...
cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar
5-min read

Pelajar Juga Bisa Kaya, Ini Cara untuk Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan!

cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar

Ikuti cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar berikut ini!

Sering membuat target tabungan? Ya, cara ini membantu kamu untuk membeli barang impian, memenuhi kebutuhan membayar sesuatu, atau sekadar ingin menabung saja.

Meski begitu, hal ini terkadang sulit dilakukan oleh pelajar, karena biasanya pemasukan pelajar hanya dari orangtua, nih. Apalagi, kalau uang yang diberikan oleh orangtua mepet banget sama kebutuhan sehari-hari.

Tetap tenang dan jangan sedih dulu! Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan supaya bisa mengumpulkan 3 juta dalam 1 bulan, lho. Gimana, ya, caranya?

5 Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar

Dari menabung, mencatat pengeluaran, sampai mulai berhemat, berikut lima cara yang bisa dilakukan pelajar untuk mengumpulkan uang 3 juta dalam waktu 1 bulan.

1. Menabung per hari dengan menyisihkan uang saku

cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar
Source: Unsplash.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menabung per hari. Uang tabungan ini bisa kamu sisihkan dari uang saku. Kalau kamu ingin menabung 3 juta dalam 1 bulan, itu artinya kamu harus menyisihkan uang sebanyak Rp100.000 per hari selama 30 hari.

Uang tersebut bisa kamu masukkan ke dalam celengan atau dimasukkan ke rekening khusus untuk menabung. Jumlah uang Rp100.000 per hari mungkin terasa cukup besar, ya, apalagi kalau uang bulanan kamu pas-pasan.

Maka dari itu, kamu bisa menambahnya dengan mencari uang tambahan. Kalau sulit mencari pemasukan tambahan, kamu bisa menambah jangka waktu menabung, misalnya menjadi dua bulan. Dengan begitu, nominal tabungan per hari yang perlu kamu sisihkan juga semakin berkurang.

2. Membuat anggaran

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat anggaran per bulannya. Dengan cara ini, itu berarti kamu harus menyisihkan sekaligus uang 3 juta dalam sebulan. Sisanya, kamu bisa menganggarkan budget untuk kebutuhan sehari-hari, untuk jajan dan hiburan, serta dana darurat dan tabungan lainnya.

Kalau langsung menyisihkan tiga juta dianggap terlalu berat, kamu bisa membaginya menjadi beberapa bulan, nih. Meskipun nggak mencapai target dalam satu bulan, seenggaknya bebanmu bisa lebih ringan, deh. Biar nggak stres-stres amat!

3. Mencatat setiap pengeluaran

cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar
Source: Unsplash.com

Penting juga buat kamu mencatat setiap pengeluaran, lho. Meskipun terlihat sepele, tapi sebenarnya ini penting banget. Sering nggak, sih, merasa uang kita habis tapi nggak tahu ke mana dan dipakai untuk apa? Nah, itu karena kamu nggak mencatat setiap pengeluaran.

Awalnya mungkin terasa repot dan memberatkan. Tapi lama-lama kamu pasti akan terbiasa, kok. Nggak hanya mencatat manual di buku, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pencatatan keuangan yang saat ini sudah banyak tersedia, lho. Jadi kamu nggak perlu ribet-ribet mengurangi atau menjumlah uang tabungan kamu.

Aplikasi keuangan seperti ini juga biasanya memberikan report atau laporan di akhir bulan yang menunjukkan jumlah pemasukan, pengeluaran, dan catatan berapa saja uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, transportasi, jajan, dan kategori lainnya. Hal ini semakin mempermudah kamu untuk melacak pengeluaran dan sebagai bahan evaluasi di bulan berikutnya.

4. Membuat pos-pos keuangan

Kamu juga bisa membuat pos-pos keuangan, nih. Misalnya, dengan membagi dompet ke dalam beberapa kategori, seperti dana sehari-hari, transportasi, dana hiburan atau entertainment, dan tabungan. Supaya nggak kecampur, pos-pos keuangan ini bisa kamu pisah di rekening yang berbeda-beda, lho.

Kalau kamu nggak punya banyak rekening, kamu juga bisa menabung di celengan, atau menyimpannya di reksadana atau dompet digital lainnya. Yang penting jangan sampai kecampur!

5. Berhemat

cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar
Source: Unsplash.com

Last but not least adalah kamu harus mulai mengencangkan ikat pinggang, nih. Weekend mau nonton di bioskop tapi sayang uangnya? Cari hiburan lain saja, misalnya dengan nonton film dan series di platform streaming.

Kamu juga bisa mulai mengurangi pengeluaran nongkrong di cafe tiap akhir pekan atau wajib jajan kopi setiap hari, misalnya dengan membuat kopi sendiri. Nggak perlu banyak belanja di bulan ini, apalagi untuk perintilan dan benda-benda yang nggak terlalu kamu butuhkan. Selalu utamakan prioritas, ya!

Info wajib baca: 10 Tips Mudah Menabung untuk Pelajar | Realistis dan Pasti Bisa!

Cara Mendapatkan Pemasukan Tambahan

Cara-cara di atas belum bisa membantu kamu mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan? Atau uang bulanan kamu pas-pasan? Tenang, ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pemasukan tambahan, nih.

1. Mencari pekerjaan sampingan

nabung
Source: Unsplash.com

Yang pertama adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Saat ini sudah banyak banget pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pemasukan tambahan, lho. Misalnya dengan bekerja freelance atau part time.

Pekerjaan yang kamu lakukan misalnya dengan menjadi graphic designer, content writer, translator, atau pekerjaan IT. Kamu juga bisa mendapat penghasilan dari mengajar, menjadi tutor, membuat jurnal, menjadi asisten penelitian, dan lain-lain.

Atau kamu juga bisa bekerja part time misalnya menjadi fotografer, MC, barista, dan pekerjaan lainnya yang bisa kamu lakukan di sela kesibukan. Dengan begitu, pemasukan kamu bisa bertambah, dan target tabungan pun bisa jadi lebih cepat tercapai. Tapi yang pasti, jangan sampai pekerjaan sampingan ini mengganggu studi dan waktu istirahat kamu, ya.

2. Berinvestasi

investasi
Source: Unsplash.com

Kalau kamu ingin mendapat pemasukan tambahan dengan cara yang lebih santai, kamu bisa berinvestasi, nih. Misalnya, di reksadana pasar uang, saham, atau investasi emas. Jangan lupa untuk pelajari dulu investasi yang ingin kamu pilih, dan pastikan platform investasi yang dituju aman dan tepercaya.

3. Membuat bisnis kecil-kecilan

Kamu juga bisa membuat bisnis kecil-kecilan, lho. Misalnya, dengan berjualan online, membuat kue, berjualan buket bunga, atau membawa jajanan ke kampus. Apalagi kalau bisnis yang kamu jalankan sesuai dengan passion dan kesukaan kamu, mencari uang tambahan nggak terasa sebagai beban, deh.


Gimana, ada banyak cara untuk pelajar mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan, kan? Kuncinya jangan lupa untuk tetap konsisten dan disiplin, ya. Selamat menabung!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare