...
desain cafe
5-min read

12 Desain Cafe Sederhana Murah yang Enak untuk Nongkrong

desain cafe

Bingung mau pilih desain cafe yang sederhana bagaimana? Yuk buruan cek di sini!

Desain cafe sederhana di tempat yang kecil seperti ruko sangat cocok untuk kamu lho yang ingin memulai usaha. Dengan desain yang menarik, dapat menarik pelanggan untuk datang dan nyaman untuk berlama-lama nongkrong di cafe.

Untuk pemula atau pengusaha kecil, mendirikan cafe sederhana dan murah adalah langkah bijak dan paling tempat. Nah, pada artikel ini akan membahas beberapa desain cafe sederhana yang menarik sekaligus murah lho.

Info wajib baca: Ternyata Begini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam yang Kaya Akan Manfaat

Desain Cafe Sederhana yang Murah

desain cafe
Source: kontainerindonesia.co.id

Untuk kamu yang tengah mencari desain cafe sederhana namun menarik yang memanfaatkan ruko, berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Desain cafe sederhana di ruko kecil outdoor

Konsep kafe di luar ruangan cocok untuk lingkungan yang sejuk. Cafe kecil semi-outdoor ini tentu sangat menarik untuk menjadi tempat kumpul kamu bersama teman atau saudara.

Kamu juga dapat membuat suasana menjadi rindang dan membuat pengunjung betah berlama-lama nongkrong di sana. Untuk itu, carilah tempat yang pas dan cocok sebelum kamu melakukan pembangunan cafe ya.

2. Desain cafe sederhana di ruko kecil 2 lantai

Untuk menyiasati lahan yang terbatas, kamu dapat membuat kafe dua lantai atau bahkan membuat rooftop di lantai dua. Dengan desain dan konsep yang menarik, kamu harus yakin dapat menarik pelanggan dan membuat mereka betah berlama-lama di sana.

Kenyamanan menjadi hal yang utama untuk para pelanggan. Dengan begitu, para pengunjung bisa datang kembali ke tempat kamu.

3. Ruko kecil dengan bar

Kafe di ruko kecil memiliki ruang terbatas, jadi kamu harus berhati-hati dengan cara ini. Cafe ini memang terlihat kecil, tetapi tetap nyaman untuk nongkrong.

Proses pembuatan makanan dan minuman yang kamu pesan juga dapat dilihat lebih jelas oleh pengunjung lho.

4. Ruko kecil industrial

Cafe ini bisa menjadi opsi desain cafe sederhana di ruko kecil dengan mengadaptasi bangunan pabrik, tempat penyimpanan barang, atau bangunan industri lainnya lho. Terlebih kamu juga dapat menyesuaikannya dengan ruang yang terbatas.

Konsep industrial yang unfinish juga membuat kamu dapat menghemat budget. Desainnya yang cozy dan kekinian, membuat cafe industrial tengah menjadi cafe yang banyak dilirik anak muda untuk tempat nongkrong mereka.

5. Desain ruko kecil yang instagramable

Bagi kamu yang mencari inspirasi desain cafe sederhana di ruko kecil, maka pilihan cafe instagramable mungkin bisa kamu pertimbangkan. Pasalnya, dengan mengandalkan keterbatasan ruang, kamu tetap dapat menarik minat pengunjung melalui beberapa spot foto instagramable yang kekinian.

Hadirkan furnitur dan warna café yang unik agar pengunjung mendapat hasil foto yang ciamik untuk diposting di instagram mereka. Hal ini juga bagus untuk marketing cafe kamu lho.

6. Ruko kecil vintage

desain cafe
Source: Rumah.com

Kamu juga dapat mengubah kafe vintage menjadi tema tahun 90an loh. Selain itu, kamu juga dapat memilih subtema, seperti dekorasi kuno, rumah nenek moyang, atau bahkan lokasi sejarah dunia.

Cafe dengan konsep vintage dapat menarik perhatian pengunjung, terutama jika menawarkan nuansa vintage khas negara atau daerah. Pengunjung dapat mengambil foto di dekorasi yang tersedia juga.

Info wajib baca: Rekomendasi Pantai di Lombok untuk Pengalaman Tak Terlupakan!

7. Ruko kecil tropis

Ada beberapa referensi untuk konsep kafe tropis, terutama karena kita tinggal di negara tropis. Sangat mudah untuk membuat ragam tanaman hijau menjadi dekorasi yang menyejukkan.

Beberapa cafe mengadopsi tema tropis dengan desain hutan, dan beberapa lainnya mengadopsi suasana pantai Bali. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya sebagai desain kafe sederhana di ruko kecil ini?

8. Ruko kecil dengan kolam

Konsep cafe dengan kolam renang menjadi satu daya tarik bagi pengunjung. Terutama bagi para milenial.

Cafe dengan kolam renang cocok untuk anak muda nongkrong dengan teman atau pasangan sembari menikmati suasana kolam yang sejuk.

9. Ruko kecil konsep budaya

Jika kamu menggandrungi sejarah kebudayaan masyarakat tertentu, kamu bisa juga menerapkannya di cafe. Syaratnya, ruko memiliki halaman belakang yang luas sehingga bisa dibangun bangunan joglo.

Namun konsekuensi dari pemilihan cafe budaya adalah perlengkapan dan dekorasi yang mungkin sulit untuk didapat, serta kebutuhan akan lahan yang lebih besar. Oleh sebab itu, pertimbangkan dengan matang pilihan tersebut sebelum kamu untuk memulainya, ya.

10. Ruko kecil perpustakaan, desain cafe sederhana

Pilihan tema desain cafe sederhana di ruko kecil lainnya adalah kafe buku atau kafe perpustakaan. Untuk sesuai dengan target pasar kamu, perpustakaan ini dapat ditambahkan dengan buku-buku dari berbagai kategori.

Selain cafe menjadi tempat nongkrong, juga dapat menjadi tempat literasi yang bermanfaat, terutama untuk kalangan milenial.

11. Ruko kecil dengan kucing

Cafe ini berkonsep ini memiliki hewan. Namanya cafe kucing yang bisa dijadikan ide desain cafe unik dan sederhana yang patut dipertimbangkan karena kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling disukai.

Namun, hal-hal yang perlu diperhatikan di cafe kucing adalah kesehatan kucing, seperti makanan, kebersihan kandang, dan tingkat stres, terutama ketika ada banyak pengunjung.

12. Ruko kecil bohemian

Boho atau bohemian merujuk pada suku nomaden yang memiliki jiwa seni tinggi. Biasanya, dekorasi dibuat dengan senyaman mungkin, penuh warna, dan menggunakan bahan alami seperti kayu, rotan, dan tentu saja tanaman.

Konsep Boho akan sangat menarik untuk bisnis cafe yang dekat dengan laut. Karena lokasi ini memiliki konsep santai dengan kudapan lezat dan berbagai minuman segar, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana yang nyaman.


Nah, itulah dia beberapa desain cafe sederhana yang mungkin bisa jadi referensi kamu jika ingin membuatnya ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare