...
doa menghilangkan jerawat
5-min read

Bacaan Doa untuk Menghilangkan Jerawat di Wajah yang Mengganggu

doa menghilangkan jerawat

Selain ikhtiar, memanjatkan doa kepada Allah SWT juga bisa menjadi salah satu cara untuk membantu menghilangkan jerawat

Siapa di sini yang suka merasa terganggu dengan kehadiran jerawat, nih? Nah, masalah kesehatan satu ini pastinya membuat banyak orang merasa jadi tidak nyaman dan kurang merasa percaya diri.

Maka dari itu, segala macam usaha harus dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang mengganggu di wajah. Selain rajin membersihkan area wajah dan menjaganya dari debu dan kotoran, membacakan doa juga menjadi cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Namun, apa kamu sudah tahu bacaan doa untuk menghilangkan jerawat yang mengganggu di wajah? Nggak usah bingung, cari tahu bacaan doa selengkapnya di sini, yuk! Simak artikel ini sampai habis, ya!

Doa Menghilangkan Jerawat

Source: NU Online Jatim

Doa merupakan salah satu ikhtiar atau usaha yang dilakukan seseorang saat dirinya menghadapi kesulitan atau meminta bantuan kepada Allah SWT, termasuk saat sedang mendapatkan gangguan kesehatan seperti jerawat.

Nah, berikut ini beberapa bacaan doa yang bisa kamu panjatkan untuk menghilangkan jerawat yang mengganggu di wajah:

1. Bacaan doa menghilangkan jerawat

Dalam sebuah riwayat, diceritakan bahwa Rasulullah SAW bertemu dengan istrinya lalu melihat ada semacam benjolan di jarinya. Melihat hal itu, Rasulullah SAW lantas meminta sebuah ramuan obat tradisional lalu dioleskan di titik benjolan pada jari istrinya itu.

Setelah obat tersebut dioleskan, Rasulullah SAW lantas mengajari istrinya untuk membacakan sebuah doa. Adapun doa yang dipanjatkan yaitu:

اللَّهُمَّ مُصَغِّرَ الْكَبِيرِ ، وَمُكَبِّرَ الصَّغِيرِ صَغِّرْ مَا بِي

Allâhumma mushagghiral kabîr wa mukabbiras shaghîr, shagghir mâ bî.

Artinya: “Wahai Tuhan yang (kuasa) mengecilkan sesuatu yang besar, dan (sanggup) membesarkan yang kecil, kecilkanlah penyakit yang ada padaku.”

Doa tersebut berisi tentang upaya Rasulullah SAW yang meminta pertolongan kepada Allah SWT untuk mengecilkan kondisi tersebut. Maka dari itu, kita sebagai umatnya juga dianjurkan untuk mengikuti anjuran membaca doa tersebut saat mengalami kondisi yang sama.

Info wajib baca: Doa Turun Hujan Lengkap dengan Arab, Latin, Arti dan Maknanya

2. Anjuran untuk baca doa saat sedang sakit

Saat seseorang sedang sakit atau mengalami gangguan kesehatan, penting bagi kita untuk memanjatkan doa. Hal ini pun dilakukan sebagai upaya kita meminta kesembuhan kepada Allah SWT sekaligus sebagai bentuk berserah diri atas segala sesuatu, termasuk ujian, yang diberikan oleh-Nya.

Nah, anjuran untuk membaca doa saat sedang sakit juga bisa kamu temui dalam sebuah hadits riwayat Muslim yang berbunyi:

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ

Artinya: “Semua penyakit ada obatnya. Apabila sesuai antara obat dan penyakitnya, maka (penyakit) akan sembuh dengan izin Allah SWT.”

Hadits ini sekaligus untuk mengingatkan kita bahwa tiap penyakit selalu ada obat penyembuhnya. Maka dari itu, selain ikhtiar dengan melakukan usaha secara nyata, seperti berobat dan perawatan diri, penting juga bagi kita untuk memanjatkan doa dan meminta izin Allah SWT untuk kesembuhan.

Cara Menghilangkan Jerawat

doa menghilangkan jerawat
Source: Halodoc

Memanjatkan doa tentu saja tidak cukup untuk menghilangkan jerawat di wajah. Maka dari itu, tetap dibutuhkan usaha secara nyata dengan melakukan berbagai tindakan yang bisa membantu menghilangkan jerawat.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menghilangkan jerawat:

1. Bersihkan wajah secara teratur

Jerawat sering kali terjadi karena kondisi wajah yang kotor. Oleh karena itu, setiap habis keluar rumah, ada baiknya bagi kamu untuk membersihkan wajah dengan menggunakan sabun cuci muka.

Kalau perlu, lakukan juga metode double cleansing agar wajah semakin bersih dari debu dan kotoran yang menghambat pori-pori. Pasalnya, pori-pori yang terhambat debu dan kotoran akan menjadi sebab munculnya jerawat.

2. Konsumsi makanan sehat untuk menghilangkan jerawat

Selain menjaga kebersihan wajah, menghilangkan jerawat juga bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang mengandung lemak, gula berlebih, atau produk susu seperti keju juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan atau sayur untuk menghilangkan jerawat. Pilihlah buah atau sayur yang mengadung banyak Vitamin C dan Omega 3 untuk menghilangkan dan mencegah jerawat datang lagi.

Info wajib baca: Kumpulan Doa untuk Perlindungan dan Keselamatan Selama Perjalanan Jauh

3. Bersihkan kasur dan bantal untuk menghilangkan jerawat

Kasur dan bantal menjadi area yang paling sering bersentuhan dengan wajah. Maka dari itu, pastikan kasur dan bantal tetap bersih dengan mencucinya maksimal seminggu sekali.

Selain itu, hindari juga menyentuh wajah dengan tangan kita. Sebab, tangan merupakan salah satu bagian tubuh paling kotor karena banyak bersentuhan dengan berbagai macam benda saat beraktivitas.

4. Olahraga dan hindari stres

Olahraga menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan jerawat. Kok bisa? Sebab, olahraga merupakan aktivitas yang dapat membuat mood seseorang menjadi lebih baik sehingga terhindar dari stress.

Kegiatan ini juga dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin yang membuat kita jadi bahagia. Namun begitu, setelah selesai olahraga, pastikan untuk langsung mandi dan membersihkan keringat dalam tubuh, ya. Keringat yang menumpuk dan mengering pun bisa menjadi media bagi jerawat untuk tumbuh subur.


Nah itulah doa yang bisa kamu panjatkan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Doa ini pun pastinya bisa dilakukan bersamaan dengan kamu melakukan usaha untuk menghilangkannya. Apa kamu sudah mulai membacakan doa ini juga untuk menghilangkan jerawat? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare