...
cara nonton bioskop
5-min read

Pertama Kali Mau Nonton Film di Layar Lebar? Kuy, Baca 5 Cara Mudah Nonton di Bioskop Ini!

cara nonton bioskop

Sebelum datang ke bioskop, cek cara mudah nonton di bioskop ini, yuk!

Bioskop merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi, baik untuk orang dewasa, anak muda, hingga anak-anak untuk mencari hiburan. Nggak heran, deh, bioskop sering ramai dan diserbu banyak orang, baik itu pas weekdays maupun weekend.

Cuman, ketika pergi ke bioskop bakalan jadi hal yang memalukan kalau kamu sampai salah membeli tiket atau nggak perhatiin etikanya pas lagi nonton. Sebelum beli tiket, ternyata ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, mulai dari jenis studionya, tempat duduk terbaiknya, hingga beli camilan pendamping sebagai “teman nonton”.

Aturan bersikap pas nonton bioskop juga penting kamu perhatikan, seperti nggak boleh ngobrol atau merekam film yang sedang diputar. Meski kesannya agak ribet, tetapi hal tersebut jadi modal penting kalau kamu nggak ingin dianggap norak oleh pengunjung lainnya.

Tentu kamu nggak mau dong dianggap kaya gitu? Makanya baca terus artikel ini sampai habis, ya!

Info wajib baca: 10 Cafe di Bogor yang Murah dan Bagus, Cocok untuk Nongkrong Bareng Bestie

Cara Mudah Nonton ke Bioskop untuk Pertama Kalinya

Nah, berikut ini ada beberapa langkah penting yang perlu kamu ketahui pas mau nonton di bioskop, nih. Penasaran apa aja? Cus, langsung cek lengkapnya di bawah ini, bor!

1. Beli tiket nonton bioskop dari jauh sebelum waktu yang diinginkan

cara nonton bioskop
Source: inews.co.id

Pertama, cara mudah nonton ke bioskop adalah beli tiket nontonnya dulu, bor. Kamu bisa membelinya dari jauh sebelum waktu nonton yang kamu mau.

Misal, kamu mau nonton jam 5 sore, dari pukul 12.00 teng kamu udah bisa beli tiketnya, tuh. Hal ini biar kamu nggak buru-buru buat dateng ke bioskopnya.

Selain itu, kamu juga nggak perlu capek-capek tuh mengantre di counter tiket bioskop lagi, soalnya kamu bisa beli tiketnya via online. Tinggal download aja aplikasi seperti CGV, m.tix, atau Cinépolis Online, kamu langsung bisa dapet tiket film apa pun tanpa ribet, deh.

Cara beli tiket bioskop online:

  • Download aplikasi CGV, m.tix, atau Cinepolis Online pada Playstore atau App Store
  • Atur kota terdekat
  • Klik film di tampilan halaman utama
  • Klik beli tiket
  • Klik hari dan jam yang masih tersedia
  • Pilih kursi bioskop yang diinginkan
  • Terakhir, klik confirm order, lakukan pembayaran, dan kamu akan mendapatkan e-ticket
  • Setibanya di bioskop, silakan cetak e-ticket

2. Cara mudah nonton bioskop: Pahami aturan sebelum masuk ke studio

cara nonton bioskop
Source: republika.co.id

Setelah kamu beli tiket, ada beberapa hal yang wajib banget kamu ketahui sebelum masuk ke studio bioskop, nih. Apa aja tuh?

Nah, salah satu aturan yang paling umum di bioskop adalah kamu nggak diperbolehkan bawa makanan dari luar. Bioskop seperti CGV, Cinépolis dan XXI melarang para pengunjungnya untuk membawa makanan selain produk yang mereka jual. 

Sebelum masuk ke bioskop, biasanya tas dan barang bawaan kamu juga akan diperiksa terlebih dahulu. Makanya, jangan coba-coba bawa boba, es cendol, batagor, apalagi mi ayam di dalam tas, soalnya nanti bakalan disita oleh security.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah aturan membawa anak kecil. Kamu harus tahu apakah film tersebut dapat ditonton oleh anak-anak atau nggak. Kalau memang ratingnya untuk dewasa, ya, jangan bawa anak-anak ke bioskop buat nonton film tersebut!

Biasanya juga batas usia anak yang boleh masuk ke bioskop adalah mulai dari 10 tahun. Kalau anak-anak di bawah usia tersebut mau nonton film di bioskop, pastikan film yang diputar memang dikhususkan untuk semua umur, ya.

3. Cetak e-ticket

Source: gadgetized.net

Nah, bagi kamu yang sudah membeli tiket secara online, cara nonton bioskop ini sangat penting untuk kamu lakukan. Kamu diharuskan untuk mencetak e-ticket di area self service-nya. 

Cara untuk cetak e-ticketnya juga gampang banget, kok. Kamu bisa tinggal scan barcode yang ada di e-ticket yang sudah kamu miliki atau kamu bisa masukkan kode yang ada di e-ticket ke mesin pencetak tiket di area self service tersebut. 

Gampang banget, kan? Setelah mencetak e-ticket kamu pun bisa langsung masuk ke studio dan menonton film dengan nyaman, deh.

4. Biar perut nggak kelaparan, jangan lupa beli camilan

cara nonton bioskop
Source: kompas.com

Menonton film di bioskop rasanya agak kurang tanpa membawa camilan. Walaupun kamu nggak boleh membawa makanan dari luar, namun kamu bisa membeli camilan tersebut di café yang sudah disediakan bioskop.

Harga dan menu yang ditawarkan pun cukup bervariasi, namun bundle popcorn dan Coca-Cola sudah menjadi camilan wajib untuk teman nonton film di bioskop. Membeli makan di café bioskop juga bisa kamu lakukan dengan cara membeli secara online di aplikasi, lho.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Depok Wajib Coba, Kuliner yang Murah Abis!

5. Ketika studio sudah dibuka, segera temukan kursimu

Source: kumparan.com

Tiket dan camilan sudah di tangan, lalu kapan, sih, biasanya pintu studio bioskop dibuka? Pintu studio bioskop biasanya akan dibuka sekitar 5 hingga 10 menit sebelum film diputar. Buat kamu yang beser, nih, ada baiknya ke toilet dulu sebelum masuk ke studio, atau cari tahu di mana letak toiletnya seandainya tiba-tiba kebelet pipis.

Nah, setelah studio dibuka, kamu bisa langsung masuk, menyerahkan tiket ke petugas, dan segera temukan kursimu. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisa langsung menemukan kursimu yang tepat.

Pertama, pastikan ingat nomor dan huruf kursimu. Lalu, lihatlah nomor tempat duduk yang biasanya ada di sandaran kursi atau lipatan tempat duduk.

Perlu kamu ingat, huruf kursi dimulai dari huruf A yang berada di bagian paling atas studio, atau terjauh dari layar bioskop. Jadi, kamu bisa memperhitungkan di mana letak kursimu ketika masuk ke dalam studio bioskop.

6. Cara mudah nonton bioskop: Patuhi etika ketika menonton

Source: wartakota.tribunnews.com

Ada beberapa etika yang harus kamu patuhi ketika menonton di bioskop. Salah satu cara mudah untuk nonton di bioskop agar nggak dianggap norak oleh penonton lainnya adalah jangan mengobrol dan menyalakan smartphone ketika film diputar.

Selain itu, kamu juga harus menghindari menendang-nendang atau menaruh kaki di kursi bagian karena hal ini sangat tidak sopan dan mengganggu penonton lainnya. Aturan lainnya yang juga harus kamu patuhi adalah tidak boleh buang sampah sembarangan di dalam studio dan merekam film yang sedang diputar.

Apabila kamu melanggar hal tersebut, bisa-bisa kamu akan dikeluarkan dari studio saat itu juga. Apalagi di dalam studio ada CCTV yang berguna untuk memantau dan meminimalisasi aksi amoral yang kerap kali terjadi di bioskop.

7. Setelah film selesai, jangan buru-buru keluar studio

cara nonton bioskop
Source: makassar.tribunnews.com

Terakhir, setelah film selesai, nggak usah buru-buru keluar bioskop. Santai aja pokoknya, bor. Apabila kamu nontonnya sambil bawa camilan, pastikan sisa makanannya nggak mengotori lantai, apalagi kursi.

Selain itu, pastikan juga seluruh barang bawaanmu nggak ada yang tertinggal karena bioskop akan dibersihkan dalam waktu singkat dan digunakan kembali untuk memutar film selanjutnya. Ketika ingin keluar, turunlah melalui tangga dengan tertib dan nggak perlu terburu-buru, apalagi sampai saling dorong.


Nah, itulah 7 cara nonton bioskop bagi kamu yang pertama kali ingin menonton di layar lebar. Gampang banget, kan, nonton film di bioskop? Kira-kira film apa, nih, yang pengen kamu tonton di bioskop dalam waktu dekat ini? Coba share di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost Favorit di Kotamu:

Kost Jakarta Utara Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bekasi Murah

Info Kost Tangerang Selatan Harga Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare