...
Doa akhir tahun
5-min read

Doa Akhir Tahun Lengkap dengan Arab Latin dan Terjemahannya

Doa akhir tahun

Kamu bisa membacakan doa akhir tahun ini di malam pergantian tahun nanti.

Sebentar lagi, tahun 2023 akan berganti menjadi tahun 2024. Menyongsong tahun baru, umat Islam disarankan untuk melakukan doa penutup tahun.

Doa menjadi suatu tindakan yang lazim kita lakukan untuk mengakhiri dan memulai tahun. Berdoa di akhir tahun merupakan praktik yang dianjurkan bagi umat Islam.

Lalu, bagaimana doa akhir tahun tersebut? Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Info wajib baca: Doa Untuk Kedua Orang Tua, Baik yang Masih Hidup Maupun Sudah Meninggal

Doa Akhir Tahun Dibaca Berapa Kali?

Doa penutup tahun sebaiknya dibacakan tiga kali setelah sholat Ashar atau sebelum waktu Maghrib pada malam hari. Sementara itu, doa awal Tahun Baru Islam disarankan untuk dibacakan tiga kali setelah sholat Maghrib.

Membaca doa awal tahun ini akan memberikan perlindungan kepada umat Islam dari godaan setan. Menurut penjelasan KH Sholeh Darat, doa tersebut memiliki kemampuan untuk menjaga keamanan pembacanya dalam menjalani tahun tersebut.

“Barang siapa membaca doa ini tiga kali di awal bulan Muharram setelah shalat Maghrib, maka sesungguhnya setan itu mengucapkan bahwa anak Adam ini sudah aman dalam sisa umurnya selama tahun itu. Sebab Allah SWT memberikan asisten berupa dua malaikat untuk menjaganya agar tidak digoda setan.”

Info wajib baca: Bacaan Doa Dzikir Sore Hari | Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Akhir Tahun

Doa akhir tahun
Source: medcom.id

Dalam rangka mengakhiri tahun, terdapat berbagai doa yang dapat dibacakan. Berikut adalah teks doa penutup tahun yang dapat diucapkan sebagaimana tertera dalam kitab Maslakul Akhyar.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ

عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ

فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Arab latin: Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da’autanî ilat taubati min ba’di jarâ’atî ‘alâ ma’shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa’attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha’ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Bacaan Doa Awal Tahun

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ

العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ

زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Arab latin: Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu’awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Keutamaan Doa Akhir Tahun

Doa pada akhir dan awal tahun merupakan bentuk refleksi diri terhadap perjalanan hidup selama satu tahun penuh. Ketika waktu ini tiba, umat Muslim akan merenung dalam hati, melakukan introspeksi diri, serta memikirkan nikmat dan cobaan yang mereka alami.

1. Menyadari perjalanan hidup yang sudah dilalui

Doa akhir tahun membimbing umat Muslim untuk merefleksikan perjalanan hidup selama satu tahun terakhir, mengingatkan akan nikmat dan ujian yang telah mereka alami. Dengan demikian, mereka dapat melakukan intropeksi diri untuk mengembangkan diri lebih baik di tahun yang akan datang.

2. Mensyukuri nikmat yang telah diberikan

Melalui doa akhir tahun, umat Muslim diajarkan untuk bersyukur atas berbagai rahmat yang diberikan Allah selama setahun tersebut, termasuk kesehatan, rezeki, keluarga, dan aspek-aspek lainnya. Ini menjadi pengingat bahwa nikmat dari Allah tidak terbatas dan terus mengalir seperti air yang mengalir.

3. Kesempatan untuk memohon ampunan

Umat Muslim diamanahkan untuk memohon ampunan kepada Allah atas dosa-dosa yang telah dilakukan, berharap agar Allah memberikan berkah dalam setiap langkah kehidupan di tahun mendatang. Permohonan ampunan ini tidak hanya memperkuat iman, tetapi juga membangun ketakutan akan melanggar larangan Allah.

Info wajib baca: Bacaan Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dan Keutamaannya

4. Percaya kepada takdir

Berdoa pada akhir tahun mencerminkan pengakuan terhadap keberlakuan takdir Allah dalam kehidupan, di mana umat Muslim berserah diri kepada-Nya. Semua harapan yang belum terpenuhi pada tahun sebelumnya diyakini akan dikabulkan oleh Allah di tahun berikutnya sesuai dengan takdir yang telah ditetapkan.

5. Harapan dan permohonan yang lebih baik

Doa akhir tahun umumnya berisi harapan dan permohonan untuk tahun yang akan datang, termasuk peningkatan dalam iman, amal, dan keberkahan. Ini dapat menjadi sumber semangat dan motivasi bagi umat Muslim untuk memperbaiki diri dengan semangat baru di tahun yang baru.


Mengamalkan doa pada akhir dan awal tahun tentu memiliki manfaat yang besar untuk menciptakan ketenangan dan meningkatkan tingkat keimanan dalam menjalani tahun berikutnya. Selain berdoa, kamu juga memiliki pilihan untuk memohon ampunan dengan cara memberikan sedekah ke orang yang kurang mampu.

Mau menambah pengetahuan lainnya? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare