...
sholat taubat
5-min read

Sholat Taubat: Niat, Tata Cara, dan Doa Setelah Sholat

sholat taubat

Kamu ingin melaksanakan sholat taubat? Yuk, pahami dulu niat dan doanya di sini!

Sholat Taubat adalah sholat sunnah yang dikerjakan dengan tujuan memohon ampunan Allah atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Sholat Taubat dapat dilakukan setiap saat, tidak terbatas pada waktu-waktu tertentu, dan dapat dilakukan baik di rumah maupun di masjid. 

Setiap manusia tidak luput dari kesalahan, dan sebaik-baiknya manusia yaitu yang memohon ampun dan bertaubat kepada Allah SWT atas kesalahan-kesalahan yang sudah diperbuat karena Allah adalah pemilik semesta alam yang maha pengampun lagi maha penyayang kepada hambanya.

Bertaubat juga merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Dalam hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Setiap anak Adam (manusia) pasti melakukan kesalahan, dan sebaik-baiknya orang yang melakukan kesalahan adalah yang bertaubat.” (HR. At-Tirmidzi).

Nah, untuk mengetahui praktik sholat taubat baik tata cara lalu doanya, pastikan kamu menyimak artikel ini sampai selesai, ya.

Info wajib baca: Ingin Mengamalkan Sholat Tahajud? Simak Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya di Sini

Tata Cara, Niat, dan Doa Setelah Sholat Taubat

sholat taubat
Source: Ayo Semarang

Berikut merupakan hal yang perlu kamu pahami ketika melakukan sholat taubat dimulai dari tata cara hingga doa setelahnya:

1. Tata cara sholat taubat

Tata cara sholat taubat sama seperti saat melakukan sholat fardhu maupun sunnah. Sholat taubat merupakan sholat sunnah yang dilakukan dengan jumlah rakaat sebanyak dua rakaat. Sholat ini juga bisa dilakukan jam berapapun, termasuk melakukannya saat dini hari bersamaan dengan waktu sholat tahajud. 

Seperti hadis di bawah ini,

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat yang dilakukan di malam hari.” (HR Muslim)

Dan berikut merupakan tata cara sholat taubat.

  • Berwudhu
  • Menata niat sholat taubat cukup di dalam hati (tanamkan di dalam hati ingin melaksanakan sholat taubat sebagai suatu amalan untuk memohon ampunan hanya kepada Allah SWT)
  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surah Al Fatihah
  • Membaca surah pendek dalam Al-Qur’an
  • Rukuk
  • Iktidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud
  • Bangun dari sujud dan melanjutkan rakaat kedua seperti rakaat pertama
  • Tasyahud akhir
  • Salam

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, yuk, simak juga tata cara sholat idul fitri berikut ini. Jangan sampai terlewat, ya!

2. Niat sholat taubat

Dalam melakukan niat sholat taubat, kamu hanya perlu meniatkan dalam hati saja. Niatkan bahwa kamu ingin melaksanakan sholat taubat untuk meminta pengampunan kepada Allah SWT. Lakukan ibadah ini murni karena Allah dan berharap ridha-Nya. Kemudian juga sebagai salah satu langkah dalam melakukan taubat nasuha. 

3. Doa setelah sholat

Berikut doa pengampunan dan tobat yang bisa kamu bacakan setelah melakukan sholat taubat.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْم الَّذِي لَا إِلهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Arab latin: Astaghfirullaahal’adziim, alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih

Artinya: “Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya,”

Kemudian, dianjurkan juga membaca doa setelah sholat taubat yang berbunyi:

اللّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لآاِلهَ اِلَّااَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَناَ عَبْدُكَ وَأَناَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ من شَرِّمَاصَنَعْتَ. اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَي وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ

Arab latin: Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana’abduka wa ana’alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a’uudzubika min syarri maa shana’tu. abuu ulaka bini’matika ‘alayya wa abuu u bidzanbi fahghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya: “Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat.”

Setelah doa-doa di atas, kamu juga bisa berdoa memohon pengampunan atas kesalahan-kesalahan yang mau kamu tobati. Sebutkan macam-macam kesalahan atau kekhilafan kamu, dan memohon ampunan dengan sebenar-benarnya kepada Allah SWT.

Info wajib baca: Tata Cara Sholat Lailatul Qadar yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Ayat Al-Qur’an yang Menjelaskan tentang Taubat

sholat taubat
Source: rahmancyber.net

1. Surah dalam Al-Qur’an terkait sholat ini

Dalam Islam, taubat adalah salah satu bentuk pengakuan dosa dan kesalahan manusia kepada Allah SWT. Sholat Taubat merupakan cara untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Di dalam Al-Qur’an terkandung ayat yang menjelaskan tentang taubat.

Seperti yang terkandung dalam surah Az-Zumar ayat 53: “Katakanlah: “Hai hamba-hambaku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

2. Dalil Al-Hadist terkait

Dalil mengenai perintah sholat taubat terdapat pada hadis yang diriwayatkan dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, ia berkata pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,

“Tidaklah seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu ia berdiri untuk sholat dua rakaat, kemudian ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya.” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Setelah Abu Bakar RA menyampaikan hadis tersebut, Rasulullah SAW membacakan ayat,

وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ ١٣٥

Artinya: “Demikian (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, mereka (segera) mengingat Allah lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya. Siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Mereka pun tidak meneruskan apa yang mereka kerjakan (perbuatan dosa itu) sedangkan mereka mengetahui(-nya).” (QS Ali ‘Imran: 135).

Penting juga, nih, untuk kamu memahami macam-macam najis berikut ini. Coba simak sampai tuntas, ya.


Demikianlah penjelasan mengenai sholat taubat dari mulai tata cara, niat, hingga bacaan doa setelahnya. Semoga bermanfaat dan dapat kamu amalkan, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare