...
tidur berkualitas
5-min read

Ini 9 Cara Tidur Berkualitas yang Bikin Kamu Segar di Pagi Hari

tidur berkualitas

Ternyata ada, lho, cara tidur berkualitas yang perlu kamu ketahui.

Tidur merupakan aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap orang ketika merasa lelah dan mengantuk. Namun, mendapatkan cara tidur yang berkualitas ternyata tidak dialami oleh setiap orang.

Dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup, tentunya akan menunjang kesehatan kamu juga. Nah, kira-kira apa saja cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas? Yuk, cek informasi lengkapnya di bawah ini.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Hotel Budget Dekat Stadion GBK untuk Persiapan Setelah Nonton Konser Coldplay

Cara Tidur yang Berkualitas

tidur berkualitas
Source: Alodokter

Bagi kamu yang ingin mendapatkan tidur berkualitas, coba intip artikel di bawah ini untuk cara mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Terkena sinar cahaya matahari di siang hari

Coba dapatkan sinar cahaya matahari sebanyak mungkin pada waktu siang hari. Sinar matahari ini dapat mengatur ritme sirkadian yang merupakan jam biologis di dalam tubuh kamu.

Paparan sinar cahaya matahari ini akan membantu memberikan efek tidur yang baik ketika di malam hari. Bahkan, bukan hanya itu saja, cahaya matahari siang hari ini juga bisa meningkatkan durasi jam tidur dan bisa meningkatkan energi di siang hari.

2. Cara tidur berkualitas: Kurangi cahaya biru di malam hari

Selanjutnya, kamu harus mengurangi sinar cahaya biru, terutama menjelang tidur di malam hari. Maksudnya cahaya biru adalah cahaya dari ponsel, komputer, ataupun laptop.

Pasalnya, paparan cahaya tersebut bisa menurunkan kualitas tidurmu, bahkan otak kamu juga akan merespons bahwa waktu tidur kamu belum tiba sehingga rasa kantuk tak kunjung muncul. Ya, itu semua dampak dari paparan cahaya biru.

3. Kurangi kafein dan minuman alkohol

Ketika kamu mengonsumsi minuman berkafein, nih, kandungannya akan berada di dalam tubuh atau mengendap selama enam sampai delapan jam! Nggak hanya itu, ketika kamu minum kafein setelah jam tiga siang itu akan berdampak pada waktu tidur kamu di malam hari.

Selain kafein, minuman yang beralkohol juga akan memberikan efek tidak baik pada kualitas tidurmu. Kamu akan merasakan gejala gangguan tidur, seperti sleep apnea, atau macam sleep disorder lainnya yang menjauhkanmu dari tidur berkualitas.

4. Hindari tidur siang terlalu lama

Durasi waktu yang paling efektif untuk melaksanakan tidur siang itu adalah maksimal 20 menit. Tujuannya agar ketika bangun, tubuh kamu akan menjadi lebih segar.

Sementara itu, jika kamu tidur siang dalam waktu terlalu panjang justru akan memberikan efek ngantuk, hingga akhirnya hal ini akan mengganggu waktu tidurmu di malam hari.

5. Kesamaan antara jam tidur dan bangun

Kesamaan antara waktu tidur dan bangun juga dapat mengatur ritme sirkadian yang baik pada tubuh kamu. Jadi, kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang meningkat.

Bagi kamu yang nggak bisa tidur pada malam hari cobalah untuk membiasakan diri untuk bangun dan tidur di jam dan waktu yang sama setiap harinya. Jika sudah normal, maka kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang baik juga.

6. Bangun suasana tidur yang nyaman

tidur berkualitas
Source: Liputan6.com

Selanjutnya, kamu bisa membangun suasana tidur yang nyaman, di mana hal ini membantumu agar bisa tidur dengan cepat dan nyenyak pada malam hari.

Selain itu, kamu juga bisa menciptakan ruangan kamar tidur menjadi lebih nikmat, dingin, dan harum, lho. Hal tersebut dapat memperbaiki kualitas tidurmu sehingga ketika bangun pun kamu mendapat tubuh yang segar.

Info wajib baca: 8 Rekomendasi Film Samurai yang Wajib Kamu Tonton!

7. Cara tidur berkualitasa: Jangan makan ketika ingin tidur

Sebisa mungkin cegah keinginan makan menjelang waktu tidurmu. Hal itu bisa berdampak buruk pada kualitas tidur kamu, lho.

Bukan hanya itu, makan di malam hari juga bisa menimbulkan penyakit asam lambung. Hal itulah yang membuat tidur kamu semakin tidak nyenyak.

8. Lakukan relaksasi

Relaksasi sebelum tidur juga bisa meningkatkan kualitas tidurmu, lho. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi insomnia atau kebiasaan susah tidur.

Relaksasi yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara mendengarkan musik, mandi air hangat, baca buku, sampai meditasi. Kegiatan tersebut akan membuat tubuh dan pikiran relaks sehingga membantu memperbaiki kualitas tidur.

9. Rutin olahraga

Olahraga dengan rutin juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur kamu, lho. Ketika tubuh merasa lelah, maka kamu pun mulai merasakan kantuk datang menghampiri, deh.

Dan, sebisa mungkin hindari olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur malammu. Pasalnya, hal itu justru membuatmu segar dan terjaga sehingga kamu baru merasa mengantuk saat malam telah larut.


Nah, itulah dia cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur berkualitas, agar tubuh kamu terasa lebih enteng dan segar ketika bangun di pagi hari. Apakah kamu sudah mencobanya? Coba tinggalkan komentarmu di bawah, yuk.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare