamu coba untuk mengatasi atau menghilangkan ketakutan.

6. Keluar rumah

Keluar rumah dapat menjadi langkah awal untuk mengatasi rasa takut kamu bertemu dengan orang lain. Untuk mengurangi kecemasan, Kamu perlu berada di lingkungan yang dihuni oleh orang-orang yang tidak kamu kenal.

Pertama-tama kamu tidak perlu berkomunikasi langsung dengan orang lain. Kamu hanya perlu membiasakan diri berada di lingkungan yang asing dengan orang yang tidak kamu kenal.

Info wajib baca: Ini 9 Cara Tidur Berkualitas yang Bikin Kamu Segar di Pagi Hari

7. Lakukan kontak mata dan tersenyum dengan orang lain

Melakukan kontak mata dan tersenyum juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa takut saat berinteraksi dengan orang lain. Mulailah berlatih kontak mata dengan orang-orang di sekitar, seperti di jalan, toko, atau lingkungan kerja, hingga menjadi suatu hal yang alami, dan jika orang lain membalas kontak mata kamu respon dengan senyuman.

8. Tetapkan batasan percakapan

Cara untuk mengatasi ketakutan berikutnya adalah dengan menyapa mereka. Mulailah dengan menyapa tetangga yang kamu temui saat berjalan atau rekan-rekan kerja di tempat kerja.


Beberapa cara untuk menghilangkan rasa takut ini dapat dicoba ketika kamu merasa tidak bisa untuk berdiam diri atau bertemu dengan orang lain. Selain itu, pastikan untuk memberikan cukup waktu untuk istirahat dan tidur malam untuk mengurangi rasa tertekan yang dirasakan pada saat mencoba mengatasi rasa takut.

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare