...
doa keselamatan perjalanan
5-min read

Kumpulan Doa untuk Perlindungan dan Keselamatan Selama Perjalanan Jauh

doa keselamatan perjalanan

Membaca doa sebelum melakukan perjalanan jauh menjadi hal yang dianjurkan untuk meminta keselamatan

Berdoa sebelum berangkat dalam sebuah perjalanan, mungkin terdengar seperti hal yang biasa. Tapi tahukah kamu, ternyata doa sebelum melakukan perjalanan ternyata jauh lebih dari sekadar rutinitas?

Bagi sebagian orang, doa merupakan cara kita berserah diri kepada Allah SWT sekaligus meminta perlindungannya. Maka dari itu, doa untuk meminta keselamatan selama di perjalanan seolah sudah menjadi keharusan sebelum bepergian.

Nah, artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai pentingnya berdoa dan bacaan doa untuk meminta keselamatan saat di perjalanan. Jadi, simak sampai habis, ya!

Pentingnya Berdoa Meminta Keselamatan Selama di Perjalanan

doa keselamatan perjalanan
Source: KlikDokter

Berdoa sebelum perjalanan itu penting banget, ya! Selain minta perlindungan dari Allah SWT biar selamat selama di jalan, doa juga menjadi pengakuan bahwa kita nggak tahu pasti apa yang bakal terjadi selama perjalanan. Jadi, kita memohon perlindungan sama yang lebih kuat.

Selain keamanan, berdoa juga bisa bikin hati kita lebih tenang dan yakin. Kita jadi merasa nggak sendirian, terutama kalau ingin pergi ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Jadi, momen berdoa sebelum perjalanan ini campur aduk antara perasaan spiritual, hati-hati, dan rasa bersyukur dalam menjalani petualangan.

Berdoa sebelum melakukan perjalanan untuk meminta keselamatan juga maknanya dalam banget buat banyak orang. Bukan cuma ritual atau kebiasaan aja, tapi kita jadi tersadar akan ketidakpastian selama di perjalanan sehingga membutuhkan perlindungan.

Info wajib baca: Sholat Idul Fitri: Tata Cara hingga Doa yang Perlu Diketahui

Nggak cuma itu, berdoa juga pastinya bisa bikin hati kita jadi lebih adem dan yakin bahwa kita nggak sendirian, terutama saat menjelajahi tempat-tempat baru yang asing.

Doa sebelum perjalanan juga bisa jadi kesempatan buat kita buat merenung dan mengucapkan terima kasih atas kesempatan buat menjelajahi dunia ini. Di banyak budaya, berdoa sebelum perjalanan itu bentuk penghormatan dan rasa rendah hati, juga permohonan buat bisa kembali dengan selamat dan jadi lebih bijaksana.

Jadi, intinya, berdoa sebelum perjalanan itu memberikan aspek spiritual, kehati-hatian, dan rasa syukur saat melakukan persiapan perjalanan kita. Mantap, kan?

Kumpulan Doa Meminta Keselamatan di Perjalanan

Source: Orami

Ada banyak doa yang bisa kamu ucapkan untuk meminta keselamatan selama di perjalan. Nah, berikut ini beberapa doa yang bisa kamu panjatkan:

1. Doa terhindar dari marabahaya

Doa ini menjadi salah satu yang penting untuk kamu panjatkan saat keluar rumah supaya terhindari dari marabahaya. Maka dari itu, doa ini bisa kamu ucapkan setiap kali keluar rumah dengan tujuan yang berbeda-beda.

اللهمَّ الطفْ بي في تيسيرِ كلِّ عسيرٍ فإن تيسيرَ كلِّ عسيرٍ عليك يسيرُ وأسألُك اليسرَ والمعافاةَ في الدنيا والآخرةِ

Allahummalthuf bi fi taisiri kulli ‘asir fa inna taisira kulli ‘asirin ‘alaika yasir, wa as alukal yusra wal mu’afata fid dunya wal akhirati.

Artinya: “Ya Allah, lunakkanlah kepadaku dalam memudahkan setiap sesuatu yang sulit karena memudahkan setiap sesuatu yang sulit bagi-Mu sangat mudah, dan aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesehatan di dunia dan akhirat.”

2. Doa minta keselamatan saat perjalanan darat

Saat melakukan perjalanan darat, kamu bisa memanjatkan doa di bawah ini untuk meminta perlindungan dari segala marabahaya yang mungkin saja terjadi:

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhaanalladzii sakhhorolana hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbina lamunqolibuuna.

Artinya: Maha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali.

3. Doa keselamatan perjalanan laut

Sama halnya dengan perjalanan darat, perjalanan laut juga mempunyai risiko yang tidak bisa ditebak. Maka dari itu, kita tetap harus memanjatkan doa untuk meminta bantuan-Nya supaya terhindar dari bahaya di lautan. Berikut doanya:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ

Bismillahi majreeha wa mursaahaa, inna rabbii la ghafuurur rahiim.

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar, berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Info wajib baca: Sholat Taubat: Niat, Tata Cara, dan Doa Setelah Sholat

4. Doa ketika sampai tujuan

Saat sudah sampai di tujuan, ada baiknya juga bagi kamu untuk memanjatkan doa di bawah ini. Doa ini juga bisa menjadi tanda bersyukur kamu telah mendapatkan perlindungan sehingga sampai di tempat tujuan dengan selamat.

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: “Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”


Nah, itulah contoh kumpulan doa yang bisa kamu panjatkan untuk meminta keselamatan selama di perjalanan. Semoga kumpulan doa di atas bisa membantumu, ya!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare