...
cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami
5-min read

Penyebab Bruntusan di Wajah dan Cara Mengatasinya Secara Alami!

cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami

Wajah bruntusan? Simak cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami dalam artikel ini, yuk!

Kamu pasti pernah merasa frustrasi ketika melihat bruntusan menyebar di wajahmu, bukan? Bruntusan dapat muncul karena berbagai faktor seperti polusi udara, stres, dan kelebihan minyak pada kulit.

Namun jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan solusi untuk mengatasinya tanpa produk kimia berbahaya. Simak artikel ini sampai selesai dan temukan cara alami yang ampuh untuk membuat kulitmu kembali berseri!

Pengertian Bruntusan

Pengertian Bruntusan
Source: Halodoc

Pastinya, kamu sudah sering mendengar istilah ini. Bruntusan adalah sebuah kondisi kulit yang tidak sehat dan mengalami iritasi. Kondisi ini sering dialami oleh mereka yang memiliki kulit sensitif. Beberapa penyebab utama dari bruntusan adalah alergi, iritasi, dan infeksi.

Penyebab bruntusan di wajah dapat bervariasi, termasuk perubahan hormonal, kulit yang terlalu berminyak, penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit, paparan sinar matahari berlebih, dan kurangnya perawatan kulit yang memadai.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain membersihkan wajah secara teratur dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit, menggunakan pelembap yang cocok, menghindari produk kosmetik yang dapat menyumbat pori-pori, menghindari paparan sinar matahari langsung, dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Jika bruntusan di wajah tidak membaik setelah melakukan perawatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab Bruntusan di Wajah

Penyebab Bruntusan di Wajah
Source: CNN Indonesia

Bruntusan biasanya terjadi karena sebagian besar kandungan air di dalam kulit wajah telah hilang. Kandungan air yang rendah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti sinar matahari, angin, udara kering, dan panas. Berikut ini beberapa penyebab umum bruntusan di wajah:

1. Kelenjar minyak berlebih

Setiap orang memiliki kelenjar minyak di wajah dengan tingkatan yang berbeda. Kelenjar minyak berlebih di wajah dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya membentuk bruntusan.

2. Perubahan hormonal

Perubahan hormonal, terutama pada masa remaja, juga dapat memicu produksi minyak yang berlebihan dan menyebabkan bruntusan di wajah.

3. Produk kosmetik yang tidak cocok

Penggunaan produk kosmetik seperti foundation atau pelembap yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat memicu reaksi alergi dan membentuk bruntusan di wajah.

4. Paparan sinar matahari berlebih

Terkena paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat memicu produksi minyak berlebihan yang akhirnya menyebabkan bruntusan di wajah.

5. Kurangnya perawatan kulit yang memadai

Tentunya, kulit kamu juga perlu dirawat agar tampak sehat dan segar. Kurangnya perawatan kulit seperti membersihkan wajah secara teratur, tidak menggunakan pelembap, atau tidak mengangkat makeup dengan benar dapat memicu bruntusan di wajah.

6. Polusi

Sebagai manusia sosial, pastinya selalu ada waktu di mana kita pergi ke luar rumah. Terkena polusi udara dapat menyebabkan kulit menjadi kotor dan pori-pori tersumbat, sehingga membentuk bruntusan di wajah.

7. Genetika

Selain beberapa penyebab umum yang telah disebutkan, faktor genetika juga dapat mempengaruhi kemungkinan seseorang untuk mengalami bruntusan di wajah. Jika keluarga kamu memiliki riwayat bruntusan di wajah, kemungkinan kamu juga akan mengalami hal yang sama.

Info wajib baca: Mengenal Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasi

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami
Source: Halodoc

Bruntusan memang selalu terjadi pada wajah. Oleh karena itu, perlu menemukan solusi alami untuk mengatasinya. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bruntusan di wajah secara alami:

1. Cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami: Gunakan es batu

Es batu dapat membantu meredakan peradangan dan mengencangkan pori-pori kulit yang dapat membantu mengurangi bruntusan. Bungkus es batu dengan handuk dan pijatkan secara perlahan pada area wajah yang bruntusan.

2. Cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami: Gunakan lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan pada kulit. Potong lidah buaya dan oleskan gelnya pada area wajah yang bruntusan. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami: Gunakan minyak tea tree

Minyak tea tree memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi bruntusan pada kulit. Oleskan minyak tea tree pada area wajah yang bruntusan dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami: Gunakan madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi bruntusan pada kulit. Oleskan madu pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit sebelum bilas dengan air hangat.

5. Cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami: Gunakan masker spirulina

Spirulina mengandung nutrisi penting yang membantu memperbaiki kulit dan meredakan peradangan. Campurkan spirulina dengan air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum bilas dengan air bersih.

Info wajib baca: Dijamin Ampuh, Cek 6 Cara Mudah Menghilangkan Komedo Hitam Ini | Muka Glowing Maksimal!


Nah, itu dia, gaes beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami tanpa bahan kimia yang berbahaya. Selain lebih segar, beberapa bahan alami tersebut juga pastinya lebih sehat untuk digunakan di wajah kamu. Kira-kira, kamu punya tips lain untuk menghilangkan bruntusan di wajah dengan bahan alami nggak, nih? Boleh banget share di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Surabaya Murah

Info Kost Semarang Murah

Kost Solo Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare