...
batas laut pulau kalimantan
5-min read

Mengenal Batas Laut Pulau Kalimantan, Ada Samudera Pasifik dan Laut Jawa

batas laut pulau kalimantan

Pulau terbesar di Indonesia ini ternyata diapit oleh berbagai laut. Inilah batas laut Pulau Kalimantan!

Tahukah kamu bahwa Samudera Pasifik berbatasan langsung dengan salah satu kepulauan di Indonesia? Pulau Kalimantan memiliki batas-batas laut yang sangat terkenal di dunia.

Setelah mengetahui batas-batas daratan Pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Malaysia bagian Timur dan Brunei Darussalam, penting juga halnya untuk mengetahui batas-batas lautnya.

Penasaran laut, samudera, dan selat apa saja yang berbatasan langsung dengan Pulau Kalimantan? Kali ini Kostmin akan menjabarkan batas laut Pulau Kalimantan untuk menambah pengetahuanmu.

Untuk itu, mari kita telusuri keindahan dan keunikan batas laut Pulau Kalimantan yang membentuk lanskap alam dan kehidupan sehari-hari!

Mengenal Geografis Pulau Kalimantan

Memiliki luas sekitar 287.000 mil persegi, Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia. Kalimantan terbagi menjadi empat wilayah politik: Kalimantan milik Indonesia, Sabah dan Sarawak adalah bagian dari Malaysia, dan wilayah kecil yang tersisa merupakan wilayah kesultanan Brunei.

Terletak di tenggara Semenanjung Malaya dan barat daya Filipina, Pulau Kalimantan pada dasarnya memiliki banyak gunung, dengan kawasan hutan hujan yang lebat. Puncak tertinggi di Kalimantan, Gunung Kinabalu, berada pada ketinggian 13.455 kaki.

Pulau Kalimantan memiliki iklim yang umumnya panas dan basah, sehingga hujan sering terjadi di pulau ini. Mengutip dari PBS Organizations, beberapa bagian Kalimantan mengalami curah hujan antara 150 dan 200 inci setiap tahunnya. Hujan di Pulau Kalimantan biasanya terjadi di antara bulan Oktober dan Maret.

Batas Laut Pulau Kalimantan

Mengingat banyaknya curah hujan, tak heran jika Pulau Kalimantan menjadi salah satu pulau dengan flora yang paling beragam di dunia. Kalimantan memiliki hampir 11.000 spesies tanaman berbunga, sekitar sepertiganya merupakan tanaman asli.

Tercatat ada lebih dari 700 spesies pohon di kawasan hutan dataran rendah Kalimantan yang memiliki luas sekitar 16 hektar.

1. Batas laut pulau Kalimantan, Samudera Pasifik

batas laut pulau kalimantan
Source: IFL Science

Melansir dari Britannica, Samudera Pasifik merupakan perairan asin yang terbentang dari garis lintang 60° S di selatan hingga Arktik di sebelah utara dan terletak di antara benua Asia dan Australia di bagian barat serta Amerika Utara dan Amerika Selatan di bagian timur.

Kalimantan sendiri merupakan pulau terbesar ketiga di dunia, dilampaui oleh Greenland sebagai pulau terbesar di dunia dan New Guinea pada urutan kedua. Adapun pulau Kalimantan terletak di bagian paling barat daya Samudera Pasifik.

Info wajib baca: Mengenal Lebih Dekat Macam-Macam Pakaian Adat Terpopuler di Indonesia | Ketahui Sejarah sampai Maknanya!

2. Laut Jawa

Laut Jawa adalah laut dangkal luas yang berlokasi di Paparan Sunda dan terletak di antara pulau Kalimantan di utara, Jawa di bagian selatan, Sumatra di sebelah barat, dan Sulawesi di sebelah timur. Selat Karimata yang berlokasi di barat laut menghubungkan Laut Jawa dengan Laut Cina Selatan.

Laut Jawa memiliki spesies flora dan fauna yang kaya. Tak hanya itu, ada bangkai kapal bernama Indono yang tenggelam pada tahun 1955 masih berada di Laut Jawa, dekat perairan Karimunjawa.

Ini dilaporkan masih berada di bawah air Laut Jawa, sehingga laut ini menjadi pilihan yang baik bagi para sejarawan untuk menyelidiki rahasia masa lalu, sekaligus menjadikan bangkai kapal tersebut sebagai habitat yang bagus bagi spesies lain seperti terumbu karang dan ikan.

3. Laut Natuna

Laut Natuna terletak di perbatasan paling utara Negara Indonesia. Mengutip dari Wonderful Indonesia, laut ini juga berlokasi di sisi barat Laut Cina Selatan. Lokasinya sangat strategis dengan Singapura, Semenanjung Malaysia yang merupakan Malaysia Timur dan terletak di bagian utara Pulau Kalimantan.

4. Batas laut pulau Kalimantan, Laut Cina Selatan

Source: Beloved Planet

Laut Cina Selatan juga berbatasan dengan Samudra Pasifik di bagian barat Asia Tenggara, selatan Tiongkok, timur dan selatan Vietnam, barat Filipina, dan utara pulau Kalimantan.

Perairannya dibatasi oleh pantai timur Semenanjung Malaya dan Teluk Thailand bagian selatan. Laut Cina Selatan terletak di sebelah barat dan barat laut Pulau Kalimantan.

Info wajib baca: 3 Lagu Daerah Kalimantan Utara Paling Populer, Pernah Dengar Salah Satunya?

5. Selat Karimata

Selat Karimata adalah selat lebar yang menghubungkan Laut Cina Selatan dengan Laut Jawa. Ini memisahkan kepulauan Belitung di Indonesia di sebelah barat dan Pulau Kalimantan di sebelah timur.

Selat Karimata juga merupakan selat terluas yang terletak di antara Laut Cina Selatan dan Laut Jawa. Meskipun begitu, banyaknya pulau dan terumbu karang me,ebuat selat ini sulit untuk berlayar.

6. Batas laut pulau Kalimantan, Selat Makassar

Selat Makassar merupakan selat sempit yang berlokasi di barat-tengah Samudera Pasifik, Indonesia. Mengutip dari Britannica, selat ini membentang sejauh 500 mil (800 km) timur laut hingga barat daya dari Laut Sulawesi hingga Laut Jawa.

Selat ini terletak di antara bagian barat Kalimantan dan bagian timur Sulawesi dan memiliki lebar dari 80 hingga 230 mil atau 130 hingga 370 km.


Kepulauan yang satu ini ternyata tidak hanya luas secara daratan, namun juga lautan. Itulah batas laut Pulau Kalimantan. Setelah mengetahui batas-batas lautnya, jangan lupa juga untuk mengetahui batas daratan Pulau Kalimantan, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare