...
ciri-ciri stroke mau sembuh
5-min read

Kenali 7 Ciri-ciri Stroke Mau Sembuh, Salah Satunya Otot akan Kaku

ciri-ciri stroke mau sembuh

Ternyata begini ciri-ciri stroke mau sembuh yang perlu kamu ketahui!

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika suplai darah ke otak terganggu atau berkurang. Namun, terdapat ciri-ciri stroke mau sembuh bisa ditandai dengan otot yang sudah terasa lemas dan sudah mulai kaku.

Sangat penting untuk dipahami bahwa stroke adalah penyakit yang dapat disembuhkan, meskipun waktu pemulihannya bervariasi tergantung pada banyak faktor. Nah, pada artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri stroke sudah mulai sembuh.

Info wajib baca: 5 Pertanda Burung Masuk Rumah Pada Siang Hari, Pertanda Positif?

Ciri-ciri Stroke Mau Sembuh

ciri-ciri stroke mau sembuh
Source: UMSU

Berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya yang perlu kamu ketahui:

1. Otot terasa lemah atau lemas menjadi ciri-ciri stroke mau sembuh

Ciri-ciri awal stroke mau sembuh adalah otot lemas atau lemah. Pada titik ini, otot yang terkena dampak akan kehilangan kekuatan sehingga tidak dapat digerakkan. Selain itu, otot-otot kamu dapat terlihat lunglai.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua penderita stroke akan mengalami tahap yang sama. Penderita stroke berat biasanya akan mengalami tahap ini.

Tingkat kesembuhan biasanya naik ke tahap selanjutnya untuk penderita stroke ringan atau sedang. Latihan fisik adalah terapi yang diperlukan untuk kamu yang berada di tahap ini.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kamu untuk menggerakkan dan meregangkan otot kamu pada sendi yang terluka secara aman dan tanpa rasa sakit.

2. Otot mulai kaku

Setelah proses neuroplastisitas menyelesaikan hubungan antara otot dan otak, kelenturan otot juga akan mulai pulih. Pada tahap ini, namun, kemampuan otot untuk bergerak masih bergantung pada kekuatan sinyal yang dikirimkan dari otak ke otot.

Jika sinyal yang dikirimkan terlalu lemah, pergerakan otot masih akan terganggu atau bahkan kaku. Pada titik ini, kamu mungkin terus mengalami kekakuan otot yang dikenal sebagai spastisitas.

Otot yang kaku dapat menjadi tanda lain dari stroke yang sedang sembuh, meskipun ini mungkin terasa tidak nyaman karena membatasi pergerakan tubuh. Ini menunjukkan bahwa meskipun jaringan otot-otak sudah terhubung, masih perlu dilatih untuk meningkatkan sinyal yang dikirim.

3. Peningkatan kekakuan otot berkurang

Pada tahap ketiga, kekakuan otot akan meningkat. Jika tidak ditangani, kekakuan ini dapat menjadi lebih parah hingga menyebabkan kontraktur.

Ketika sendi menjadi kaku dan tidak dapat digerakkan, itu disebut kontraktur. Kamu harus terus melakukan latihan pergerakan tubuh untuk meredakan otot yang kaku.

Kekauan otot yang meningkat mungkin merupakan tanda stroke mau sembuh, bahkan jika tidak ada perubahan atau kondisi menjadi lebih parah. Karena itu, kekakuan otot ini menunjukkan adanya jaringan hubungan yang lebih kuat antara otot dan otak.

Ada saat-saat ketika otot kamu terlalu kaku sehingga kamu tidak dapat bergerak dengan bebas. Dokter mungkin memberi suntikan botoks untuk membantu meredakan kekakuan sementara, jika diperlukan, terutama jika rasa sakit meningkat, menurut Journal of the Neurological Sciences.

4. Kekakuan otot berkurang jadi ciri-ciri stroke mau sembuh

Pada titik ini, kekakuan otot mungkin mulai berkurang jika kamu terus melakukan latihan pergerakan tubuh. Kamu biasanya akan belajar mengendalikan otot kamu dan melakukan gerakan tubuh tertentu.

Namun, kamu mungkin masih mengalami gerakan yang tidak teratur dan tersentak. Dalam kebanyakan kasus, otot-otot besar di lengan dan tungkai akan sembuh terlebih dahulu daripada otot-otot kecil di kaki dan tangan.

Untuk meningkatkan kekuatan sinyal yang dikirim otak ke otot, kamu harus terus berolahraga meskipun gejala stroke kamu telah membaik. Bahkan bisa mulai melakukan gerakan latihan yang lebih berat untuk mengembalikan kekuatan otot yang terasa kaku sebelumnya.

Ini adalah salah satu tanda stroke mau sembuh. Kamu dapat mulai melakukan latihan secara mandiri di rumah jika sebelumnya kamu hanya melakukannya di rumah sakit dengan bantuan terapis atau pelatih.

5. Kemampuan melakukan gerakan yang sulit

Saat kamu sampai pada tahap ini, kamu seharusnya sudah mampu mengontrol tubuh kau dan melakukan gerakan tertentu, seperti memegang sendok atau menyisir rambut. Berita baiknya, ini mungkin merupakan tanda stroke yang kamu ingin sembuh.

Kadang-kadang, kekakuan otot terjadi, tetapi biasanya ringan dan tidak terlalu membatasi gerakan tubuh. Selain itu, kemampuan kamu untuk menggerakkan tubuh dengan benar juga akan meningkat.

Tangan dan kaki adalah bagian tubuh yang paling lama sembuh setelah serangan stroke. Ini disebabkan oleh fakta bahwa otot kaki dan tangan berada di tempat yang paling jauh dari garis tengah tubuh.

Kamu dapat mencoba melakukan latihan gerakan pada tangan dan kaki kamu agar kesembuhannya lebih cepat. Ambil contohnya dengan menggerakan jari-jari depan dan kaki atau mengepal dan membuka tangan.

Info wajib baca: Arti Mimpi Melihat Air Mengalir Deras, Pertanda Keberuntungan atau Kesulitan?

6. Kesembuhan kekakuan pada otot

Pada titik enam, kekakuan otot akan hilang sepenuhnya dan kemampuan gerak tubuh hampir sembuh. Selain itu, kamu biasanya dapat menggerakkan masing-masing sendi tubuh dengan lebih lancar tanpa harus memulai dengan gerakan lain terlebih dahulu.

Meskipun demikian, kamu harus terus mempelajari gerakan tubuh kamu. Kamu bahkan dapat memulai latihan gerakan yang lebih kompleks.

Kamu dapat, misalnya, kembali ke aktivitas fisik favorit kamu yang membutuhkan gerakan seluruh tubuh, seperti berenang atau berlari. Ini juga merupakan tanda stroke sudah mau sembuh dan latihan dapat mempercepat pemulihan pada stroke.

7. Fungsi tubuh kembali normal

Meskipun terkadang tampak tidak mungkin, kesembuhan total dari stroke mungkin terjadi. Setelah stroke, kamu biasanya sudah dapat mengendalikan seluruh gerak tubuh kamu dan memiliki kemampuan motorik yang baik.

Namun, tahap kesembuhan penderita stroke juga berbeda-beda karena jenis stroke yang dialaminya. Perlu diingat bahwa setiap tahap dan karakteristik stroke mau sembuh tidak selalu terjadi secara berurutan. Tidak ada dokter yang bisa memastikan kesembuhan stroke.

Terkadang, kamu mungkin merasa perlu kembali ke tahap sebelumnya atau tidak ada kemajuan. Seperti yang disebutkan di atas, kekakuan otot yang lebih parah mungkin merupakan indikasi bahwa stroke telah sembuh.


Nah, itulah dia ciri-ciri stroke mau sembuh yang perlu kamu ketahui. Namun, perlu di ingat bahwa setiap orang mengalami stroke dengan cara yang berbeda-beda, dan pemulihan akan bervariasi dari satu individu ke individu yang lainnya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare